Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

airell.718Avatar border
TS
airell.718
ibukota pindah ke kaltim, bagaimana nasib Jakarta?


Perpindahan Ibukota nampaknya masih menjadi topik perbincangan yang hangat di masyarakat. Walaupun rencana perpindahan ini bukan dilakukan secara mendadak. Karena, dari 4 (empat) tahun yang lalu Kalimantan Timur sudah tercetuskan sebagai Ibukota yang baru.

Namun, hal itu tidak akan lepas dari pro da kontra. Ya, banyak sebagian masyarakat yang setuju dan banyak juga sebagian yang menolak atau tidak setuju atas keputusan ini.

Hal ini dapat GanSis ketahui di sosmed. Banyak warganet yang galau atas pemindahan ibukota ini. Bahkan hal tersebut mengakibatkan trending topic dengan hashtag "Ibu Kota Baru" yang ramai diperbincangan oleh warga twitter. Bahkan, munculnya meme meme lucu atas pemindahan kota ini.

Alasan dijadikannya Kalimantan sebagai ibukota dibandingkan Jawa menurut Kompas.com sebagai berikut.
Quote:

Sedangkan, berdasarkan CNBC Indonesia sebagai berikut.
Quote:


Jika dilihat dari berbagai alasan yang sudah tertera di atas, Kalimantan memang cocok dijadikan ibukota menurut ane pribadi. Namun, tetap saja harus mempunyai pertimbangan yang matang. Karena, pasti juga mengakibatkan keuntungan dan kerugian.

Mengingat proses pemindahannya tidak sebentar dilakukan dan memerlukan jangka yang cukup panjang. Dan apabila telah didata, nanti akan diketahui sendiri mana ibukota negara yang cocok. Bahkan, para pengamat juga menyuarakan opini mereka masing-masing atas perlakuan ini.

image source: mediaindonesia.com


Pemindahan ibukota bisa dilihat dari segala aspek. Seperti pembangunan infrastruktur, wilayah pemerintahan, dan masih banyak lagi. Dan salah satu yang ane fokuskan adalah nasib para pelancong dari berbagai macam daerah, pengamen, penjual koran, penjual nasi uduk, penjual asongan, dan segala macamnya. Karena, pemikiran mereka dominan pasti mikir ibukota pindah, bakal sepi jajanan dan sumber keuangan.

Sehingga hal tersebut mengakibatkan berkurangnya penghasilan atau pendapatan yang mereka dapatkan. Jadi, faktor ekonomi tetap menjadi permasalahan atas tindakan ini. Bahkan yang ane takutkan adalah justru memperburuk jumlah kemiskinan di negara ini.

Tapi walaupun ibukota pindah, ane yakin kalo Jakarta tetep jadi Jakarta dengan segala macam kesibukannya. Seperti kemacetan, polusi udara, dan lain-lain.

Pindah ibukota bukan berarti pindah pusat ekonomi. Kita simak aja NY dan WDC.
New York lebih terkenal ketimbang Washington DC karena new York pusat perekonomian, sedangkan Washington DC pusat pemerintahan.

Source: opini TS
Quotes Source
4 Alasan Mengapa Ibu Kota Indonesia Harus Keluar dari Pulau Jawa
Ini 5 Alasan Jokowi Pilih Kaltim Jadi Ibu Kota Baru RI
Diubah oleh airell.718 09-09-2019 06:35
darmawati040
taehyung711
indriketaren
indriketaren dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan