alizazetAvatar border
TS
alizazet
Pijat Oksitoksin Agar ASI Melimpah
ilustrasi pixabay



"Hai para Bunda, Mami, Mama, Umi atau Emak apapun panggilan sista sebagai seorang ibu baru, apa kabar? Bebi nya sehat? Ingat ASI ekslusif ya hingga 6 bulan. Agar generasi kita menjadi generasi kuat jiwa raga. Stukur bila bisa hingga dua tahun."

Sebuah ilustrasi saran dari lader posyandu atau petugas BKIA ataupun iklan layanan masyarakat tentang pentingnya ASI bagi bayi yang baru lahir hingga enam bulan. Namun sangat disayangkan tidak pernah menyertakan cara jitu memperbanyak ASI. Hanya menyarankan makan yang bergizi dan nerkualitas.

Beberapa bulan lalu salah satu lembaga pendidikan Sekolah Tinggi Kesehatan melakukan kegiatan Pengabdian Kesehatan Masyarakat (PKM), mereka berbagi tentang bagaimana melancarkan ASI dengan pijat oksitoksin bagi ibu menyusui kepada para kader posyandu.

Luangkan waktu sejenak untuk membaca informasi penting ini, agak panjang dikit ya.

Pemberian ASI Eksklusif adalah pemberian.ASI saja kepada bayi sejak lahir hingga 6 bulan. Karena ASI adalah makanan pertama, utama dan terbaik bagi.bayi, bersifat alamiah, mengandung berbagai.zat gizi yang dibutuhkan dalam prises pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Tetapi tidak semua ibu post partum langsung mengeluarkan ASI, oleh karena itu perlu adanya upaya mengeluarkan ASI. Dalam mengeluarkan ASI ada dua hal penting yaitu produksi yang dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan pengeluaran yang dipengaruhi oleh hormon oksitoksin.

Quote:


Quote:


Hormon oksitoksin akan keluar melalui rangsangan ke puting susu melalui isapan mulut bayi atau melalui pijatan pada tulan belakang ibu bayi. Dengan melakukan pijatan pada tulang belakang ibu akan merasa tenang, rileks, meningkatkan ambang rasa nyeri dan mencintai bayinya, segongga dengan begitu hormon oksitoksin keluar demikian juga dengan ASI.

Cara Pijat Oksitoksin:

1. Ibu duduk sedikit membungkuk ke depan pada tangan melipat di atas meja, kepala dileyakkan di atas lipatan tangan. (Seperti orang yang tidur).



2. Melakukan pemijatan disepanjang kedua tulang belakang ibu, dengan memakai jari atau kepalan tangan.



3. Lalu carilah bagian tulang yang paling menonjol pada bagian tulang belakang leher.

4. Dari titik tang yang paling menonjol tersebut, turun sedikit ke bawah (1-2 jari). Lalu geser kembali ke kanan dan ke kiri bersamaan (masing-masing berjarak 1-2 jari).



5. Melakukan pemijatan dengan cara gerakan memutar, lakukan secara perlahan-lahan ke arah bawah hingga mencapai batas garis bra.

6. Boleh juga dilakukan pemijatan hingga ke pinggang.

7. Tekan agak kuat (tapi jangan terlalu kencang menekan) yang membentuk gerakan melingkar kecil menggunakan kedua ibu jari.
Lakukan pemijatan mulai dari leher, lalu tutun ke nawah hingga ke arah tulang belikat.

Demikian cara pemijatan oksitoksin untuk mengeluarkan dan melancarkan ASI. Lakukan 3 menit saja.

Manfaat Pijat Oksitoksin ini adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kenyamanan,
2. Meningkatkan gerak ASI ke payudara,
3. Menambah pengisian ASI ke payudara,
4. Memperlancar pengeluaran ASI,
5. Mempercepat proses involusi uterus.

Demikian momi-momi dan papi-papi tercinta serta para pembaca semua, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Disarankan pemijatan akan lebih efekti bila dilakukan oleh pasangan. Dan ingat tetap kondisikan suasana hati ibu menyusui damai dan bahagia, karena kondisi psikis juga mempengaruhi kelancaran ASI.

Note: kompres dengan washlap yang sudah dicelup di air hangat setelah pemijatan. Gunakan lotion atau minyak pijat atau baby oil saat memijat agar tidak sakit di permukaan kulit.

LOVE YOU ALL


emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk


sayangi ibu dan balita


salam sehat dan cinta




Sumber; lirik, tengok, PKM Pijat Oksitoksin STIKES Widyagama Husada.
Diubah oleh alizazet 24-10-2019 05:40
juneldi
InaSendry
fitrijunita
fitrijunita dan 22 lainnya memberi reputasi
23
3.2K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan