solehikhsanudinAvatar border
TS
solehikhsanudin
Tips Singkat Memilih Kendaraan Roda Dua Bagi Keluarga Kecil (Keperluan Rumah Tangga)


Assalamu’alaikum, selamat pagi/siang/sore/malam, para Kaskuser sekalian dimana pun berada!
Ketemu lagi dengan ane, “solehikhsanudin”.
Kali ini dalam rangka turut meramaikan event Kaskus Kreator yang bertajuk “Free Writing Month”.

Yup, langsung saja gan/sis, kali ini ane mau share tips sederhana mengenai tipikal kendaraan roda dua yang cocok dikendarai oleh model keluarga kecil.
Beberapa hal simpel yang perlu dipertimbangkan, di antaranya terkait kemudahan penggunaan dan kesesuaian bentuk.
Cekidot gan…

KEMUDAHAN PENGGUNAAN

Kemudahan penggunaan sebuah kendaraan roda dua banyak dipengaruhi oleh fungsi dari kendaraan itu sendiri gan. Dalam hal ini, konteks keluarga kecil yang ane maksud lebih mengarah kepada keluarga kecil dengan anak 1 atau 2 yang relatif masih kecil. Oleh karena itu, secara praktis, fungsi kendaraan roda dua yang digunakan tidak mengarah untuk mobilitas pekerjaan, tapi lebih untuk mengantar anak sekolah ataupun keperluan belanja dalam jarak relatif dekat.
Dalam konteks ini, ane lebih memilih kendaraan roda dua bertransmisi automatic (matik) menyangkut kemudahan penggunaan. Hal ini lebih didasarkan pada frekuensi penggunaan yang lebih banyak digunakan oleh istri untuk keperluan perempuan sehingga lebih mudah dalam fungsi untuk mengantar anak ke sekolah atau belanja ke pasar terdekat. Selain itu, tipe kendaraan roda dua bertransmisi matik menurut ane juga lebih mudah dipergunakan untuk mengajari anak mengendarai motor ketika sudah beranjak dewasa.
Di luar itu, tipe motor bebek juga masih kompatibel disesuaikan dengan faktor kemudahan penggunaan untuk fungsi ini. Transmisinya mudah digunakan oleh istri atau untuk fungsi perjalanan jarak dekat. Tapi kalau pilihan antara keduanya, ane lebih memilih matik.

KESESUAIAN BENTUK

Untuk faktor ini, lagi-lagi ane lebih menyarankan tipe kendaraan roda dua bertransmisi matik. Hal ini disebabkan oleh bentuk motor matik kekinian yang pada umumnya mengadopsi bentuk semacam vespa. Maksud ane, rangka depan untuk pijakan kaki tidak melebar berada di pinggir (samping), namun lokasi pijakan kaki bisa ditempatkan persis lurus di bawah.
Bentuk kendaraan roda dua semacam ini menurut ane sesuai untuk kebutuhan kerumahtanggaan, khususnya dalam fungsi membonceng anak.
Selain itu, posisi “menaruh” anak kecil dengan posisi relatif berdiri di depan pengemudi juga lebih aman (safety) dibanding tipe motor bebek sebelumnya, sementara untuk anak yang lebih besar dapat berada di jok belakang dengan posisi memeluk pengendara hehehe.

LAIN-LAIN

Beberapa hal lainnya yang juga perlu turut dipertimbangkan, meskipun hal-hal ini lebih bersifat umum, di antaranya seperti efisiensi bahan bakar, fitur aksesoris terkini, kekuatan rangka termasuk elemen-elemennya, dll.

Spoiler for Ilustrasi:


Demikian tips singkat ane dalam memilih kendaraan roda dua yang lebih diarahkan untuk keperluan kerumahtanggan, meskipun dalam faktor tertentu juga masih relatif kompatibel untuk keperluan kerja dan lain-lainnya.
Semoga dapat sedikit menambah wawasan bagi para Kaskuser sekalian, dan mohon dimaafkan apabila terdapat kesalahan.
Wassalam!!!

Sumber :
Narasi : pemikiran pribadi.
Ilustrasi : foto pribadi.
azidqi
swiitdebby
swiitdebby dan azidqi memberi reputasi
2
421
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan