Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

randyntenkAvatar border
TS
randyntenk
Mobil Bergetar Saat AC Nyala, ini Komponen Penting yang Mesti Dicek!
Cuaca yang panas akan membuat pengendara menjadi tidak nyaman. Untuk membuat nyaman, maka perlu dilakukan pengaturan suhu di dalam mobil. Pengaturan suhu ini yang dilakukan dengan menggunakan AC atau Air Conditioner. Pada iklim di Indonesia, yang hanya memiliki iklim hujan dan kemarau dan cuacanya tidak begitu dingin, AC mobil tentu sangat penting.

Cuaca yang sering panas, maka AC pada mobil di Indonesia biasanya hanya dilengkapi dengan cooling (pendingin) dan tidak dilengkapi dengan heater (pemanas). Banyak kasus yang terjadi pada sistem AC, salah satunya adalah mobil bergetar saat AC nyala.

Jangan Panik!

Jika masalah tersebut terjadi pada Anda, maka yang pertama jangan panik. Penyebab mesin menjadi bergetar dan tidak stabil saat AC dinyalakan, bisa disebabkan karena masalah pada sistem idle upnya. Maka Anda dapat melakukan pemeriksaan sederhana, yaitu coba matikan AC dan periksa apakah mesin masih bergetar atau tidak.

Kemudian nyalakan AC, apakah putaran mesin naik atau tidak. Jika tidak, maka masalahnya memang di sistem idle upnya. Jika AC nyala seharusnya sistem idle up bekerja untuk menaikkan putaran mesin, misalnya putaran stasioner mesin adalah 800 rpm, ketika AC dinyalakan seharusnya putaran mesin naik sekitar 1.000 rpm.

Apa Sih Idle Up itu?

Sistem idle up tidak bekerja bisa jadi karena sistem sensor dan aktuator yang tidak bekerja. Masalah yang lain ditimbulkan jika idle up tidak bekerja, bukan hanya akan membuat mesin bergetar, tapi bisa saja AC menjadi kurang dingin.

Logikanya, kenapa jika idle up tidak bekerja, maka akan membuat mesin tidak stabil dan bisa mati. Itu disebabkan karena jika AC on, maka beban akan bertambah. Yaitu beban untuk memutarkan kompresor AC karena berputar dengan rpm yang rendah, maka kemampuan kompresor untuk memberikan tekanan pada freon (refrigerant) untuk bersirkulasi menjadi lemah juga sehingga AC menjadi kurang dingin.

Maka dari itu, jika sistem idle up sudah dipastikan tidak bekerja langsung, lakukan langkah perbaikan pada bengkel-bengkel service terdekat. Memperbaiki mobil bergetar saat AC nyala, idle up AC berfungsi dengan baik. Akan tetapi karena tenaga mesin kurang ketika AC dinyalakan mesin bergetar.

Cari Penyebab Khususnya

Kalau mencari penyebab khusus untuk masalah mobil bergetar saat AC mobil dinyalakan, bisa jadi kita akan menemukan berbagai macam faktor penyebab secara spesifik. Mengingat tiap mobil bisa jadi memiliki sistem berbeda yang berhubungan dengan kontrol mesin. Mobil bergetar saat AC nyala atau saat AC hidup pada mobil sudah terasa getaran mesin sebelum AC dinyalakan.

Ketika injak pedal gas pun mesin terasa getar dan terkadang ketika tidak injak pedal gas pun mesin terasa getar dan terkadang ketika injak pedal as mesin, seperti mau mati (gas kosong). Tetapi utuk mobil mesin bergetar kali ini, tidak terjadi kerusakan pada komponen seperti koil, busi dan lainnya.

Sengaja memang ingin tahu lebih spesifik apa sebenarnya penyebab mesin bergetar. Akan tetapi ketika dilepas soket MAP sensor rpm mesin justru lebih halus. Lakukan pembersihan injektor paling belakang setelah membersihkan throttle body dan ISC serta periksa kompresi mesin, busi, koil dan tekanan bahan bakar.

Setelah semua komponen pendukung sistem pembakaran mesin diperiksa dan dibersihkan, sebelum injektor dibersihkan hasilnya adalah mesin tetap bergetar, mesin tetap bergetar saat idle, mesin bergetar saat AC dinyalakan atau pun saat akselerasi injak pedal gas. Akan tetapi setelah injektor dibersihkan, putaran mesin normal tidak terasa bergetar dan saat AC mobil dinyalakan, rpm mobil naik dengan harlus tanpa getaran.

Bisa kita ambil kesimpulan bahwa penyebab mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan dari sisi mesin adalah idle up AC tidak berfungsi dengan baik atau rpm terlalu rendah. Kedua adalah karena mesin kurang tenaga. Kalau dari sisi komponen AC mobil, penyebab mesin mobil bergetar saat AC nyala adalah kemungkinan kebanyakan freon atau sistem AC buntu setelah kompresor.

Bisa Juga Pulley AC

Bisa juga terjadi karena kompresor mau macet atau pun bearing puly kompresor rusak. Mesin mobil tidak stabil dan bergetar saat AC nyala maka sudah pasti tidak jauh penyakitnya bersumber dari kompresor. Jika mobil bergetar sudah sangat keras dan tidak nyaman, paling utama biasanya karena piston kompresor lecet maupun pulley yang sudah korosi bersinggungan dengan body kompresor. Jika kondisi dalam kondisi begetar saat mobil jalan, tetap diteruskan, maka bisa bikin gancet lakher timing belt. Jika belum ada duit buat servis kompresor, maka harus pandai mengatur kontrol AC dinyalakan, jagnan dibiarkan nyala terus karena pulley dan piston paling parah bisa patah dan mobil macet.

Ketika AC dinyalakan, yang paling sering mempengaruhi kinerja mesin mobil adalah pulley AC yang ikut berputar selain komponen inti mesin mobil dan ini paling banyak menyebabkan mesin mobil bergetar lebih keras.

Bila mesin mobil bergetar sangat keras apalagi mesin pincang, maka segeralah perbaiki. Apalagi jika mobil bergetar saat AC hidup, maka sudah pasti ada di bagian utama sekitar kompresor. Sebab saat AC dinyalakan, maka komponen utama yang berpengaruh pada getaran mesin utama adalah pulley dan inti kompresor AC itu sendiri. Penyebab mesin mobil bergatar saat AC nyala, di antaranya sebagai berikut:

1. Kompresor ngorok akibat kekurangan oli sehingga efeknya mesin mobil bergetar lebih keras.

2. Pulley AC bergesekan dengan body kompresor sehingga bergetar saat AC dinyalakan bahkan ngiklik.

3. Perpak kompresor AC banyak yang sudah soak dan keropos

4. Ruang piston dan gundu kompresor AC sudah banyak yang lecet.

Periksa Kestabilan dan Idle Up

Menggunakan AC ketika berkendara bersama mobil kesayangan tentu sangat menyenangkan. Walau kita tahu AC yang menggunakan refrigerant berupa freon juga penyebab menipisnya lapisan ozon, tetapi kesejukan saat berada di kabin mobil ber-AC akan membuat kita segar.

Tapi pernahkan Anda terganggu ketika AC mobil hidup? Kondisi mesin mobil seakan menjadi kurang stabil atau tiba-tiba putaran mesin turun hingga menimbulkan mati mesin?

Jika masalah itu terjadi, jangan panik karena mungkin hal ini terjadi saat idle up mobil Anda sudah tidak berfungsi dengan baik. Sebagai bukti tambahan, idle up mesin mobil Anda bermasalah, segera lakukan analisis sederhana dengan mematikan AC saat mobil sedang beroperasi, jika tidak ditemukan masalah, berarti pada mobil Anda bisa dikatakan aman.

Nah, selanjutnya coba hidupkan AC saat mesin beroperasi. Bila mesin mati, analisanya ialah idle up mobil Anda bermasalah. Kalau AC-nya dioperasikan, mestinya Idle Upnya main, jadi misalkan RPM 800 ketika AC On menjadi 1.000.

Jadi kebanyakan sistem idle up tidak berfungsi, AC-nya hidup idle upnya ngga main, RPM-nya turun mengakibatkan mesinnya mati, biasanya sistem idle upnya bermasalah.

Biasanya, masalah idle up menyerang mobil-mobil yang sudah berumur lima tahun lebih dan yang sering mengalami masalah ini adalah salah satu produk dari sebuah merek tertentu yang bermarkas di Jepang.

Jika ragu, akan lebih bijak jika memutuskan untuk membawa mobil ke bengkel untuk melakukan pengecekan. Salah satu bengkel mobil di Jakarta, Tangerang dan Bekasi yang memberikan layanan pengecekan AC mobil gratis adalah Rotary Bintaro. Jadi, kalau sekedar mau memastikan penyebabnya, bawa saja ke Rotary Bintaro. Tidak perlu khawatir keluar biaya pengecekan. Kunjungi lokasi cabang yang terdekat : Rotary Bintaro Veteran, Rotary Bintaro Ciledug, Rotary Bintaro Kedoya, Rotary Bintaro Puri, Rotary Bintaro Rawamangun, Rotary Bintaro Bekasi, Rotary Bintaro Serpong.

Terimakasih.

Semoga bermanfaat.

Diubah oleh randyntenk 22-05-2019 17:33
0
6.7K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan