Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Negeriku Indonesia



Negara kita adalah negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dengan beragam suku, budaya juga bahasanya, yang menambah keharmonisan Indonesia.

Berikut beberapa hal yang membuat ane bangga menjadi warga negara Indonesia.

Indonesia Terletak Di Garis Khatulistiwa



Sumber gambar dan referensi DI SINI

Ada 13 negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa atau disebut juga dengan equator, salah satunya adalah Indonesia. Garis khatulistiwa yaitu garis yang membagi bumi menjadi dua bagian yang sama, bagian kutub utara dan kutub selatan.

Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa memiliki kelebihan dari negara lainya, yaitu memiliki iklim tropis. Akibatnya banyak hewan juga tumbuhan yang mampu hidup dengan baik di Indonesia.

Terutama tumbuhan rempah seperti cengkeh, pala, lada, vanili, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Di Pontianak, Kalimantan Barat dibangun sebuah tugu khatulistiwa, dan apabila sedang terjadi peristiwa kulminasi atau equenox dimana matahari tepat berada di atas garis bujur pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Pada saat itu tidak akan terjadi bayangan pada tugu itu. Banyak wisatawan yang berdatangan untuk menyaksikannya secara langsung.

Gambar Tugu Khatulistiwa



Sumber gambar DI SINI


Memiliki Bahasa Nasional



Sumber gambar DI SINI

Bhinneka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu.



Sumber gambar DI SINI

Ragam bahasa, suku, agama dan juga budaya, tak membuat Indonesia menjadi terpecah belah. Justru semakin erat dan harmonis. Untuk itu Indonesia memiliki bahasa pemersatu bangsa, yaitu Bahasa Indonesia.


Letak Geografis Indonesia




Sumber gambar dan referensi DI SINI

Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudara, yaitu benua Asia dan benua Australia, serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, membuatnya menjadi sangat strategis.

Secara ekonomi dengan letak seperti itu Indonesia menjadi jalur lalu-lintas dan juga perdagangan dunia. Sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia, melalui sektor perdagangan seperti perdagangan hasil pertanian dan juga sektor pariwisata.

Secara tidak langsung maupun langsung warga negara tetangga, yang melewati Indonesia dalam perjalanannya ke luar negeri misal melalui jalur laut dari Australia yang akan menuju ke Benua Asia pasti melalui perairan Indonesia. Otomatis akan meningkatkan potensi ekonomi Indonesia melalui sektor pariwisata juga sektor kelautan lainnya. Semisal berlabuh di perairan Indonesia, pasti akan membayar sewa dermaga.


Selain yang ane sebutkan di atas, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki negara kita yang membuat ane bangga menjadi warga negara Indonesia.

Tak lupa juga bangga akan perjuangan para pahlawan bangsa dahulu kala saat berusaha merebut Indonesia dari genggaman penjajah, hingga mampu membuatnya merdeka seperti sekarang ini. Sudah menjadi tugas kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menjaganya tetap merdeka. Walau terkadang lebih susah untuk mempertahankannya daripada merebutnya. Semangat nasionalisme kita tidak boleh goyah.

Terima kasih ane ucapkan dalam doa untuk para pejuang dan pahlawan kemerdekaan, semoga mendapat tempat yang terbaik di sisi-Nya. Tak lupa juga ane ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-74 pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Indonesia Jaya!

08/08/2019

Diubah oleh DeYudi69 17-05-2020 10:31
alizazet
agungdar2494
blackrosest
blackrosest dan 15 lainnya memberi reputasi
16
1.6K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan