Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mudik Gan? Kenali Apa Itu Thermometer Dan Higrometer Di Mobilmu


[ HT# 500 ]

Tidak terasa sebentar lagi waktunya untuk mudik (mulih disik) bagi mereka yang ingin pulang kampung, dan biasanya dilakukan setahun sekali ini memang hukumnya wajib berkesan dan tentunya kenyamanan dalam kendaraan hingga tiba di rumah wajib hukumnya di persiapkan dengan matang, salah satunya dengan mempersiapkan satu alat di bawah ini.

Perjalanan panjang tentu membutuhkan suhu ruangan yang kondisinya stabil, terutama suhu dalam ruangan mobil yang ber pendingin AC. Ya, dengan adanya AC di dalam mobil membuat perjalanan panjang kita jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Tapi bagaimana jika kondisi AC sudah tidak dalam kondisi fit atau ada gangguan di jalan maka biasanya suhu AC menjadi tidak stabil. Maka dengan sebuah alat yang bernama Thermometer digital akan membantu menginformasikan suhu di dalam ruangan di dalam mobil secara real time dan kemudian kita tinggal menyesuaikan level kedinginan AC mobil kita.





Ide thread ini berawal ketika MID (multi information display) saya tidak memiliki informasi tentang suhu ruangan di dalam mobil saya sendiri. Maka jalan satu-satunya adalah dengan membeli thermometer secara terpisah.

Mengapa thermometer begitu penting di tempatkan di dalam mobil, ya karena menurut saya ini penting untuk menjaga kualitas suhu agar tetap terjaga, dan terpenting lagi untuk mengetahui gejala kerusakan pada komponen AC. Meski alat ini kecil tapi sangat berguna selama di perjalanan untuk menjaga suhu di dalam kendaraan tetap stabil dan nyaman.

Di pasaran ada dua macam thermoter digital yang beredar, menggunakan kabel yang memiliki sensor dan hanya unit thermometernya saja, cara kerja keduanya sama saja, namun kenapa ada yang menggunakan kabel mungkin pembaca di sini nanti bisa menambahkan kelebihan dan kekurangannya.

Nah, berdasarkan informasi yang saya dapatkan di media yang saya baca ternyata thremometer masih di bagi menjadi dua jenis lagi, tapi lebih tepatnya fiturnya, ada yang hanya berupa informasi suhu ruangan tapi juga ada yang dilengkapi fitur informasi kelembaban ruangan.

Hm, awalnya saya bingung mau pilih yang mana, namun akhirnya pilihan jatuh pada fitur yang lebih lengkap apalagi harganya pun terbilang sangat terjangkau, harganya pun hanya di bawah lima puluh ribuan saja maka kita bisa memilikinya.


Img. Doc. Pribadi

Tapi ketika barang sudah saya terima saya sedikit kebingungan membaca informasi yang di tampilkan pada layar display thermometer ini. Secara garis besar di bagi menjadi tiga bagian informasi. Tapi yang paling menjadi tanda tanya saya adalah angka yang paling besar tampil di layar display ini informasi apa ya?

Setelah cari informasi sana-sini ternyata thermometer yang saya miliki bukanlah thermometer yang saya maksudkan, tapi dikenal sebagaiThermo Hygrometer, yakni alat yang lebih lengkap gabungan dari Thermometer dan Hygrometer itu sendiri.

Tapi tunggu dulu, apakah kamu mengetahui apa itu Thermometer dan Hygrometer dalam tampilan display di bawah ini? Meskipun sama-sama untuk membaca suhu ruangan ternyata mereka memiliki perbedaan dalam tujuannya.

Thermometer berfungsi untuk mengukur suhu pada suatu ruangan, sedangkan Hygrometer berfungsi untuk mengukur kelembaban pada suatu ruangan. Maka bisa disimpulkan kalau thermohygrometer berfungsi untuk mengukur suhu dan kelembaban di suatu tempat baik itu indoor (dalam ruangan) maupun outdoor (luar ruangan).


Img. Doc. Pribadi

Jadi Hygrometer di tunjukkan pada angka yang terlihat lebih besar, semakin besar nilainya maka suhu dalam ruangan terasa lebih lembab akibatnya badan terasa 'gerah', bahkan di saat hujan maka suhu udara di dalam mobil akan meninggi pula angka kelembabannya, sedangkan pada Thermometer semakin rendah nilainya suhu dalam ruangan akan semakin dingin.

Jadi jika menggunakan alat ini kesimpulannya adalah jika angka pada Hygrometer di atas 50% berarti udara mulai 'gerah' maka turunkanlah suhu temperatur Ac ke angka lebih kecil supaya angka pada Thermometer juga menjadi kecil, hasilnya akan di dapat udara dalam mobil yang cukup sejuk sampai dingin menyesuaikan kebutuhan.

Akhir kata iskrim segenap keluarga mengucapkan selamat menempuh perjalanan mudik, semoga selalu nyaman, selamat dan tiba di tujuan kembali ke kota asal tanpa kekurangan suatu apa pun. Aamiin ya rabbal 'alamin!









Copyright © 2016 - 2019 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini | Sotoshop : iskrim 




Diubah oleh iskrim 31-05-2019 05:45
abizaidan
azidqi
swiitdebby
swiitdebby dan 15 lainnya memberi reputasi
16
7.3K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan