Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rarirurerorAvatar border
TS
rarirureror
Kangen Sama Mainan Tradisional Ini? Ternyata Mainan Tradisional Lebih Bermanfaat Loh!

Masa kini permainan apa sih yang sering dimainkan oleh anak-anak?
Masak-masakan?
Salon-salonan?

Kayaknya sekarang ane udah ga pernah lihat ada anak-anak yang bermain permainan di atas, apa lagi permainan di luar rumah seperti cing jongkok, cing umpet, atau cing benteng. Paling-paling anak sekarang mainnya masak-masakan di smartphone, salon-salonan di smartphone, atau permainan-permainan lainnya yang ada di smartphone.

Zaman sekarang, permainan-permainan yang ada di smartphone sudah menggeser permainan-permainan tradisional. Padahal, permainan-permainan tradisional memiliki manfaat yang lebih banyak loh dibandingkan permainan-permainan pada smartphone seperti Mobile Legend, PUBG, Harvest Moon, dan game virtual lainnya. Mau tau apa aja permainan tradisional yang bermanfaat dan manfaat di dalamnya?




Congklak



Congklak adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh dua orang. Permainan ini menantang kita untuk menyusun strategis yang baik demi mengumpulkan biji congklak yang lebih banyak agar kita bisa memenangkan permainan ini.



Kreasi Kertas



Permainan origami atau kreasi kertas lipat ini sudah dikenal sejak kita belum sekolah, bahkan di sekolah TK pun anak-anak pasti diajari dan dibimbing untuk membuat kreasi kertas ini, mulai dari pesawat, perahu, rumah, bahkan banyak hewan yang bisa kalian buat hanya dari selembar kertas. Permainan ini ternyata memiliki manfaat loh untuk anak-anak, karena permainan ini bisa meningkatkan kreativitas anak-anak.



Layang-layang



Siapa disini yang waktu kecil, sore-sore, suka main layangan di lapangan? Ane termasuk yang pernah mengalaminya loh. Menerbangkan kertas minyak yang dirangkai dari bambu dengan menggunakan benang ini tidak semudah itu loh, dan tentunya memiliki sensai tersendiri, apalagi ketika layangan putus dan kita harus berlarian mengejar layangan agar tidak diambil oleh orang lain. Pokoknya permainan ini akan melatih kesabaran pada anak untuk bisa menaikan layang-layang hingga tinggi.



Galasin



Permainan tradisional yang satu ini harus dimainkan oleh kelompok, sehingga setiap anak dituntut untuk saling berinteraksi dan bekerja sama untuk bisa memenangkan permainan ini.



Egrang



Permainan yang satu ini termasuk permainan sulit yang gabisa dilakukan oleh semua orang, kalian harus bisa menyeimbangkan tubuh saat berdiri di atas tongkat bambu dan berjalan agar tidak jatuh. Pokoknya menantang deh permainan ini.




Gimana? Ternyata seru dan memiliki manfaat ya permainan tradisional di Indonesia. Sekarang masih ada ga ya anak-anak yang suka bermain permainan-permainan tradisional ini?



SUMBER
Diubah oleh rarirureror 12-04-2019 07:55
imdadiyah
rykenpb
anasabila
anasabila dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.2K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan