Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
3 Orang Ini Mampu Bertahan Hidup Tanpa Jantung, Kok Bisa?


Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista di seluruh pelosok negeri, terima kasih telah berkenan mampir di thread ane. Semoga hari-hari Agan dan Sista selalu menyenangkan.

Jantung merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia. Fungsi jantung sendiri adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Jadi begitu pentingnya fungsi jantung wajar jika dikatakan jantung adalah pusat hidup pada tubuh manusia, ya, GanSist. Apa yang terjadi jika jantung tidak berdetak atau gagal menjalankan fungsinya? Jawabannya adalah kematian.

Meskipun terdengar aneh dan rasanya mustahil, ternyata ada, loh, manusia di muka bumi yang mampu bertahan hidup meskipun sudah tidak memiliki jantung di dalam tubuhnya. Karena suatu kondisi tertentu membuat mereka harus merelakan jantungnya diangkat. Berikut ini ulasannya!

Craig Lewis
Quote:

Craig merupakan manusia pertama yang bisa hidup tanpa jantung. Ia berhasil diselamatkan berkat pengobatan dua dokter dari Texas. Dokter Billy Cohn dan Bud Frazier berhasil menukar jantung Craig dengan alat pompa jantung buatan yang mempunyai fungsi yang sama seperti jantung manusia. Pria berusia 55 tahun ini menderita penyakit amyloidosis, suatu penyakit yang menyebabkan tubuhnya memproduksi protein abnormal. Protein ini memenuhi organ dalam tubuh yang menyebabkan organ berhenti berfungsi. Akibat pengangkatan jantung dari tubuhnya, Craig menjadi manusia pertama yang benar-benar bisa hidup di muka bumi. Karena memakai pompa buatan, Craig tidak memiliki denyut nadi, karena fungsi jantung buatannya hanya memompa darah secara terus menerus. Craig akan tetap hidup selama pompa jantung berfungsi dengan baik.

Jakub Halik
Quote:

Pria asal Ceko ini divonis menderita tumor ganas yang mengakibatkan kerusakan pada jantungnya, dan terpaksa tim dokter mengangkat jantungnya pada tahun 2012. Berkat teknologi buatan Jakub bisa bertahan hidup meski tanpa jantung. Selama menunggu untuk mendapatkan transplantasi jantung di Institut for Clinical and Experimental Medicine, Jakub dapat bertahan hidup meski tanpa jantung di dadanya. Jakub merasa bisa hidup layaknya orang normal dengan bantuan alat medis selama lebih kurang 6 bulan. Pada tanggal 13 Oktober 2012, Jakub menghembuskan napas terakhirnya.

Stan Larkin
Quote:

Sebelum mendapat transplantasi jantung pada tahun 2016, pria asal Amerika ini telah menjalani hari tanpa jantung di dadanya selama 16 bulan lamanya. Jantungnya digantikan oleh Syncardia, jantung buatan berbentuk ransel yang wajib dipakai oleh Stan setiap waktu. Ransel ini terhubung pada sistem vaskularserta berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Ia tidak mengetahui awal kerusakan jantungnya, hingga pada suatu hari ia terjatuh ketika bermain basket. Ketika itu Stan baru mengetahui bahwa ia menderita penyakit genetik terkait jantungnya. Tindakan pengangkatan jantung Stan dilakukan pada November 2014 lalu.

Meskipun terdengar mustahil jika manusia bisa bertahan hidup dengan jantung, tapi orang-orang tersebut di atas sudah membuktikannya. Aneh memang tapi tidak ada yang mustahil, kan.

Ane pamit undur diri, ketemu lagi di thread ane selanjutnya. Maafkan jika ada salah kata. Jangan lupa tinggalkan jejak cendol, rate, dan subscribe-nya. Jika berkenan, monggo di-follow akun ane. Terima kasih, salam hangat, dan selamat beraktifitas.


Sumber gambar : Google
Referensi : 1, 2, 3
arya333
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 36 lainnya memberi reputasi
37
13.2K
195
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan