Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indriketarenAvatar border
TS
indriketaren
12 Makanan Dan Masakan Pada Masyarakat Suku Karo Sumatera Utara, Tanah Karo Simalem!


Hallo semua agan dan sista......!!!!!!!!!
Kembali lagi di thread ini, saya ingin membagi sedikit cerita atau bercerita tentunya masih dari daerah Sumatera Utara yaitu Suku Karo.

Nah, Kali ini saya akan membahas dan membagikan informasi tentang beberapa makanan khas karo yang saya ketahui.....

Okay,,,,,,,,, langsung saja kita mulai yuk gan sist.......!!!!!!!! Setidaknya menambah wawasan kita semua informasi ini........

Berikut saya rangkum beberapa masakan khas masyarakat khas suku karo yang ada di daerah Sumatera Utara :

1. Arsik Ikan Mas

Masakan ini membutuhkan waktu hingga berjam-jam untuk membuatnya. Hal tersebut supaya bumbu-bumbu seluruhnya meresap ke dalam daging ikan. Jenis ikan yang di gunakan yaitu ikan Mas. Namun dapat juga di ganti dengan ikan lain sesuai dengan selera. Rasa dari masakan ini yaitu asin, asam dan juga pedas.

2. Babi Panggang Karo

Nama masakan ini biasa di singkat dengan BPK. Kalau yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Saking populernya, makanan ini dijual di beberapa restoran khas karo yang tersebar di Indonesia. Makanan ini sudah menjadi ikon Sumatera Utara. Belum lengkap rasanya mengunjungi Tanah Karo kalau belum menicipi makanan khas yang satu ini.

3. Lomok-Lomok

Lomok-Lomok adalah daging B2 yang di masak dengan darahnya dan rempah-rempah lainnya seperti kunyit, kemiri, santan dan bumbu lainnya.

4. Terites

Terites merupakan makanan khas karo yang sangat unik. Di jamin tidak akan di temukan di daerah lainnya. Makanan ini terbuat dari rumput-rumputan yang ada di dalam usus sapi, kerbau atau kambing. Rumput ini bukan yang berasal dari usus besar sapi, sehingga bukanlah rumput yang akan di jadikan kotoran. Melainkan rumput yang berasal dari kantong penyimpanan atau khusus sapi. Rumput tersebut kemudian di masak bersama bumbu-bumbu dan jeroan sapi lainnya.

5. Cipera

Cipera adalah tepung jagung yang terbuat dari jagung tua yang di gongseng kemudian dihaluskan dan digiling. Masakan ini sejenis dengan gulai ayam yang sangat kental karena telah diberi cipera.

6. Manuk Getah

Makanan ini juga terbuat dari daging ayam kampung. Makanan ini merupakan makanan berkuah yang terbuat dari bumbu khas karo. Namun uniknya kuah tersebut berbahan dasar darah ayam.

7. Kidu-Kidu

Makanan yang satu ini juga termasuk makanan extrem khas karo. Ulat sagu yang digunakan yaitu yang berasal dari bagian dalam pohon aren yang sudah mati. Sebenarnya ulat sagu merupakan larva dari kumbang berkepala merah.

8. Cimpa Unung-Unung

Makanan yang satu ini sangat unik karena merupakan makanan peninggalan turun temurun yang hingga saat ini masih di lestarikan oleh orang karo. Makanan ini terbuat dari adonan beras ketan yang kemudian di isi dengan campuran antara kelapa parut dan gula aren atau gula merah.

9. Cincang Bohan

Makanan yang satu ini biasanya di sajikan bersama dengan nasi dan ikan teri. Proses pembuatan cincang bohan yang menarik ini membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya.

10. Tasak Telu

Tasak Telu memiliki arti Tiga Masakan. Bukan berarti makanan ini terdiri dari 3 masakan yang berbeda, namun ada 3 elemen masakan dalam satu hidangan.

11. Pagit-Pagit

Jenis masakan yang satu ini mirip dengan terites. Bahan utamanya yaitu rumput yang ada di lambung sapi. Setelah rumput di keluarkan dari lambung sapi, maka rumput tersebut di peras hingga beberapa kali. Kemudian air perasannya di masak untuk di jadikan kaldu.

12. Cimpa Jagung (Labar)

Makanan ini biasa di sebut dengan "jong labar". Jong dalam bahasa indonesia berarti "jagung". Jong Labar terbuat dari campuran tepung dan jagung yang di tumbuk halus dan di balut dengan daun pisang dan di kukus hingga matang.

13. Lemang

Lemang dalam bahasa karo di sebut "rires". Lemang yaitu makanan yang terbuat dari beras ketan atau beras pulut yang di masak dalam bambu. Lemang memiliki rasa unik karena proses pembuatan lemang yang di bakar di dalam bambu sehingga menciptakan rasa yang unik dan khas. Kunci pembuatan lemang ada pada bambu yang digunakan, karena bambu mempengaruhi lamanya kematangan dan rasa dari lemang.


Nah, itu lah dia 12 makanan khas suku karo, beberapa dari masakan di atas mungkin ada yang jarang sudah di masak pada masyarakat karo, namun ada juga yang masih sering di lakukan jika ada acara-acara tertentu.

Semoga informasi thread ini bisa membantu menambah pengetahuan bagi kita semua ya gan sist.......
Jika ada yang belum di sebutkan, atau jika ada yang salah informasi silahkan tambahkan di kolom komentar atau qoute post di bawah thread ini. Terimakasih dan sampai jumpa pada thread berikutnya. Salam bye dan Mejuah juah.........!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Jangan lupa untuk mampir di thread saya yang lainnya ya gan sist............. mana tahu ada informasi yang dapat membantu gan sist semua di dalam thread-thread lainnya yang saya buat. Nice to you...............................................
=================================
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
jahotma
swiitdebby
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan