Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khodijahsiti92Avatar border
TS
khodijahsiti92
Kebaya Anggun, Indah dan Berwibawa
Keistimewaan Kebaya

Oleh: Siti Khodijah

Hai GanSist berjumpa lagi dalam thread saya tentang kebaya. Khususnya kaum hawa pasti sudah ga asing lagi dengan pakaian satu ini. Kebaya dalam fungsinya sering dipakai untuk momen-momen  sakral seperti acara pernikahan, wisuda, dan lain-lain. Adapun jenis ataupun bentuk serta warnanya bervariasi dan unik.

Nah dalam thread ini akan saya ulas keindahan dan keistimewaan kebaya dalam berbagai moment dan bentuk. Yukh GanSist simak baik-baik ya.

Ada 2 jenis kebaya yang paling saya suka karena keistimewaannya yaitu:

1. Kebaya tradisional
Kebaya tradisional merupakan kebaya yang sudah dipakai leluhur kita ratusan tahun silam. Jenis kebaya tradisional memiliki ciri diantaranya memiliki kerah bentuk V dengan kain tipis bagian luar yang dipadukan dengan bagian dalamnya. Sedangkan kebaya untuk kalangan ningrat seperti R.A Kartini memiliki lipatan dibagian dada. Model kebaya tradisional biasanya panjang sampai menutupi panggul serta kerah dengan bentuk garis vertikal.

Sumber: kebayamuslimpengantin.blogspot.com

Jenis kebaya tradisional yang paling saya suka. Apa sih istimewanya kebaya ini? pasti GanSist penasarankan. disamping modelnya simpel juga karena elegan sehingga enak dan nyaman dikenakan tidak kalah dengan kebaya modern masa kini. Biasanya kebaya tradisional dipakai masyarakat untuk upacara adat daerah atau moment penting dalam keraton serta moment lainnya yang dianggap wajib mengenakan pakaian ini.

2. Kebaya modern
Kebaya modern memiliki bentuk variasi model lebih banyak sehingga menambah elegan, anggun dan dinamis. Adapun bentuk model kebaya modern biasanya dihiasi dengan bordir brokat dan pola bunga. Ciri khas dari kebaya modern juga dapat terlihat dari kesan simple, penuh permainan warna, dan bebas berkreasi. Salah satu contoh kebaya modern adalah kebaya encim dan kebaya kutu baru.

Kebaya encim merupakan jenis kebaya perpaduan antara baju shanghai khas cina dan kebaya melayu. Kebaya encim memiliki model kerah berbentuk V dan berhiaskan bordiran sampai bawah.

Sumber: Fasnina.com

Berikutnya adalah kebaya kutu baru modern dimana kebaya ini sama seperti kebaya pada umumnya hanya saja yang membedakan terletak pada tambahan kain di bagian tengah. Kain tersebut menghubungkan sisi kiri serta sisi kanan pada bagian dada dan perut. Meskipun bentuknya mirip kebaya tradisional namun kebaya kutu baru lebih memiliki banyak warna variatif mengikuti trend masa kini.

Keistimewaan kebaya ini bisa dipakai berbagai acara formal maupun nonformal karena elegan, dan modis. Oleh karena itu kita harus melestarikan kebaya Indonesia.

Sumber: bukalapak.com

Berikut ini model kebaya modern

Sumber: Fasnina.com

Sumber: fasnina.com

Sumber: kebayaterbaru2019.blogspot.com

Nah itu model-model kebaya modern semoga bisa menginspirasi GanSist.
ceuhetty
indahmami
tata604
tata604 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan