Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yennyrainheartAvatar border
TS
yennyrainheart
Dosa Menunda Membayar Hutang


assalamualaikum. Wr. Wb

Larangan Menunda Membayar Hutang

Menunda membayar hutang padahal mampu membayarnya merupakan perbuatan yang sangat tidak terpuji dan menyakiti hati orang lain yaitu sipemberi hutang. Gak inget loh waktu minjemnya bahkan sampai ngemis ngemis minta diutangin.

Akibat Kebiasaan Menunda Membayar Hutang

Tau gak gan kebiasaan menunda membayar hutang bisa menimbulkan berbagai penyakit mental Berakibat jelek dalam kepribadian agan, seperti menipu, mencuri, dan tindakan kriminal yang lainnya. Hiiiiy ngeri ya gan.

Makanya jangan anggap sepele menunda membayar hutang, bisa berdampak ke kesehatan psikologis. Agan yang dulunya baik bisa menjadi jahat, egois, matrealistis, rakus dan serakah. Agan jadi gak memperdulikan hak org dan kewajiban agan untuk membayar hutang.

Alasan Menunda Membayar Hutang

Jika agan mampu membayar hutang tapi selalu tarsok tarsok aja alias nunda-nunda terus, bahkan punya niatan agar orang yang sudah menghutangi bosan menagih atau bahkan lupa klo agan sudah berhutang padanya. Sungguh ini perbuatan yang sangat terlaluh eh tercela

Ancaman Menunda Membayar Hutang

Agan jangan merasa senang atau merasa aman jika sipemberi hutang mulai bosan menagih bahkan melupakan pemberian pinjamannya, karena ada ancaman Allah bagi orang-orang yang melalaikan untuk membayar hutang

Hutang merupakan kewajiban yang harus dibayar sebelum mati, jika penghutang meninggal dunia dan masih punya sangkut paut pinjaman ke orang yang masih hidup.
Maka pahala dari amal kebajikan yang pernah agan lakukan menjadi terhalang sampai hutangnya dilunasi oleh keluarga atau ahli waris agan. Jika hutang agan tidak ada yang melunasi maka agan akan berhadapan dengan siksaan Allah. Naudzubillah minzalik.

Demikian ancaman Allah bagi sipenunda membayar hutang siksaannya sangat berat

Bagaimana seharusnya jika kita mempunyai hutang

Gak pakai kompromi hutang harus dilunasi. Jika agan berniat membayarnya tanpa menunda-nunda dan tiba-tiba agan meninggal dunia belum sempat membayar hutang, maka Allah akan membayarnya kelak dihari kiamat.

Berikut ini tatatertib dalam berhutang versi saya

1. Jadikan utang pilihan terakhir. Biasakan hidup hemat, beli sesuai kebutuhan. Jangan boros, jangan konsumtif. Jangan sampai besar pasak daripada tiang, tiap bulan tekor terus dalam pengeluaran.

2. Berhutanglah kepada sodara, tetangga atau teman yang kira-kira sedang punya kelonggaran ekonomi biasanya bebas riba

3. Berhutanglah kepada teman, saudara yang selama ini dekat denganmu. Jangan bikin orang kaget. Gak pernah ngobrol. Gak pernah silaturahmi. Bahkan kenal cuma didumay aja, itu juga jarang ngelike jarang komentar. Ujug ujug japri pinjem duit.

4. Jangan marah-marah jika tidak diberi pinjaman. Mungkin orang tersebut lebih tidak mampu dari dirimu, jangan merasa terdzolimi bahkan dendam kepada orang yang gak mau dihutangi

5. Berterimakasihlah kepada orang yang sudah berbaik hati memberi agan pinjaman. Belum tentu orang tersebut mempunyai rejeki lebih, tapi niatannya emang ingin menolong agan

6. Catat semua hutang agan, jumlahnya, tanggal berhutang, kepada siapa dan jatuh temponya kapan. Ini untuk jaga-jaga jika mati mendadak ada yang bantu untuk melunasi hutang-hutang agan

7. Agan harus punya niat dan konsisten untuk segera mengembalikan pinjaman.

8. Niat saja tidak cukup, paksakan diri untuk membayar hutang. Jika belum ada semua, datang dan temui sipemberi hutang untuk membayar dengan cara mencicil.

9. Jangan menunggu ditagih. Yang namanya nagih itu sangat berat bagi sipemberi hutang. Jangan sampai yang datang debtcollector.. Urusan bisa berabe. hiiiy ngeriii..

10. Ternyata pas jatuh tempo ada masalah atau ada hal-hal diluar prediksi hingga agan tidak bisa membayar hutang tepat waktu. Beritahu sipemberi hutang minta maaf dan janjikan saat ada rejeki pasti dibayar hutang agan

11. Jangan baper kalau di tagih, itu hak mereka untuk menagih agan. Jangan jadikan pemberi hutang seperti pengemis supaya agan membayar hutang. Agan cuma menjawab tarsok tarsok tanpa ada realisasinya. Ingat ancaman Allah.

13. Jangan lebih galak saat ditagih. Jangan merasa lunas jika terjadi percekcokan antara sipemberi hutang dan sipenghutang. Ingat hutang dibawa mati

14. Jika agan sudah melunasi hutang. Gantian, pas punya rejeki agan yang memberi pinjaman kepada sodara, teman atau orang yang kamu kenal dan sedang butuh bantuan. Insya Allah rejeki agan akan berkah dan bertambah.

Akhir kata saya hanya bisa mendoakan semoga kita semua diluaskan rejeki tidak perlu berhutang dan jika berhutang dimudahkan dalam membayarnya.

Untuk orang-orang yang mempunyai hati mulia yang selalu bersedia memberi pinjaman semoga Allah membalas kebaikan kalian karena sudah membantu orang lain melalui pinjaman.

Jogja 5 Jan 2020
Yenny Rainheart

Sumber : dari pengalaman pribadi dan berbagai sumber
Sumber foto : Pinterest https://pin.it/dibhfzrczlup4m
Diubah oleh yennyrainheart 06-01-2020 15:03
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.4K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan