Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sagala88Avatar border
TS
Sagala88
Cara mengubah kopling otomatis (sentrifugal) ke kopling manual Jupiter MX 135
halo all juragan. ane mw kasih inpoh seputar jupiter mx neh... smoga bermanfaat.

Buat para penunggang jupiter mx AT (sentrifugal kopling)

Bosan dengan akselerasi JupiMx kopling otomatis? atau Pengen JupiMX berubah tampilan jadi motorsport yang jadi lebih responsif?

untuk itu kita harus ubah kopling otomatis dulu, caranya akan saya jelaskan step by step :
Beli perangkat kopling manual full set. diantarnya adalah : bak kopling khusus jupiMX(ukuran lebih lebar daripada standar) ,handel + dudukanya, string kopling. ( biasanya bengkel2 atau toko variasi sudah menjual secara satu set lengkap) harga 1 set sekitar Rp 370.000

Beli tutup satelit kopling tipe 2S6 (konsultasi terlebih dahulu pada bengkel resmi) @Rp 50.000

Beli spacer tambahan. @Rp -

Ganti kampas kopling dengan merek TDR atau BRT (khusus racing) @Rp -

Ganti Oli (Yamalube) @Rp 30.000

Beberapa masalah dan cara menanggulanginya :

Kita harus mematikan fungsi kopling otomatis /sentrifugal terlebih dahulu. Dengan cara mengelas atau menambah ring khusus agar master kopling sentrifugal tidak ikut memutar saat mesin dinyalakan, yang nantinya akan berfungsi sebagai balancer. karena pada jupiMx otomatis tidak memiliki balancer seperti pada jupiMx manual.(lebih baik konsultasi terlebih dahulu ke bengkel resmi)

yamaha memproduksi jupiter mx dengan beberapa variasi ( bisa dilihat pada sparepart mesin yang berbeda) maka satelit kopling tiap tahun, berbeda jenis dan bentuknya, ada yang datar dan menonjol, biasanya ada 4 jenis tutup satelit kopling. Oleh Karena itu, saya menganjurkan konsultasi ke bengkel resmi. Lihat dulu jenis mesinnya ( tiap beda tahun beda mesin juga loh,, walaupun tidak berbeda jauh tapi sangat berpengaruh).

Sebenarnya kita masih bisa menggunakan tutup kopling bawaan (otomatis) dengan cara menambah 2 ring ukuran kecil untuk mengakali sebagai fungsi bearing pada jupimx manual. Karena pada tutup satelit jupiMx otomatis tidak memiliki dudukan bearing. Jupi mx manual memiliki bearing (klahar) pada tutup satelit kopling. Oleh karena itu, saya sarankan untuk menggantinya dengan tutup satelit kopling manual type 2S6. hal itu dimaksudkan agar perpindahan gigi lebih halus.

saat pemasangan tutup satelit baru akan terjadi masalah pada tidak presisinya pemasangan pada bak kopling ( mentok kruk as)



bak kopling manual tidak bisa langsung plek. Sebab bak kopling manual yang kita beli kurang lebar. Itu sengaja dari pabriknya untuk kopling manual tanpa sentrifugal. Akibatnya ketika dipasang di Jupiter MX, mentok lengan kruk as bekas dudukan sentrifugal.
Mengakali biar bisa langsung plek, bisa buatkan spacer alias pengganjal antara bak kopling baru dan crankcase. agar terjadi celah untuk ruang stut menarik kopling.

setelah semua di pasang dengan baik maka mesin jupi modifikasi anda sukses. selamat mencoba.

NB: sebaiknya pemasangan onderdil variasi dilakukan oleh bengkel resmi atau bengkel khusus Racing.

kalo mau liat lebih lanjut kunjungi blog ane gan http://nuge88.blogspot.com

smoga bermanfaat. terima kasihemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
0
47.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan