CAMATcabulAvatar border
TS
CAMATcabul
Kekhawatiran Dubes: Jangan Sampai Rizieq Ditangani Lembaga Superbodi





Maftuh Abegebriel berharap perkara yang dituduhkan pihak Arab Saudi ke Habib Rizieq Syihab hanya persoalan imigrasi. Karena kalau sampai persoalan keamanan negara, kasusnya akan ditangani langsung oleh sebuah lembaga superbodi.

"Dubes RI Agus Maftuh Abegebriel akan selalu intens berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait Saudi terkait apa yang sebenarnya dituduhkan kepada MRS. Dubes berharap hanya masalah overstay saja yang merupakan pelanggaran imigrasi. Dubes sangat khawatir jika yang dituduhkan kepada MRS terkait keamanan Kerajaan Arab Saudi, jika ini yang dituduhkan maka lembaga yang akan menangani adalah lembaga super body Saudi yang ada di bawah Raja yang dikenal dengan Riasah Amni ad-Daulah atau Presidency of State Security," ujar Maftuh dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/11/2018).

Maftuh memastikan, KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah akan selalu memberikan pendampingan kekonsuleran dan pengayoman kepada Habib Rizieq dan seluruh WNI para ekspatriat Indonesia yang menghadapi masalah hukum berada di Arab Saudi.

KBRI dan KJRI akan mewakafkan diri untuk pemihakan dan pelayanan kepada seluruh ekspatriat Indonesia di Arab Saudi," tutur Maftuh.

Habib Rizieq dijemput polisi dan intelijen Saudi pada 5 November 2018 karena adanya bendera hitam yang terpasang di rumahnya. Bendera itu oleh warga setempat dianggap mirip dengan bendera ISIS. Habib Rizieq dibebaskan sehari setelahnya.

Untuk diketahui, sebelum kejadian penahanan ini, Habib Rizieq juga berurusan dengan aparat Saudi karena tak diperbolehkan meninggalkan negara yang dipimpin oleh Raja Salman itu. Padahal visa Habib Rizieq sudah habis sejak Juli 2018 lalu.

Dimintai konfirmasi terpisah, Ketua Bantuan Hukum FPI Sugito Atmo menyatakan masih mendalami keterangan yang disampaikan Kemlu dan KBRI ini. Komunikasi dengan Habib Rizieq masih terus dilakukan.

"Kalau Kemlu mengatakan bahwa itu karena ada aduan mengenai bendera ISIS sehingga Habib Rizieq diperiksa karena itu, saya belum bisa cek langsung ke beliau. Makanya saya saat ini sedang mau menanyakan sebetulnya ada apa," tutur Sugito.


https://m.detik.com/news/berita/4291283/kekhawatiran-dubes-jangan-sampai-rizieq-ditangani-lembaga-superbodi


Sukurin tong emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh CAMATcabul 07-11-2018 07:27
-5
4.3K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan