anakmudaindiaAvatar border
TS
anakmudaindia
Jual Mesin Rakitan, Andri Raih Omset Ratusan Juta Berkat Bukalapak #TerimaKasihZaky
Spoiler for Kisah Sukses Andri Ginting di Bukalapak:


Komitmen Bukalapak sebagai perusahaan e-commerce yang memiliki visi memberdayakan para pelaku UMKM di seluruh Indonesia melalui pemanfaatan teknologi, terus dilakukan dengan berbagai pelatihan di beberapa kota besar. Berkat pelatihan yang dilakukan Bukalapak, banyak para pelaku UMKM berhasil meningkatkan daya saing dan produktivitas bisnisnya hingga berhasil meraih omset hingga ratusan juta rupiah.

Salah satunya yaitu Kolaliandri Ginting, seorang mahasiswa berumur 21 tahun yang kini telah mengantongi keuntungan lebih dari 800 juta rupiah hanya dengan berjualan mesin cuci sepeda motor rakitannya sendiri. Bermula di tahun 2016 lalu, Andri, nama panggilannya mulai merasa gengsi meminta uang ke orang tuanya. Dia merasa saatnya mandiri dengan mencari uang sendiri.

Berawal dari sinilah, Andri memutar otak dan mencari inspirasi usaha bermodalkan uang 800.000 rupiah kala itu. Akhirnya, suatu hari Andri terinspirasi saat ia sedang mencuci motor milik ayahnya yang bertengger di pinggir lahan pertanian di daerah Tanah Karo. Andri pun bereksperimen, uang yang seharusnya digunakan untuk membayar tagihan kos digunakannya untuk membeli mesin, selang, adaptor, gun sprayer, dan komponen lainnya. Kemudian ia rakit sendiri hingga menjadi sebuah mesin cuci sepeda motor yang mudah digunakan dan relatif lebih murah. Barang rakitannya tersebut kemudian ia jajakan di Bukalapak dengan alasan agar dapat menjaring pembeli di seluruh Indonesia.

Spoiler for Bukalapak Majukan UMKM:


”Suatu hari saya baca artikel yang menyebutkan bahwa Bukalapak adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Saya pikir, melalui Bukalapak ini saya bisa menjangkau pembeli yang lebih luas, tidak hanya di Medan saja. Setelah saya kulik, ada satu fitur yang sangat bermanfaat untuk bisnis saya yang masih baru pada saat itu, yaitu promote push per klik. Sangat berguna,” ungkap Andri bersemangat.

Malam harinya, Andri mengunggah jualannya di Bukalapak tanpa ada harapan bahwa barangnya akan dibeli orang. Tidak disangka ternyata keesokan harinya, barangnya habis terjual semua.

"Awalnya saya hanya mencoba bikin dua unit mesin cuci sepeda motor, karena keterbatasan modal. Malamnya saya upload di Bukalapak, besoknya langsung laku. Dari situ saya semangat untuk meneruskan bisnis ini,” tuturnya.

Spoiler for Bukalapak Majukan UMKM:


Mesin cuci sepeda motor rakitan Andri tergolong unik. Bertenaga listrik 100 watt, alat tersebut disambung selang yang memungkinkan penyetelan ukuran semburan, mulai dari model semburan kabut hingga kasar. Alat ini juga dapat digunakan bagi konsumen yang tidak terjangkau layanan PLN. Hanya dengan menggunakan capit buaya yang dihubungkan dengan aki sepeda motor atau mobil, mesin cuci sepeda motor ini dapat digunakan. Hingga saat ini, Andri dapat menjual rata-rata 500 unit mesin cuci sepeda motor tiap minggu. Agar dapat memenuhi banyaknya permintaan, Andri mempekerjakan 6 orang karyawan yang terdiri dari, 3 tim spesialis produksi dan 3 tim spesialis marketing.

"Melalui bisnis ini, saya bisa memberangkatkan orang tua saya wisata rohani dan membawa saya berkeliling ke beberapa tempat wisata di luar maupun dalam negeri. Bagi semua teman-teman seperjuanganku yang belum memiliki keberanian atau kemampuan untuk berbisnis, hajar saja. Karena nanti saat kita sudah bergelut di dalamnya, kita akan menemukan emas atau berlian yang dapat kita asah terus,” kata Andri bersemangat.

Spoiler for Bukalapak Majukan UMKM:


Menurut Andri, berjualan di Bukalapak adalah salah satu keputusan tepat yang ia lakukan saat memulai usaha online nya. Bersama Bukalapak, Andri merasa produk-produk karya anak muda tanah air sangat didukung dan terus dikembangkan. Melalui beragam kegiatan dan juga promo yang ada, penjualan produknya semakin terbantukan.

#TerimaKasihZaky

Spoiler for #TerimaKasihZaky:




Spoiler for JANGAN LUPA:
Diubah oleh anakmudaindia 17-12-2019 08:50
anasabila
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.5K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan