Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shifu356Avatar border
TS
shifu356
Pemindahan Ibu Kota Dinilai Kental Nuansa Politis Daripada Pemerataan Pembangunan

Pengamat Politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah | ISTIMEWA

AKURAT.CO, Presiden RI Joko Widodo memutuskan kawasan Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, [url=https://akuraS E N S O Rindeks?tag=Kalimantan+Timur][color=#f9a01b][b]Kalimantan Timur[/b][/color][/url], sebagai kawasan ibu kota baru Republik Indonesia.

Peneliti komunikasi politik Universitas Telkom, [url=https://akuraS E N S O Rindeks?tag=Dedi+Kurnia+Syah][color=#f9a01b][b]Dedi Kurnia Syah[/b][/color][/url] menilai hal itu harusnya tidak perlu dimunculkan. Meskipun memindahkan ibu kota merupakan hal biasa bagi sebuah negara.

"Tapi dengan kondisi Indonesia yang kepulauan, rasanya tidak ada tempat yang lebih ideal dibanding tempat lain," kata Dedi saat dihubungi AKURAT.CO, Jakarta, Senin (25/8/2019).

Ia juga menilai, ide pemindahan ibu kota lebih kental nuansa politis dibanding upaya pemerataan pembangunan.

Menurutnya, ibu kota boleh di mana saja, tetapi jangkauan kerja pemerintah pusat harus menyentuh daerah-daerah.

"Padahal Jakarta terlihat mapan sebagai ibukota, baik dari sisi administratif dan geografis, juga kondisi zaman yang seharusnya tidak lagi bertumpu pada ibukota secara fisik," ungkapnya.

Menurutnya, jika dalih yang digunakan untuk pindah adalah pemerataan, justru yang perlu diperkuat adalah sistem politik, semisal pemerintah benar-benar menginplementasikan konsep desentralisasi, bahkan mewacanakan negara federal.

Hal itu dinilai lebih masuk akal dibanding memindahkan kantor presiden dari Jakarta ke [url=https://akuraS E N S O Rindeks?tag=Kalimantan+Timur][color=#f9a01b][b]Kalimantan Timur[/b][/color][/url].

"Atau jika ditakutkan karena Jakarta rawan bencana, maka siapa yang menjamin Kaltim tidak ada bencana, apakah akan pindah kembali? Ini yang harusnya dipikirkan," tandasnya.

Kendati demikian, ia berharap ide pemindahan ini dapat dijalankan dengan baik dan benar yang berimbas pada pembangunan yang lebih maju.

"Dan tentunya tidak ada persoalan selama proses pembangunan ibukota baru, pengawasan harus benar-benar ketat," harapnya.[]


Baca Juga:

[url=https://akuraS E N S O Rekonomi/id-738719-read-jokowi-tidak-ingin-membiarkan-beban-jakarta-dan-jawa-semakin-berat][color=#ef4623][b]Jokowi Tidak Ingin Membiarkan Beban Jakarta Dan Jawa Semakin Berat[/b][/color][/url]
[url=https://akuraS E N S O Rekonomi/id-738722-read-dari-sisi-potensi-ekonomi-kaltim-pilihan-tepat-sebagai-ibu-kota][color=#ef4623][b]Dari Sisi Potensi Ekonomi, Kaltim Pilihan Tepat Sebagai Ibu Kota[/b][/color][/url]
[url=https://akuraS E N S O Rekonomi/id-738704-read-pemerintah-sudah-punya-180-ribu-hektare-di-lokasi-ibu-kota-baru][color=#ef4623][b]Pemerintah Sudah Punya 180 Ribu Hektare Di Lokasi Ibu Kota Baru[/b][/color][/url]




[url=https://akuraS E N S O Rnews/id-738713-read-pemindahan-ibu-kota-dinilai-kental-nuansa-politis-daripada-pemerataan-pembangunan]
Sumber[/url]



samsol...
samsol... memberi reputasi
1
2.2K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan