carolpowerAvatar border
TS
carolpower
Sering Insomnia? Ikuti 5 Cara Ini, Dijamin Cepat Tidur!
Do you ever have trouble sleeping? 

Kayaknya aku tuh seminggu sekali ada deh struggle sama tidur. Susah tidur, sering kebangun malem, atau kurang tidur. Normalnya orang dewasa kaya aku butuh tidur setidaknya 6  jam sehari. 

Tapi ya gimana, kadang tugas kuliah masih numpuk, deadline kumpulin tugas cuma beberapa hari. Makin jadi deh kualitas tidur aku buruk — dan yang aku  alamin kalo susah tidur itu biasanya kurang fokus, pikiran bercabang, murung, moody dan stress.

Untungnya sih aku udah tau cara mengatasi insomnia ini tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan. Cara-cara ini aku dapetin dari beberapa artikel kesehatan di internet dan dari pengalaman-pengalaman orang terdekat. Mau tau apa aja? Berikut ulasannya.

1. Ketika lelah, pergilah tidur
Spoiler for :

Jangan memaksakan diri untuk tetap terbangun ketika badan mulai terasa sangat lelah dan mata mulai lengket. Itu adalah tanda dari tubuh yang meminta untuk diistirahatkan di tempat tidur. Pastikan kita tidak membawa smartphone saat hendak tidur. Percayalah, membawa smartphone ke tempat tidur bisa membuat kita malah semakin sulit tertidur. Karena fokus kita pasti terpecah dengan smartphone.


2. Rutin berolahraga
Spoiler for :

Hei para penderita insomnia! Coba ingat-ingat kapan terakhir kali kalian berolahraga? Pasti lama sekali tidak membawa badan bergerak untuk berolahraga, kan? Hehehe. Dengan rutin berolahraga, tubuh kita bisa lebih sehat dan peredaran darah pun lancar. Dengan kondisi seperti ini, kita akan mudah tertidur karena tubuh dalam keadaan lelah. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat-berat, cukup jogging berkeliling komplek selama satu jam saja sudah cukup.


3. Hindari makan banyak saat malam hari
Spoiler for :

Bagi yang suka makan malam dalam jumlah banyak, lebih baik mulai mengubah kebiasaan tersebut. Karena makan terlalu banyak malam hari bisa membuat perut kita terasa begah, pencernaan jadi lambat dan kemungkinan untuk tidur sangatlah rendah.

4. Matikan lampu
Spoiler for :

Tidur dalam kondisi gelap ternyata bisa memberikan kualitas yang baik saat tidur, loh! Cahaya sekecil apapun bisa menstimulasi otak kita dan menimbulkan pikiran bahwa ini bukan saatnya tidur.


5. Konsumsi madu
Spoiler for :

Madu mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia, salah satunya adalah tryptophan, yaitu hormon yang membantu kita untuk rileks dan memberi tubuh sebuah sinyal bahwa “sekarang saatnya tidur”.

***

Ini adalah cara yang aku terapin untuk diri sendiri. Karena keseringan update di IG story soal masalah tidur, banyak banget temen yang nyaranin dan kasih masukan. Ada yang nyaranin minum secangkir susu hangat ditambah satu sendok teh madu asli. Ada juga yang bilang, “Cuy, coba deh minum madu dua sendok teh, sebelum tidur.”. Beberapa juga ada yang saranin, minum teh manis madu. Semua orang nyaranin minum madu! Jadi penasaran kan kenapa madu? 7 dari 10 nyaranin konsumsi madu sebelum tidur. Madu kan yang aku tau cuma buat toping buat makan pancake atau campuran makanan. Tapi ternyata ada manfaat lain dari madu ya. 
Spoiler for :

No wonder sih, minuman ini disarankan karena madu dikenal sebagai makanan ajaib yang memiliki manfaat kesehatan yang mengejutkan waktu dikonsumsi sebelum tidur, apalagi yang punya masalah tidur kaya aku. 

Besoknya waktu ke supermarket langsung titip beli madu sama nyokap. Nyokap langsung beliin madu TJ Murni. Katanya Madu TJ Murni itu bagus untuk menjaga stamina. Aku coba deh saran dari netizen tercinta untuk mengkonsumsi dua sendok teh Madu TJ Murni sebelum tidur selama seminggu. AND MAGIC HAPPEN! Seminggu itu ritme tidur aku perlahan normal. Efeknya emang nggak sekali minum langsung bisa tidur pules juga sih gengs. Yang aku rasain sebelum tidur itu setelah minum madu, aku mulai relax dan nggak harus ngitung domba sampe ribuan, tiba-tiba tidur aja. Bangun seger banget. Gara-gara itu aku sekarang jadi kebiasaan minum madu dibarengi teh hangat.

Satu tips buat kalian nih. Sebelum beli madu, biasakan untuk selalu mengecek label komposisi, ya. Supaya kita tahu apa saja sih kandungan dari madu tersebut. Jadi, kita tidak akan sampai salah membeli madu campuran bahan lain. Pastikan juga madu yang kalian beli sudah terdaftar di BPOM, dapat sertifikasi halal dari MUI, dan sudah SNI seperti Madu TJ Murni.

***

Madu TJ murni dan teh itu sleep dream team-nya aku. Kalau kamu? What is your sleep dream team??


Diubah oleh carolpower 27-09-2019 09:02
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 10 lainnya memberi reputasi
9
2.6K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan