Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kreator.artikelAvatar border
TS
kreator.artikel
Cara Simpel Mengelola Keuangan dengan Metode 6 Toples, Tertarik?





Mengelola keuangan dengan baik sangat bermanfaat bagi masa depan secara finansial. Namun, untuk melakukannya memang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak orang yang sampai saat ini masih belum bisa mengelola keuangan dengan baik. Alhasil, bukan membuat kondisi keuangan semakin membaik, justru malah semakin memburuk.

Bagi kamu yang saat ini masih kesulitan dalam mengelola keuangan, ada sebuah metode sederhana tapi sangat ampuh untuk kamu terapkan, metode ini bernama 6 Jar Money Management System atau bisa kita sebut mengelola keuangan dengan 6 toples.
Bagaimana pengelolaannya? Simak ulasan berikut ini!



1. 55% untuk toples kebutuhan sehati-hari



Toples pertama yang porsinya 55% ini disebut dengan toples kebutuhan. Pengeluaran yang masuk ke toples pertama ini adalah untuk kebutuhan hidup sehari-hari mulai dari pangan, sandang, papan, dan berbagai tagihan. Bahasa sederhananya, toples pertama ini adalah toples biaya hidup.



2. 10% untuk toples pembelian jangka panjang



Toples kedua berporsi 10% yang tujuannya untuk berhemat. Pengeluaran yang masuk ke dalam toples kedua ini adalah dana darurat dan berbagai tujuan-tujuan keuangan di masa depan. Misalkan mau membeli mobil, beli rumah, pernikahan, liburan, dan lain-lain. Inti dari toples kedua ini adalah untuk pengeluaran yang sifatnya pembelian besar.



3. 10% untuk toples hiburan



Toples ketiga dengan porsi 10% adalah toples yang berisi pengeluaran untuk menghibur diri. Namanya juga hidup, pasti jenuh kalau disuruh kerja terus. Udah capek-capek kerja, bolehlah hasil kerja tersebut untuk menghibur diri. Hiburan ini seperti untuk melakukan hobi, membeli barang yang menjadi hobi kamu atau bahkan untuk membeli barang-barang mewah. Istilah kerennya toples ini adalah rewarding your self. Atau bisa juga menggunakan dana dalam toples ini untuk tambahan saat mau traveling.



4. 10% untuk toples belajar



Toples keempat dengan porsi 10% adalah pengeluaran untuk edukasi alias belajar. Perlu kamu ketahui, belajar itu tidak stop sampai di level kuliah saja, lho. Belajar yang dimaksud di sini adalah dana untuk membaca buku, ikut seminar, coachingmentoring, dan lain-lain yang tujuannya adalah meningkatkan skill yang kamu miliki.



5. 10% untuk toples dana pensiun



Toples kelima ini bisa dibilang sangat penting, karena ini adalah toples yang akan membawamu menuju kebebasan finansial di kemudian hari atau dalam ilmu keuangan biasa disebut dengan Financial Freedom.

Financial Freedom Account yang biasa disingkat FFA ini merupakan perencanaan keuangan untuk dana pensiun. Kamu bisa mengalokasikan 10% dari penghasilanmu untuk diinvestasikan ke instrumen-instrumen investasi jangka panjang seperti saham, reksadana, properti, dan lain-lain.



6. 5% untuk toples berbagi



Bagian yang nggak kalah pentingnya adalah toples keenam yaitu untuk berbagi. Kalau di 5 toples pertama, semuanya adalah tentang dan untuk diri kita sendiri, toples terakhir ini adalah tentang berbagi kepada orang lain. Percayalah berbagi itu indah dan akan mendatangkan kebahagiaan. Meskipun saat ini penghasilanmu belum begitu besar, biasakan disiplin untuk berbagi dan mengalokasikan 5% penghasilanmu ke toples ini.




Nah, itu dia cara simpel mengelola keuangan dengan metode 6 toples. Mudah, kan? Jadi, apakah saat ini kamu sudah benar dalam mengelola keuangan? Jika belum, kamu wajib menerapkan 6 metode diatas.





Thumbnail: Which.co.uk
Gambar 1: Bizjournals.com
Gambar 2: Napervillemagazine.com
Gambar 3: Themoneypage.com
Gambar 4: Lovemoney.com
Gambar 5: Cas-online.de
Gambar 6: News18.com



tata604
rykenpb
lina.wh
lina.wh dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5.1K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan