asikesokasikAvatar border
TS
asikesokasik
Beberuk Terong, Sate Pusut, Kuliiner NTB yang Patut Dicobain

Menjelang akhir tahun, tentu kamu sudah banyak rencana ingin mengunjungi saudara di luar daerah atau ada rencana untuk berlibur keluar negeri atau keluar kota. Kalau masih bingung untuk merencanakan mau kemana, coba kunjungi NTB saja, cobain beberapa kuliner khasnya yang memiliki rasa sungguh eksotis dengan penggunaan rempah Indonesia yang dominan. Ada apa saja sih yang sebaiknya dicobain?


Beberuk Terong

Buat kamu yang sedang mengurangi makan daging, tentu akan cocok dengan kuliner yang satu ini. Persis seperti namanya, makanan ini berbahan dasar terong hijau dan ungu yang ditambahkan kacang Panjang, sedangkan untuk bumbunya ada bawang-bawangan, tomat, cabe, terasi, garam, gula, dan kencur yang ditumis lalu terong dan kacang dimasukan terakhir. Buakn tipe terong yang lembek, kuliner ini masih kriuk karena proses masaknya yang setengah matang


Sate Pusut

Sepintas, sate ini mirip kayak sate lilit khas Bali, bedanya tentu ada pada penggunaan daging sapi dan ditusuk dengan tusuk sate biasa bukan dengan batang sereh. Untuk bumbu-bumbu yang digunakan ada cukup beragam, bawang putih, santan, daun heruk, cabai merah, cabai rawit, gula pasir, garam serta terasi. Kebayang kan gimana sedapnya?


Ayam Taliwang

Kalau di Jakarta atau di daerahmu banyak yang menjual ayam satu ini, kamu berarti patut untuk mencobanya di tempat asalnya langsung. Taliwang sendiri adalah nama daerah di NTB, ayam yang dibuat menggunakan jenis ayam kampung dengan campuran bawang merah, bawang putih, kencur, cabai rwatir, kemiri, terasi goreng, gula merah, garam, dan santan. Tambah sedap kalau dinikmati dengan plecing kangkung


Sate Bulayak

Kalau sekilas, sate ini mirip kayak sate kabanyakan, yang membedakan ada pada penggunaan daging yang beragam, ada daging ayam sapi sampai jeroan. Selain itu, yang membuat sate ini menjadi unik adalah sausnya yang terbuat dari campuran jinten, ketumbar, santan, dan bawang. Yummy!

 


sumber

pergikuliner


denbagoes01
nurulnadlifa
nona212
nona212 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
5.3K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan