Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sok.ArtAvatar border
TS
Sok.Art
Layaknya Calon Sarjana, 5 Game Ini Juga Plagiat Game Terkenal!


Baru-baru ini channel Youtube "Calon Sarjana" sedang jadi pembahasan netizen karena video yang diunggahnya ketahuan menjiplak video dari channel Youtube bernama "JT". JT yang memiliki 453 ribu subscriber di Youtube merasa gak terima nih Gan dengan tindakan Calon Sarjana yang menjiplak kontennya. Bahkan, saking gak niatnya Calon Sarjana dalam membuat konten, doi juga menjiplak thumbnail dari videonya JT, dan dengan gampangnya doi menambahkan emoji dan watermark Calon Sarjana. Sungguh ironi banget sih tindakan yang dilakuin oleh channel Youtube dengan 12,4 juta subscriber!

Etapi tindakan seperti itu gak cuma terjadi dalam dunia per-Youtube-an aja Gan. Dalam industri game juga terdapat tuh unsur-unsur plagiat yang menurut ane pribadi sangat memalukan. Apa saja ya game-game tersebut? Berikut ini ane tampilkan 5 game plagiatyang gak perlu ente mainkan ya Gan..

1. SAINT ROW

Kalau ente perhatikan saat game ini baru dirilis, game ini memiliki konsep yang sama dengan GTA San Andreas yang mempunyai tema gangster. Saint Row, sama seperti GTA, juga memiliki konsep menguasai wilayah.

Akibat kesamaan konsep itulah penjualan game ini gak bagus di pasaran. Orang-orang lebih memilih dan percaya terhadap GTA San Andreas untuk game bertema gangster.

Belajar dari kegagalan terebut, Saint Row berganti developer yang berpengaruh juga terhadap perubahan konsep. Akhirnya mereka membuat identitas baru yang lebih original dengan memasukkan alien dan senjata-senjata aneh khas Saint Row.


2. BLADE

Game plagiat yang tidak perlu kamu coba mainkan selanjutnya ialah Blade. Game ini melakukan plagiasi paling memalukan dalam sejarah industri game. Game ini dibuat oleh developer asal Korea Selatan dengan mengincar platform digital.

Diketahui game ini menjiplak habis-habisan salah satu game yang sangat sukses di Asia yaitu Dark Souls. Mulai dari konsep, poster, sampai teaser, semuanya meniru Dark Souls!

Akibatnya, developer Drak Souls membawa kasus ini ke ranah hukum. Developer Blade pun dihukum dengan hukum yang berlaku, dan game Blade sendiri ditarik dari pasaran.


3. TATTOO ASSASSINS

Ente pasti tahu dengan game Motal Kombat? Game yang sangat sukses ini dirilis pada tahun 1992 dan mampu meraih antusias yang sangat tinggi dari masyarakat saat itu.

Banyak yang memuji game ini karena game fighting ini tidak kaku. Tentu saja demikian, karena game ini dibuat dari orang asli.

Melihat kesuksesan Mortal Kombat, lahirlah game-game yang mencoba meniru game ini. Dari sekian banyak tiruan Mortal Kombat, Tatto Assassins adalah yang paling buruk.

Game ini sangat buruk kualitasnya, mulai dari sound effect yang buruk, visual effect juga buruk, dan gameplay-nya pun sangat tidak enak. Itu sebabnya game ini menjadi salah satu game plagiat yang gak perlu ente coba mainkan. emoticon-Ngakak (S)


4. MOLE KART

Bagi para pecinta Nintendo, tentu pasti tahu dengan salah satu game legendaris, Mario Kart. Memiliki konsep yang menarik membuat game ini sukses di pasaran. Namun karena kesuksesannya ini, ada yang membuat sebuah game dengan konsep yang sama dan juga elemen yang sama di dalamnya. Judulnya pun hampir sama yaitu Mole Kart.

Walaupun banyak yang tahu bahwa game ini meniru game Mario Kart, namun game ini tetap memiliki penikmatnya sendiri pada platform mobile. Developer pembuat Mole Kart pun membuat sekuel dari game tersebut yaitu Mole Kart 2. Evolution namun dengan tambahan elemen-elemen baru yang sudah memiliki ciri khas ala Mole Kart sendiri.


5. UNEARTHED TRAIL OF IBN BATTUTA

Game plagiat yang gak perlu ente coba mainkan yang terakhir ialah Unearthed Trail of Ibn Battuta. Game ini meniru salah satu game terbaik buata Naughty Dogs, Uncharted.

Unearthed yang dibuat oleh developer dari Saudi Arabia ini meniru Uncharted mulai dari setting tempat, karakter, senjata, semuanya hampir serupa dengan Uncharted. Namun bedanya game ini terasa sangat kaku karena mungkin developer pembuatnya masih termasuk amatiran.

Nah itu dia Gan deretan game yang memplagiasi dari game-game terkenal. Harusnya developer dari game-game tersebut sadar kalau membuat game itu gak mudah dan harus menghargai karya developer lain yang sudah susah payah menciptakan game.

Jadi, gak usah mainkan game-game itu lagi ya Gan!
emoticon-Angkat Beer
ukhtyfit81
nunu403
nona212
nona212 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4.5K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan