Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

whyyoubannedmeAvatar border
TS
whyyoubannedme
Phobia Jomblo Disebut Anuptaphobia
Perlu agan pahami dulu judul thread ini, yang dimaksud phobia jomblo ini bukan berarti anda takut sama orang jomblo atau takut ketika berada bersama dengan orang jomblo.

Justru yang dimaksud phobia jomblo ini adalah orang yang punya rasa takut berlebihan untuk menjadi jomblo. Wah repot juga yah kalau kaya gini, masih mending kalau laku, tapi kalau gak laku kan bisa menyiksa juga.

Tapi emang menyedihkan sih kalau menyandang status jombol, bagi sebagian masarakat Indonesia tentunya, kalau ane mh enngak.


Cuma jadi jomblo itu suka dianggap nelangsa, kesepian dan enggak bahagia karena gak punya pacar. Banyak banget seorang jomblo yang selalu dicap negatif oleh orang-orang disekitarnya. Sebenarnya sih bukan negatif, cuma sering diejek pas malam minggu. Makanya banyak yang menjadi jomblo mulai resah sehingga mereka memaksakan diri untuk punya pacar, mau cinta atau enggak yang penting punya pacar dulu. Nah, dari hal inilah yang akhirnya akan membuat seseorang mengalami fenomena rasa takut jadi jomblo atau bahasa lainnya singlism.

Para pakar psikologi juga sudah melakukan penelitian yang menyatakan kalau seorang jomblo itu menjadi sebuah momok yang menakutkan sebab mereka mulai merasa khawatir, cemas dan bahkan menjadi sulit untuk hidup karena tidak memiliki pasangan.

Tapi perasaan cemas dan khawatir ini bukan hanya terjadi pada mereka yang jomblo, tapi bisa juga terjadi pada mereka yang sudah pacar gan. Akibatnya, banyak yang jadi bucin, atau memaksa tetap bertahan dalam satu hubungan yang sebenarnya sudah tidak bahagia buatnya. Sederhananya itu gini : Harusnya ya putus karena sudah gak sejalan, karena mengalami singlism akhirnya memilih bertahan walau menyiksa.

Aduh parah banget,....

Nah, kalau tadi kan singlism yang artinya hanya sebuah fenoma seseorang yang merasa takut jadi jomblo. Tapi phobia jomblo itu sendiri disebut anuptaphobia gan.

Anda takut jadi jomblo adalah pertanda anda terkena anuptaphobia


 


Anuptaphobia ini adalah kondisi seseorang yang sangat tidak mau menjadi jomblo karena merasa takut berlebihan menjadi jomblo. Sering dianggap sebagai lawan dari gamophobia yang merupakan phobia takut menikah gan.

Faktor yang menyebabkan anda terkena anuptaphobia adalah rasa takut kesepian yang mungkin awalnya terkadi oleh pengalaman traumatis dimasa lalu.

Mendapat sebuah trauma fisik, emosional, atau psikologis di masa lalu bisa membuat anda menjadi punya keyakinan yang menyatakan bahwa kebahagiaan hanya bisa didapat dengan cara punya pasangan.

Makanya orang yang terkena anuptaphobia ini dipikirannya itu selalu ada tentang cinta, pernikahan, dan sering mengkhayal membayangkan hidupnya yang bahagia bersama pasangannya.

Jadi jomblo itu bukan masalah gan !



Ketakutan menjadi jomblo hanya akan membuat seseorang terus mempertahankan hubungan yang tidak sehat dengan pasangannya. Jelas ini akan membuat orang tersebut tidak bahagia.
Padahal, ini hanya sebuah status saja yang memang kalau kenyataannya dia udah nggak bisa buat anda bahagia, maka putuskan saja, jangan dipertahankan gan.

Hidup sendiri dulu tanpa pasangan itu masih banyak hal positifnya gan, kalau memang menjadi jomblo adalah pilihan terbaik untuk terlepas dari jerat mantan pasangan anda dulu yang tidak membuat anda bahagia.

Dengan menjadi jomblo maka anda akan punya banyak waktu dan kebebasan untuk bersosialisasi dengan orang sekitar, orang tua, dan tentunya anda bisa memulai mencari pasangan baru dengan santai tanpa harus terburu-buru. Gak usah terburu-buru cari pasangan gan. Mending disebut pemilih aja, karena pasangan yang terbaik buat agan memang gak mudah dapatnya dan tentunya dari banyaknya pilihan terbaik agan.

Bukannya pemilih, hanya saja anda itu belajar dari kesalahan masa lalu supaya gak salah pilih lagi.


Spoiler for referensi:




kruingputih3
Vagabond008
delia.adel
delia.adel dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.7K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan