msa0404Avatar border
TS
msa0404
Karya Mural di Truk Ini Diperkirakan Terlelang Seharga Rp 28 Miliar!

Emang bener sih Gan kalau seni itu adalah soal selera dan juga perspektif, nggak ada yang jelek sih menurut ane. Kalau misalkan kalian nggak melihat sesuatu yang indah dari karya seni tersebut, ya mungkin emang kalian memiliki sudut pandang yang beda aja dengan si empunya sehingga kurang bisa menikmati karya tersebut. Dan sebuah karya seni pun bisa memiliki nilai harga yang tinggi. Tapi biasanya  tergantung siapa senimannya atau arti di balik karya tersebut.



Misalnya aja seperti Banksy, seorang seniman mural asal Inggris. Bisa dibilang jika seniman ini merupakan salah satu orang yang masuk dalam kategori tersebut Gan. Karena setiap karyanya selalu diburu, juga diminati dengan harga yang tinggi.

Banksy merupakan sosok seniman jalanan yang dikenal sering menggambar di tempat-tempat yang nggak terduga (karena hanya ia yang tahu). Dalam setiap karyanya pun ia selalu mengangkat isu-isu sosial tertentu yang selalu menarik perhatian siapapun yang melihatnya.


Nah baru-baru ini, salah satu karyanya dilelang di rumah lelang Bonhams, Inggris. Karya ini dianggap sebagai salah satu karya terbesarnya karena dibuat pada sebuah truk Volvo FL6 yang berbobot 17 ton. Seni mural di atas truk ini merupakan hasil karyanya yang berusia lebih dari satu dekade silam dan ia namai dengan Turbo Zone Truck. Namun pada judul tersebut, Banksy juga membubuhkan frasa Laugh Now But One Day We’ll Be Charge, sebuah frasa yang kabarnya juga pernah ia gunakan dalam judul karyanya yang sangat ikonik pada tahun 2002 silam.


Dalam pembuatan mural di atas truk ini, Banksy kabarnya diberi mandat langsung oleh si empunya untuk menggunakan truk ini sebagai kanvas, yaitu oleh Mojo yang merupakan co-founder dari salah satu grup touring performers yang dikenal sebagai Turbo International Circus. 

Banksy pun melukis truk tersebut dalam waktu kurang lebih dua minggu, sebelum akhirnya kendaraan tersebut digunakan untuk tour selama bertahun-tahun mengelilingi Eropa dan Amerika Serikat. Dan kini karya seni dari Banksy yang ia buat di atas truk ini dijual dalam sebuah rumah lelang Gan.

Mungkin pada saat truk tersebut dilukis masih banyak orang yang awam dengan karya-karya Banksy. Meskipun demikian, ia sudah menggunakan ciri khas dari karya-karyanya Gan. Yaitu selalu menggunakan tokoh kera, polisi, juga tema-tema anarki dan isu perubahan sosial.


Kalau soal harga jangan ditanya deh. Karya yang berusia lebih dari satu dekade ini kabarnya diperkirakan akan terjual dengan harga lelang mencapai 2 juta dolar AS atau kira-kira sekitar Rp 28,3 miliar! Wow, cukup fantastis ya Gan!

 

Harga tersebut cukup mahal nih buat ane yang biasanya cuma lihat gambar-gambar nyeleneh di pantat truk, yang biasanya bertuliskan “Ada uang Abang sayang, gak ada uang Abang ditendang” dan lain sebagainya. Mungkin karya seni Banksy emang punya makna tersendiri ya Gan bagi para penikmatnya. Nggak heran kalau harganya juga mahal. Hmmm, kalau menurut Agan Sista gimana nih?



B6377trs
B6377trs memberi reputasi
1
4.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan