KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
7 Oleh-oleh Khas Makassar yang Harus Agan Tau
Apa kareba Makassar?


Foto: getlostmagz.com

Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini selalu punya daya tarik untuk dikunjungi wisatawan. Selain pesona Pantai Losari, nggak jauh dari Makassar juga ada Toraja dengan keunikan budayanya. Nggak ketinggalan wisata kulinernya, sebut aja Coto Makassar, Es Pisang Ijo, dan Pisang Epe yang banyak dijual di sekitar Pantai Losari.

Jalan-jalan ke Makassar, nggak lengkap rasanya kalau nggak beli oleh-oleh buat orang di rumah, temen-temen atau bahkan buat diri sendiri Gan.

emoticon-Jempol

Buat Agan yang bingung kira-kira enaknya beli apa ya buat oleh-oleh dari Makassar, nih Ane kasih 7 rekomendasi oleh-oleh khas Makassar yang bisa jadi pertimbangan.

1. Minyak Tawon



Foto: tokoina.com

Siapa yang nggak tau Minyak Gosok Cap Tawon alias Minyak Tawon? Bisa dibilang ini adalah salah satu oleh-oleh khas Makassar yang paling banyak diburu wisatawan. Meski botolnya simpel dan nggak berubah dari jama dulu, tapi khasiatnya banyak banget loh. Mulai dari mengobati gigitan serangga, sakit gigi, pegal-pegal, urat keseleo dan masih banyak lagi. Meski namanya Minyak Tawon, tapi bahan dasarnya bukan tawon, tapi minyak kelapa, minyak kayu putih, cengkeh dan rempah lainnya. Ada 2 jenis Minyak Tawon yakni tutup merah dan tutup putih. Eits jangan sampai ketipu beli yang palsu ya Gan.

2. Kain Tenun Sengkang


Foto: tempo.co

Setiap daerah di Indonesia hampir pasti punya kain khas ya Gan, begitu juga Makassar yang punya kain tenun Makassar. Biasa juga disebut kain tenun Sengkang atau kain tenun Bugis. Coraknya khas dengan warna beragam. Ada perpaduan putih-biru, hijau-kuning-merah dan ada juga yang warnanya ungu merah. Kebanyakan sih warna-warna cerah gitu Gan. Bahannya juga macam-macam, mulai dari bahan katun sampai sutera. Harganya mulau dari Rp 35-200 ribu per meternya ya Gan.

3. Sirup DHT


Foto: hellomakassar.com

Salah satu sirup lokal ini masih jadi primadona di Makassar gan. Warnanya merah dan seger banget apalagi buat buka puasa. Namanya Syropp Sari Buah DHT atau biasa dikenal dengan sirup DHT yang merupakan kependekan dari "Dari Hasil Tangan" alias handmade. Sirup yang udah legenda ini biasanya jadi tambahan di es pisang ijo, es pallu butung dan juga es buah. Ukurannya ada yang 620 ml serta 2 liter dan 5 liter.

4. Selai Kaya


Foto: makassarkuliner.com

Salah satu selai kaya yang udah melegenda dari tahun '80-an adalah Selai Kaya Asli Ujung Pandang Produksi Sumber Timur gan. Bahan utama pembuatannya adalah kelapa, gula putih dan telur. Varian kemasannya pun banyak, sesuai kantong banget deh. Cara makannya bisa dicampur roti dan mentega, rasanya enak banget deh. Cocok buat menu sarapan di rumah atau di kosan.

5. Kopi Toraja


Foto: torajaparadise.com

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa untuk sekalian mampir ke Tana Toraja Gan. Pencinta kopi nggak boleh kelewatan buat beli kopi Toraja yang terkenal banget ini. Bisa dibilang ini oleh-oleh favorit deh. Saking terkenalnya, kalo Agan lagi jalan-jalan ke luar negeri terus ke coffee shop, banyak loh yang jual Toraja Arabican Coffee. Rasa kopinya dan aromanya itu khas banget. Ada 3 jenis kopi Toraja yang dijual di pasaran yaitu Arabica, Robusta atau campuran keduanya Gan.

6. Kerajinan Tangan Toraja


Foto: wego.co.id

Di Toraja, Agan juga bisa beli beragam oleh-oleh kerajinan tangan khas buat kenang-kenangan liburan Agan. Beragam pernak pernik mulai dari gelang, minatur rumah adat Toraja (Tongkonan) atau boneka kayu tau-tau yang diukir. Harganya mulai dari Rp 35ribuan ukuran kecil sesuai dengan tingkat kesulitannya. Pernak pernik murah meriah kayak gantungan kunci juga bisa jadi oleh-oleh yang memorable Gan.

7. Camilan khas Makassar


Foto: IndonesiaKaya.com

Ternyata banyak loh camilan lokal khas yang bisa dibawa pulang jadi oleh-oleh. Sebut aja Abon Raos, kue kurma, kacang sembunyi dan kerupuk jintan. Tapi yang paling sering dicari adalah Baruasa, kue kering berbahan dasar tepung beras, Bagea, kue kering dari sagu serta Kacang Disko yakni kacang rempah yang khas banget. Tinggal beli beberapa pak, bisa dinimati sambil santai sore di rumah atau jadi oleh-oleh buat temen-temen kantor.

Nggak bingung lagi kan kalau mau beli oleh-oleh dari Makassar?
PS: Jangan lupa beliin buat Ane juga ya Gan!

emoticon-Om Telolet Om!

Dihimpun dari berbagai sumur
0
7K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan