Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kelayan00Avatar border
TS
kelayan00
Hanya Untuk Melihat Komodo, Kenapa Harus Keluarin Uang 14 Juta?
sumber kasksus

Halo Gansist, jumpa lagi di thread gw. Semoga selalu dalam lindungan sang pencipta.

Quote:
.

Kali ini gw juga ingin memberikan semacam opini tentang rencana pemerintah untuk menaikan tarif masuk ke pulau komodo. Tarif tersebut menuai pro dan kontra. Tentu saja. Tarif yang akan dikenakan tidak tanggung-tangung, 14 juta. Jumlah yang cukup besar bagi sebagai masyarakat Indonesia.
Quote:

Komodo memang binatang langka dan memang harus dilestarikan. Seluruh rakyat Indonesia pasti setuju dengan niatan pemerintah itu. Hanya saja, untuk berkunjung ke pulau komodo, pulau yang menjadi habitat awalnya, kenapa harus mengeluarkan uang hingga 14 juta?

Itu hanya tiket buat masuk, belum lagi ongkos untuk datang ke sana. Terlebih bagi mereka yang berada jauh di ujung pulau Indonesia. Biaya yang akan di keluarkan pasti akan lebih dari itu.

Komodo merupakan kadal besar yang hanya ada di Indonesia. Di negara lain tidak ada. Itu sebabnya banyak turis dari luar yang penasaran dan ingin melihat secara langsung.

Bagi wisatawan dari luar memang tidak masalah seandainya mereka harus membayar mahal. Sebab yang ingin mereka lihat berada di negara orang. Tapi bagaimana dengan wisatawan lokal, apakah juga harus mengeluarkan uang yang lumayan besar?
Quote:

Seandainya niatannya memang benar ingin memajukan pulau komodo, seharusnya pemerintah menggunakan hukum dagang, untung sedikit tapi dagangan laris terjual. Dari pada jual mahal tapi yang beli sedikit, untung di dapat juga pasti sama.

Bedanya, seandainya yang datang banyak, tentu akan berdampak bagi penduduk setempat. Segala macam barang dagangan bisa dijual oleh masyarakat setempat sebgai oleh-oleh para wisatawan. Dan pulau komodo akan menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi.

Untuk melestarikan binatang tertentu memang butuh biaya. Terlebih yang ingin dilestarikan adalah binatang besar. Butuh biaya besar pula untuk menyediakan makanannya. Belum lagi untuk menjaga pulaunya agar tidak dimasuki oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Quote:

Tapi pemerintah punya dana. Pemerintah bisa mengalokasikan dana untuk itu. Toh ujung-ujungnya juga untuk kemakmuran rakyat. Khususnya rakyat yang ada di pulau komodo.

Yah, semoga saja pemerintah sudah memikirkan matang-matang tentang rencana tersebut. Jangan hanya karena ingin mengambil keuntungan besar, pulau komodo jadi sepi oleh wisatawan.



Salam,
Jumpa lagi di thread gw berikutnya.
S.e.m.e.d.i
perihbanget
ceuhetty
ceuhetty dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.3K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan