BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
GoRide Instan hadir di stasiun MRT Lebak Bulus Grab

Artis Indonesia, Hannah Al Rashid, sedang mencoba naik GoJek di Transit Plaza MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).
Sistem transportasi umum yang terintegrasi bisa mempermudah perjalanan warga, juga mengurai kemacetan. Hal tersebut coba diwujudkan oleh PT MRT Jakarta dan layanan transportasi daring (online) Gojek. Caranya, dengan meluncurkan GoRide Instan di Stasiun Lebak Bulus Grab, Selasa (15/10/2019).

GoRide Instan adalah fitur pemesanan layanan Gojek langsung di tempat. Artinya, pelanggan tak perlu memesan GoRide sejak dari dalam MRT. Mereka cukup berjalan menuju tempat ojek online berkumpul, memesan di tempat, lalu pergi ke tempat tujuan.

Chief of Public Policy and Government Relations Gojek, Shinto Nugroho, menjelaskan bahwa GoRide Instan diluncurkan agar pelanggan tidak perlu menunggu lama dan tidak terjadi penumpukan pengemudi ojek di jalan.

“Kita ngelihatnya dari dua sisi, dari customer ingin mendapatkan driver yang cepat tapi pada saat yang sama juga dari sisi teman-teman pengemudi, sehingga mereka tidak harus ngetem. Dampaknya di pengaturan penumpukan penumpang," jelas Sinta di Plaza Transit MRT Lebak Bulus, Selasa (15/10).

Pengemudi ojek yang menumpuk di jalanan depan stasiun kereta, baik MRT maupun KRL, kerap menjadi biang kemacetan di Jakarta. Para pengemudi tersebut mendekat ke stasiun karena berharap bakal lebih cepat mendapat penumpang.

Penumpang juga, karena takut tak kebagian ojek atau lama menunggu, kerap memesan jauh sebelum tiba di stasiun tempat mereka turun. Akibatnya, pengemudi ojek harus parkir lebih lama menunggu pelanggan itu.

VP Transport Marketing Gojek, Monita Moerdani, menjelaskan bahwa dalam GoRide Instan ini akan ada jalur antrean khusus ojek dan akan ditempatkan petugas untuk mengatur antrean tersebut.

"Kita ingin mengurangi waktu tunggu dan mengurai kemacetan yang diakibatkan oleh padatnya titik-titik jemput. Makanya kita punya pengelolaan antrean. Kita ada petugas Gojek yang akan selalu siap di situ dan mereka yang akan membantu mengatur antrean supaya tidak padat,” kata Monita.

Fitur GoRide Instan sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Grab, pesaing Gojek yang mensponsori nama Stasiun MRT Lebak Bulus, telah lebih dulu meluncurkan fitur serupa bernama Grab Now di sana.

Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar, mengatakan, hadirnya GoRide Instan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk pengguna yang membutuhkan transportasi lanjutan. Selain di Lebak Bulus, layanan ini juga telah hadir di Stasiun MRT Dukuh Atas.

Penumpang MRT yang saat ini mencapai 90 ribu orang per hari, menurut William, membutuhkan transportasi penunjang dari dan menuju stasiun. Transit Plaza, ujarnya, disediakan sebagai tempat yang nyaman bagi penumpang untuk berpindah moda transportasi.

“Setelah peresmian hari ini, saya berharap sinergi serupa bisa diimplementasikan di stasiun-stasiun yang lain," jelas William.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, juga mengapresiasi integrasi transportasi umum yang sejalan dengan upaya pemerintah Jakarta untuk mendorong lebih banyak warga pindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Ia juga berharap kolaborasi tersebut bakal menyelesaikan masalah penumpukan pengendara angkutan online di dekat stasiun-stasiun kereta. "Saya berharap dengan kolaborasi saat ini, jalanan di stasiun atau commuter line jadi tertib. Supaya ini di-copy paste ke stasiun lain," ujarnya.

"Kami bermimpi rekan (pengemudi) Gojek disediakan tempat seperti ini, menjadi semacam comfort zone dan tidak berseliweran lagi di jalan," sambung Syafrin.

Berikut cara menggunakan GoRide Instan:
Buka aplikasi Gojek lalu pilih layanan transportasi yang diinginkan, baik GoRide maupun GoCar;Tentukan destinasi;Pilih titik jemput. Titik jemput instan akan muncul secara otomatis di lokasi yang sudah tersedia Instan;Cek kembali tujuan dan lokasi jemput, lalu klik 'Pesan GoRide/GoCar';Pengguna akan mendapat kode 6 digit angka yang diberikan kepada pengemudi di titik jemput.Inovasi #GakPakeLama
GoRide Instan merupakan salah satu inovasi dari kampanye #GakPakeLama yang diluncurkan Gojek di hari yang sama.

Monita Moerdani menjelaskan bahwa kampanye tersebut merupakan upaya mereka memenuhi komitmen dalam memberikan pelayanan yang paling nyaman, mudah, dan cepat bagi pelanggan.

Selain GoRide Instan, Gojek juga memperkenalkan GoCar Instan, serta panduan titik jemput terdekat dan titik jemput dengan foto.

Panduan titik jemput terdekat dimaksudkan untuk membantu pelanggan memesan layanan GoRide dan GoCar ketika berada di lokasi yang kurang familiar. Layanan ini merekomendasikan titik penjemputan yang mudah ditemukan mitra pengemudi sehingga pelanggan tidak perlu mengetik alamat penjemputan secara manual.

Sementara titik jemput dengan foto bisa dipergunakan pada tempat ramai seperti perkantoran dan pusat perbelanjaan yang memiliki beberapa lobi. Foto akan mempermudah pelanggan dan pengemudi dalam menemukan titik jemput yang dipilih.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...bak-bulus-grab

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Ibu kota baru butuh infrastruktur listrik

- 31.000 Personel TNI-Polri amankan pelantikan presiden dan wakil presiden

- Pemerintah tunjuk McKinsey jadi konsultan pemindahan ibu kota

tata604
anasabila
anasabila dan tata604 memberi reputasi
2
430
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan