Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cengkehijoAvatar border
TS
cengkehijo
Mahasiswanya Gugat UU Keistimewaan DIY, Ini Respons Dekan FH UGM

Yogyakarta - Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM), Felix Juanardo Winata, menggugat UU No 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY ke Mahkamah Konstitusi (MK). Bagaimana respons Dekan FH UGM, Sigit Riyanto, atas gugatan itu?

"Kalau gugatan itu kan haknya dia (Felix) sebagai warga negara to, jadi ya semua orang boleh, berhak melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi," jelas Sigit saat dihubungi wartawan, Rabu (20/11/2019).

"(Karena) warga negara yang hak konstitusionalnya terlanggar atau merasa dilanggar boleh mengajukan gugatan terhadap peraturan perundang-undangan yang dianggap berpotensi, bertentangan dengan konstitusi (ke MK)," sambungnya.

Menurut Sigit, terlepas dari statusnya sebagai mahasiswa FH UGM, Felix juga merupakan warga negara yang berhak melayangkan gugatan ke MK. Namun Sigit enggan berkomentar terlalu jauh karena belum membaca secara utuh gugatan mahasiswanya itu.

"Saya belum baca gugatannya. Tetapi kalau yang saya baca di media kan itu menggugat (ke MK) atas nama sendiri kan. Karena kan hak warga negara secara individual kan boleh-boleh saja," tegasnya.

"Setahu saya (gugatan Felix ke MK) nggak berkonsultasi dan nggak ada kewajiban untuk berkonsultasi (ke Dekanat FH UGM), sebagai haknya sebagai warga negara boleh-boleh saja nggak apa-apa," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Felix menggugat UU Keistimewaan DIY ke MK. Sebab adanya UU itu dianggap Felix menjadikannya tidak bisa memiliki tanah di Yogyakarta. Ia pun menilai UU itu diskriminatif dan melanggar UUD 1945.

Sumur :
https://m.detik.com/news/berita-jawa...s-dekan-fh-ugm

_______________________________________☆☆☆______________________________

Ni yang Gugat dah siap lahir batin kayaknya... emoticon-Big Grin
Diubah oleh cengkehijo 20-11-2019 08:41
muhamad.hanif.2
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.6K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan