seher.kenaAvatar border
TS
seher.kena
Anies Basedan: Halaman Rumah Memang Sengaja Tanpa Dilengkapi Pagar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sengaja merancang pendopo di rumah pribadinya tanpa dilengkapi pagar.

Tujuannya agar masyarakat yang hendak menggelar acara di sekitar rumah dapat meminjam lahan kediamannya.

“Sejak awal, memang rumah ini dirancang untuk bisa dipakai oleh warga kampung di sekitar rumah, karena itu halaman rumah pun dibuat tanpa pagar,” kata Anies di rumahnya Jalan Lebak Bulus Dalam II, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan pada Sabtu (5/10/2019).

Hal itu dikatakan Anies saat menanggapi tetangganya bernama Zainal dan Monna yang meminjam halaman rumah untuk keperluan resepsi pernikahan pada Sabtu (5/10/2019) pagi.

Kata Anies, selain dipakai untuk resepsi pernikahan, halaman rumahnya ini juga sering dipakai untuk kegiatan sosial lainnya seperti Posyandu, bimbingan belajar (bimbel) anak-anak kampung, hingga majelis taklim masyarakat.

“Warga di sekitar kami memang bisa memakai bangunan joglo (pendopo) untuk pernikahan, dan halaman sudah berkali-kali dipakai untuk dipasangi tenda resepsi,” imbuhnya.

Akses jalan yang sempit dan hanya cukup dilalui satu mobil, juga menjadi pertimbangan Anies tidak memakai pagar di rumah.

Di sisi lain, Anies ingin menjalin interaksi yang harmonis dengan masyarakat di sekitar rumahnya yang memiliki tingkat kepadatan penduduk cukup tinggi.

“Kami tinggal di dalam kampung yang gangnya hanya bisa dilewati satu mobil dan permukiman di sini padat. Ketika dulu merancang rumah pada tahun 2013, saya juga nggak pernah bayangin waktu itu akan tugas di Jakarta. Tapi akhirnya rumah ini memang di desain untuk kami pakai keluarga dan masyarakat,” jelasnya.

• BOCORAN BKN Penerimaan CPNS 2019 Mulai dari Formasi Sampai Link Resmi Pendaftaran

Sikap yang dilakukan Anies sekaligus menghapus stigma di kalangan masyarakat mengenai sosok pejabat negara yang cenderung eksklusif dengan warga di sekitar rumahnya.

Namun sebaliknya, Anies justru membuka diri dengan membebaskan masyarakat setempat meninjam lahan miliknya untuk kegiatan yang mengandung positif. (faf)

https://wartakota.tribunnews.com/201...lengkapi-pagar

Lebih memudahkan
0
2.2K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan