Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ariesurya1988Avatar border
TS
ariesurya1988
Kecemplung di Komunitas Jepang, Dulu Ngikutnya Ogah-Ogahan Sekarang Pengen Ngulang


***

Sepanjang tahun 2006 sampai 2009 mungkin adalah masa paling berkesan dalam hidup ane. Gimana gak berkesan, ane yan biasanya pendiam dan suka menyendiri tiba-tiba jadi punya pikiran buat ikut dalam suatu komunitas di daerah ane.

Sebut saja nama komunitasnya Borneo Japanese Club.

Yup, komunitas yang ane ikuti sebenarnya gak jauh-jauh juga dari apa yang ane suka. Mulai dari menggambar, baca komik Jepang, nonton anime sampai main game. Singkat cerita gimana ane bisa ketemu dan gabung dengan ini komunitas gegara dapat selebaran yang dikasih teman ane yang penyuka komik Jepang juga.

Modus temen ane sih sederhana, biar bisa baca komik dan ngopi anime gratis. Sedangkan ane lebih condong biar enteng jodoh, ngarep moga-moga ada yang nyangkut sebiji dua biji buat di deketin.

Demi nunjukin kesungguhan gabung di komunitas, ane sampai ngubah gaya rambut ane pake style harajuku gitu, walau ujung-ujungnya malah lebih sering dibilang mirip Bezita daripada vokalis band Jepang (masih untung gak disamain dengan vokalis band Radja).

Lambat laun akhirnya ane mulai ninggalin kegiatan di komunitas dikarenakan selain udah mulai sibuk mendekati masa-masa sidang tugas akhir di kampus, ane juga udah mulai gak tahan dengan kegiatan yang menurut ane agak malu-maluin kek bercosplay ria gitu. Panggilan dan seruan dari ketua buat kembali aktif bahkan sering ane abaikan, yang berujung dengan dicabutnya keanggotaan ane. 



Tapi yah namanya nasi udah jadi bubur, mana bisa masa lalu diulang lagi.
 

Sesuai dengan judul ini thread, ane sebenarnya bener-bener gak terlalu berperan aktif di komunitas. Ngikut rapat paling sekali dua kali terus sempat terlibat event dan gathering beberapa kali. Ya, ibarat kata bener-bener cuman berasa kecemplung gitu aja gan, gak pernah sampai ngerasain tenggelam ke dasar kalinya.

Sekarang kalau diingat-ingat kembali banyak juga loh sebenarnya manfaat yang bisa diambil dari komunitas ini walau sering dicap orang sebagai komunitas yang gak ada faedahnya. Sebagai motivasi buat teman-teman, nih 4 Manfaat Yang Bisa Kamu Dapatkan Ketika Bergabung di Komunitas Jepang.


1. Dekat Dengan Para Pelaku Kreatif

Quote:

Dulu ane yang mikirnya gabung di komunitas cuman buat nyari pacar,  mana pernah kepikiran kalau di dalam komunitas Jepang isinya bukan cuman cewek-cewek wibu yang gemar baca komik doang. Kalaupun ada yang cowok paling cuman anak muda sepantaran ane dengan ambisi yang sama.

Padahal di balik obsesi mereka yang gemar bermain cosplay dan keliatan cuman main-main doang, ada bakat terpendam yang bikin ane sering berdecak kagum dan sadar kalau ane sendiri belum tentu bisa kayak mereka.

Ane masih ingat dulu yang sering main cosplay ternyata mereka jago banget desain kostumnya. Dari bahan yang apa adanya tapi ternyata bisa jadi luar biasa. Bayangin aja gan, cuman modal kardus tapi ternyata bisa jadi kostum transformers lengkap sama lampu kelap kelipnya. Sugoii! 

Belum lagi anggota-anggota lain yang jago gambar komik/ manga. Ane kira mereka ngumpul cuman buat pamer-pameran gambar aja, tapi ternyata dengan ngumpul-ngumpul gitu bisa saling bikin project bikin komik khusus hasil kolaborasi mereka semua.


Ada juga yang masuk di divisi game, ternyata anggotanya bukan cuman jago main game aja gan, tapi mereka udah bisa bikin game sendiri walaupun kebanyakan sih gamenya hasil iseng-iseng mereka sendiri aja.

Seandainya dulu ane niatnya gak cuman ngejar cewek doang, mungkin ada beberapa ilmu yang bisa ane dapat dari mereka.

2. Kesempatan Mencoba Hal Baru

Quote:


Dulu ane pernah nyobain ngecosplay sekali waktu ada acara ultah komunitas. Itu rasanya maluuuu banget. Soalnya selain udah ditontonin orang banyak, kita harus bisa bergimmick (akting) ala karakter yang kita mainkan gitu. 

Bercosplay mungkin jadi salah satu pengalaman sekali seumur hidup yang gak bisa ane lupain. Tapi ada juga pengalaman lain yang menurut ane seru banget sampai rasanya kalau ada kesempatan pengen deh terlibat lagi. 

Suatu ketika komunitas kami diberikan kesempatan buat buka booth stand di salah satu event di pusat ibu kota. Itu entah gimana caranya salah satu petinggi di komunitas nemu satu sponsor yang mau membiayai pelaksanaan pameran kami. Ane yang masuk sebagai tim horee akhirnya kebagian tugas jualin produk-produk kartu perdana buat nambah-nambah biaya operasional. 

Hal yang paling menyenangkan tentu saja sewaktu proses pengerjaan booth stand. Kami yang kebanyakan masih berstatus sebagai mahasiswa dan pelajar jadi dipaksa buat kerja keras dan berfikir gimana caranya agar booth kami bisa tampil keren dengan biaya yang minim.

Walau ujung-ujungnya cuman bisa menghela napas ngeliat kemegahan booth stand yang lain, kami cukup puas dengan hasil jerih payah kami. Ane sendiri jujur bisa dapat pengalaman baru dan hal kek gitu rasanya sayang banget kalau dilewatin. 

 

3.Jadi Ajang Buat Branding Diri Sendiri

Quote:


Di antara dua alasan di atas, mungkin ini yang paling ane sesali sampai sekarang. Sering kali komunitas mengadakan gathering dan event-event yang kadang mengharuskan setiap anggotanya untuk memamerkan karya-karya yang mereka buat. Entah itu berupa komik, gambar ilustrasi, desain kostum, game, bahkan sampai coret-coretan cerpen.

Ane yang dulu masih merasa malu-malu cuman dapet irinya aja sekarang. Daripada dikatain karyanya jelek mending ane ngaku gak bisa apa-apa deh, gitu dulu pikir ane. Padahal kalau aja ane gak baperan takut dikatain yang gak-gak dan nerima kritik dengan terbuka bisa motivasi diri buat berkembang menjadi lebih baik lagi.

Sekarang ngeliat teman-teman di komunitas udah banyak banget yang sukses dan bahkan menjadikan hobi yang mereka geluti dulu sebagai mata pencaharian mereka sehari-hari. Sekarang mau mengikuti jejak mereka sih mungkin masih bisa, tapi membangun reputasi agar bisa seperti mereka? Hmm, ane pikir-pikir dulu deh.
     


4. Punya Jaringan Pertemanan Yang Luas

Quote:


Terakhir ini mungkin sudah terlalu lumrah di dengar oleh banyak orang. Keuntungan paling hakiki dari berkomunitas ya tentu aja punya banyak temen yang bisa diandelin. 

Dulu cuman segelintir orang aja yang ane kenal sewaktu masih aktif di komunitas. Untungnya sampai sekarang ane masih tetap komunikasi dengan mereka walaupun sudah gak terdaftar lagi sebagai anggota. Dan dibeberapa kesempatan gak jarang ane sering meminta bantuan ke mereka juga kalau ada butuh bantuan terkait project yang ane kerjakan.

Kalau sekarang sih enak, tinggal buka sosmed terus teriak teriak di forum atau grup dapat deh bala bantuan. Jaman ane dulu boro-boro buka WhatsApp, yang ada mah via telepon dan sms doang. Ngandelin facebook juga harus konek internet ke PC dolo, dan itu belum tentu pulak yang dihubungin ada waktu buat buka-buka notifikasi dari kita.     

***

Yah, gitu lah kira-kira pengalaman pribadi ane sewaktu masih muda dan aktif sebagai anggota komunitas Jepang. Semoga ada manfaat dan bisa jadi pelajaran buat teman-teman. Buat kalian yang masih muda yuk berkomunitas sekarang!  



Sumber Tulisan

Pengalaman TS


Sumber Gambar

Google | Pinterest | Youtube | Wikipedia


Diubah oleh ariesurya1988 27-09-2019 17:40
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 6 lainnya memberi reputasi
7
566
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan