Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chemical.saptoAvatar border
TS
chemical.sapto
Mengenal Minuman Kekeluargaan Khas Flores

Daerah pariwisata Labuan Bajo memang tidak seperti daerah lainnya di Indonesia. Kawasan yang kini telah masuk dalam destinasi super prioritas ini memang tidak memiliki makanan khas.

Namun, jika kamu berkunjung ke Labuan Bajo, kamu akan menemukan minuman khas pulau Flores yakni Sopi. Minuman keras ini bukan sembarang minuman yang hanya ada saat acara pesta maupun adat saja. Minuman Sopi adalah minuman kekeluagaan.

Ayo! Jalan-jalan ke Komodo!

Baunya yang menyengat, Warnanya bening kekuningan, rasanya keras dan jika tak hati-hati saat meminumnya, akan langsung membuat tenggorokan menjadi panas. Sepintas kemudian, mata pun mulai berkunang.



Sopi telah menjadi salah satu minuman turun temurun khas tanah flores. Arak-arak tersebut telah menjadi salah satu konsumsi utama para lelaki flores. Bukannya mereka tak menyukai minuman keras lain, tapi dalam kultur mereka, sopi dianggap sebagai minuman prestisius atau mewah, dan merupakan bagian dari ukuran martabat kehormatan tradisi adat warisan leluhur.

Proses pembuatan sopi boleh dibilang sederhana. Air hasil sadapan dari mayang enau yang telah diiris, getahnya ditampung dalam sebuah wadah dari bambu. Biasanya, getah ini ditunggu hingga terkumpul dari pagi sampai sore. Ataupun sebaliknya. Lalu, getah-getah ini dimasak dalam periuk tanah. Hasil uapan disalurkan lewat alat sederhana yang terbuat dari bambu. Hasil uap tersebut yang nantinya akan kembali jadi air dan menghasilkan sopi.

sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan