Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Pindah ke Kalimantan Timur, Ibu Kota RI Disebut Ada di Pusar Semar


 Pemindahan ibu kota Republik Indonesia ke Kalimantan Timur masih menjadi perbincangan hangat di media sosial.
Dari laman Facebook, muncul temuan yang menyatakan bahwa lokasi ibu kota baru ada di pusar tokoh pewayangan Jawa sekaligus anggota Punakawan, Semar.

Pendapat tersebut dibagikan oleh akun Facebook Hartono Rukiman. Dalam narasi yang dituliskan, pemindahan ibu kota mengingatkannya dengan Semar.
"Pusar Semar. Sedang ramai-ramainya perbincangan pemindahan ibu kota RI ke Pulau Kalimantan. Saya malah terbesit sosok Semar saat membayangkan Pulau Kalimantan," tulis Hartono Rakiman, Selasa (27/8/2019).
Pengunggah kemudian membagikan gambar Semar yang tengah mengarahkan jari telunjuk ke arah bawah, dekat dengan perutnya yang tambun.

Ia kemudian menerjemahkan gerak tubuh tokoh Punakawan yang dikenal memiliki sifat bijaksana itu.
"'Di dini thole, lokasi ibu kota kayangan,' Semar bersabda kepada gareng, petruk dan bagong sambil menunjuk lokasi persis di pusernya sendiri," tulis Hartono Rakiman.
Tokoh pewayangan Semar. (Facebook/Hartono Rakiman)
Bentuk unik dan gerak tubuh Semar inilah yang kemudian disebut mirip dengan Pulau Kalimantan.
Senada dengan hal itu, seperti yang disebutkan akun Chandra Honggoseputro, pemilihan Kalimantan sebagai ibu kota RI sudah berdasarkan filosofi tokoh Semar.
"Semar adalah titisan dewa yg sangat bijaksana dan adil. Dan secara tersirat sosok Semar ini adalah pengejawantahan Bumi sebagai tempat tinggal manusia dan makhluk lainnya. Jadi, pemilihan Kalimantan sebagai ibu kota RI yang baru sudah tepat karena dianggap bisa membawa berkah dan kemajuan bagi bangsa dan negara kita. Seperti halnya sosok Semar ini...," tulisnya.

Diketahui Presiden Jokowi resmi mengumumkan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Presiden pun menyebutkan lokasi ibu kota baru.
"Saya ingin menyampaikan, lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kertanegara," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2019).
Lokasi tersebut dipilih karena lima alasan yakni minim terkena bencana, letaknya di tengah-tengah Indonesia, berdekatan dengan kota berkembang, infrastruktur lengkap dan luas.


https://www.suara.com/news/2019/08/2...i-pusar-semar

DAH ANE DUGA, BENTUKNYA MIRIP SEMAR emoticon-Leh Uga
Diubah oleh nevertalk 27-08-2019 10:39
muhamad.hanif.2
qisatria
ganjabang
ganjabang dan 3 lainnya memberi reputasi
4
6.5K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan