lintangayudyAvatar border
TS
lintangayudy
Suka Makan Gudeg? Lihat Varian Rasa Ini, Ada Salak Nia Ramadhani Loh!


Assalamualaikum.

Welcome to my trit agan sista, apa kabar semuanya? semoga bahagia selalu, Amiin.

Gansist, liburan akhir tahun tinggal menghitung hari lagi, nih. Agan sista udah punya rencana buat berlibur?

Boleh ane kasih rekomendasi, Gansist? Jogja.

Yup Jogja, kota istimewa dengan sejuta kenangan. Banyak banget tempat wisata yang bisa Gansist kunjungi di kota gudeg ini. Mulai dari pantai, pegunungan, hutan pinus, tempat edukasi bagi anak-anak seperti Taman Pintar, komplit semuanya ada loh. Kuliner di Jogja juga banyak banget, pokonya keren, deh.

Betewe, ngomong-ngomong masalah kuliner agan sista tau kan gudeg? Itu loh makanan khas Jogja. Ke Jogja tanpa nyicipin gudeg kayanya belum afdol ya nggak, Gansist.

Agan sista tau belum, kalau ternyata gudeg Jogja juga memiliki banyak varian. Tiap daerah kabupaten di Jogja mempunyai khas gudeg sendiri-sendiri. Pengen tau varian gudeg yang ada di Jogjakarta? Cekidot!

1. Gudeg Nangka Muda



Gudeg nangka ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat Jogja maupun luar Jogja. Makanan yang bercitarasa manis ini berbahan dasar nangka muda. Sebenarnya membuat gudeg tidaklah sulit, hanya saja pembuatannya yang memakan banyak waktu agar gudeg tidak cepat basi dan enak pastinya.

Selain ditemani dengan nasi putih, gudeg juga diberi pelengkap sambel kerecek, areh, sambel goreng kentang, serta baceman seperti tahu, tempe, telor, dan ayam.

2. Gudeg Manggar.



Ada yang sudah pernah mencicipi gudeg manggar? Gudeg manggar dan gudeg nangka memiliki cara memasak dan bumbu yang sama, akan tetapi memiliki perbedaan di dalam bahan utamanya dan juga gudeg manggar memiliki tekstur yang lebih padat atauĀ akas.

Jika gudeg nangka menggunakan nangka muda, makan gudeg manggar menggunakan kembang bunga kelapa yang masih muda. Sulitnya bahan baku gudeg manggar menjadikan harga gudeg manggar lebih mahal dibandingkan dengan gudeg nangka.

Gudeg manggar ini berasal dari Kabupaten Bantul. Gudeg manggar juga memiliki sejarah yang menarik loh, Gansist. Konon, masyarakat Bantul mengganti nangka dengan manggar dalam membuat gudeg sebagai bentuk perlawanan pada masa perang Diponegoro melawan Sultan Hamengku Buwono yang dianggap memihak Belanda. Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa Puteri Pembayun Raja Mataram yang mendapat julukan Nyai Ageng Mangir Wonoboyo yang pertama kali membuat gudeg manggar ini.

Apapun sejarahnya, gudeg manggar ini patut di coba, Gansist. Sama seperti gudeg nangka, gudeg manggar juga diberi pelengkap seperti sambel kerecek, areh, sambel kentang dan baceman seperti tahu, tempe, telur, dan ayam.

3. Gudeg Salak



Sleman merupakan salah satu penghasil salak terbesar di Indonesia. Di saat musim panen tiba, harga salak akan anjlok. Maka dari itu warga sleman membuat inovasi untuk oleh-oleh yaitu dengan dibikin manisan, ceriping, dan satu lagi Gansist yang istimewa yaitu gudeg. Pasti banyak kan yang belum tau gudeg salak? Auto inget Nia Ramadhani kalau ngomongin salakšŸ˜…

Secara umum gudeg salak memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan gudeg nangka muda, yang membedakan hanya cara pengolahan. Sebelum diolah daging salak dipotong-potong lalu direndam menggunakan air kapur selama kurang lebih 1-2 jam. Perendaman ini dimaksudkan buntuk mendapatkan tekstur daging salak yang kenyal.

Sedangkan untuk bumbu-bumbu yang digunakan sama seperti membuat gudeg nangka. Namun, gudeg salak ini memiliki cita rasa sendiri yaitu manis dan asam. Untuk pelengkapnya pun sama ditambahi sambel kerecek, areh, sambel goreng kentang serta bacaman seperti tahu, tempe, telor, dan ayam

Wah ternyata banyak varian gudeg ya, Gansist. Patut dicoba nih, Gansist kalau sedang traveling di Jogja. Recommended banget pokoknya.

Sekian trit dari ane. Sampai jumpa di trit berikutnya. Jangan lupa subscribe, cendol dan komennya, Gansist.


Sumber gambar. Google
Sumber referensi. di sini, di sini, di sini
Diubah oleh lintangayudy 24-10-2019 08:48
denbagoes01
ceuhetty
nona212
nona212 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
7.8K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan