Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Mata.Elang084Avatar border
TS
Mata.Elang084
Inspirasi Kuliner yang Dulu Dipandang Sebelah Mata, Kini Jadi Kebanggaan Indonesia
Tanah surga Indonesia ini memiliki banyak jenis umbi - umbian yang kaya gizi, salah satunya ubi ungu. Tanaman ini mengandung banyak antioksidan dan pigmen antosianin yang membuatnya berwarna keunguan. Dibandingkan dua jenis ubi lainnya yang berdaging kuning dan putih, ketela ungu ini adalah yang terbaik dari segi kandungan gizi.

Pemanfaatan ubi/telo ungu ini adalah sebagai bahan pangan, selain dijadikan kripik dan dimasak untuk kolak, terdapat inovasi untuk menambahkan telo ungu ke dalam kue bakpao. Jadilah bakpao telo ungu yang lebih lezat ketimbang bakpao original. Serat ketela yang bercampur dengan pati tepung terigu menghasilkan tekstur yang lebih punel ketika bakpao digigit. Walaupun pilihan rasa yang disuguhkan sama dengan bakpao pada umumnya, yaitu rasa kacang hijau, cokelat dan ayam, namun kehadiran ubi ungu membuat bakpao ini sangat istimewa.



Favorit ane yang rasa ayam, rasanya pas banget dengan selera lidah ane. Ada gurihnya, manis serta asin yang saling bercampur baur saat dikunyah di dalam mulut. Benar - benar inovasi di bidang kuliner yang kreatif. Terdapat juga minuman dari ubi ungu yang tak kalah lezat, yaitu es krim telo dan jus telo. Pantas dibilang inspiring product tastethelocalyang diracik langsung dari hasil pertanian tanah Indonesia.





Meskipun ubi dulu dianggap sebagai makanan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah akibat harganya yang murah, tapi sekarang keberadaan bakpao telo membuat produk ini digemari semua lapisan masyarakat tanpa mempedulikan stigma kuno itu lagi. Malah jika orang kebetulan melintasi Galeri Republik Telo di daerah Lawang, Malang, Jawa Timur mereka akan memburu produk berbahan dasar ubi ungu ini sebagai buah tangan.

Tak heran apabila produk ini amat digemari dan mendapat tempat di hati masyarakat, sebab Bakpao Telo di bawah naungan Republik Telo berhasil meraih penghargaan sebagai produk inovasi makanan terbaik dalam pemeran SMEsCO tahun 2006. Bahkan kuliner telo ungu tersebut lahir dan hanya ada di Indonesia. Siapa yang tidak bangga memiliki kuliner asli negeri ini?

Kira - kira begitulah singkat cerita dari tulisan yang ane ikutsertakan dalam kompetisi menulis MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT.

Sumber : Radar Malang
Diubah oleh Mata.Elang084 24-11-2019 10:41
sebelahblog
sapiderwomen
sapiderwomen dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.9K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan