Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tokektempurAvatar border
TS
tokektempur
Kue Lumpur Lapindo, Bukti 13 Tahun Derita Tak Kunjung Usai.
Yo Gan/Sist, Balik lagi bareng Ane. Thread kali ini ane dedikasikan untuk Lumpur Panas Sidoarjo, mengulang kembali cerita 13 tahun lalu yang belum tuntas.


source: Wikipedia.com

Publikasi oleh Para Ilmuwan Amerika dan Australia yang diterbitkan dalam makalah yang berjudul" "Initiation of the Lusi Mudflow Disaster"pada 29 Juni 2015 di dalam jurnal Nature Geosciences, hasil penelitian tersebut memaparkan bahwa luapan lumpur panas tersebut bukanlah hasil alam melainkan hasil pengeboran yang dilakukan manusia.


Geosciences

Namun menurut pihak Lapindo, bahwa semburan tersebut muncul ke permukaan akibat dua kemungkinan, Pertama, semburan ini terjadi akibat kesalahan prosedural saat melakukan pengeboran. Kedua, semburan muncul secara kebetulan saat pengeboran.


Lokasi yang berjarak 12 kilometer mengarah dari selatan kota Sidoarjo, kecamatan Porong. Lokasi tersebut merupakan kawasan padat penduduk, membuat sekitar 40.000 ribu orang keluar dari daerah tersebut, namun tidak hanya pemukiman warga, jalan tol, jalan raya hingga rel kereta yang terkena dampak akibat luapan lumpur panas.


9 September 2006, Presiden kala itu Susilo Bambang Yudhoyono mentandatangani Keppres Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Tim Nasional Penanggulangan Semburan Lumpur, dipimpin oleh Basuki Hadi Muljono, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pekerjaan Umum.


Dibentuk dengan tujuan untuk menyelamatkan warga di lingkungan sekitar semburan lumpur panas, menjaga insfrastruktur dasar dan juga menangani semburan lumpur panas dengan resiko seminim mungkin.


Quote:
refrensi penangan luapan lumpur panas, artikel oleh Antara News

Sebenarnya telah banyak upaya yang dikerahkan sebelumnya, seperti yang dikutip dari artikel berikut.


Quote:

refrensi artikel ini oleh hotmudflow.blogspot

Dampak kerugian harta benda ditaksir sekitar 45 Trilyun dari data yang dilansir oleh Wikipedia.


Tapi ada satu hal yang menarik perhatian ane gan/sist, sebenarnya thread kali ini terinsiprasikan oleh sebuah sajian kuliner yang dinamai "Kue Lumpur Lapindo". Yang sebenarnya ini adalah kue lumpur vla pada umumnya namun entah kenapa ane ngerasa, bahwa pencentus pertama kali yang memberi nama pada kue ini. Adalah sebagai suatu perayaan 13 Tahun kejadian Lumpur Lapindo yang tak kunjung usai.


Spoiler for berikut Spoiler Kue Lumpur Lapindo:
source gambar kue

Sumber : banyak terlampir didalam artikel.
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh tokektempur 27-11-2019 11:15
adhityayodha
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan