Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Pasukan Elite Khusus PLN Yang Jarang Kita Ketahui..




Hi juragan kali ini kembali kita akan membahas soal listrik, wahh ga seruu pasti masalah mati lampu..?

Ya bukan itu sih yang ane mau bahas, tapi lebih kearah pasukan khusus yang ada di tubuh PLN. Tapi enaknya gimana nih, bahas santuy ? Bahas serius ? atau membahas khas Punakawan ? 😁.



Orang awam memang tak mengerti sama sekali tentang pasukan khusus PLN yang bekerja bertarung dengan tegangan Listrik, mereka adalah pasukan khusus yang disebut tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). Memang mereka tak seperti pasukan khusus untuk militer yang biasanya sering kita sanjung bahkan familiar di telinga, pasukan ini seakan tenggelam di tengah masyarakat banyak mereka juga tak tahu bahwa PLN mempunyai sebuah pasukan elite yang terlatih.

Pasukan inilah yang akan mengawasi sutet yang bertegangan tinggi, namun disaat kemarin mati listrik di area Jakarta-Bandung pasukan ini dimana keberadaannya, harusnya mengawasi keadaan tower-tower listrik di areanya masing-masing, jadi agak aneh bila pohon sengon akhirnya menjadi biang keladi mati listrik yang membuat lumpuhnya Ibukota. Karena bukan hanya itu saja ada beberapa masalah sepertinya terkait mati listrik saat itu, yup ini bukan berarti pasukan elite PLN seakan jadi kambing hitam.



Kerja mereka memang bukan ringan karena harus melakukan pemeliharaan, kemudian perbaikan, dan juga penggantian isolator, konduktor serta komponen rumit yang ada pada jaringan listrik tanpa harus memadamkan aliran listrik, nah ini mereka berada di kabel listrik yang berada di ketinggian kerenkan ? Mereka rela bertaruh nyawa, sedikit saja melakukan kesalahan, maka bisa fatal akibatnya.



Kenapa pas perbaikan listrik tidak dimatikan ? Bila dimatikan maka akan timbul gejolak seperti yang terjadi di Ibukota. Loh kok di desa-desa sering terjadi pemadaman mendadak tanpa ada pemberitahuan, waduhh ane no comment deh kalau soal yang begitu mungkin saja listrik disana banyak disuntik untuk oknum-oknum tertentu. Bahkan di beberapa desa memanfaatkan listrik tidak dari PLN, kreatifnya warga di pelosok desa memang patut di acungi jempol walau sebenarnya miris katanya pemerintah akan mengayomi seluruh masyarakat namun masalah listrik saja mengandalkan kreatif masyarakat setempat, kemana PLTU yang sudah banyak dibuat ? Ahh mungkin hanya jadi bancakan korupsi para wakil rakyat saja toh itu sudah biasa, selama hukuman para napi korupsi di Suka Miskin seperti pelayanan hotel berbintang nampaknya akan semakin banyak wakil rakyat yang korupsi maklumlah makin lama biaya hidup makin tinggi apalagi kalau punya banyak selir di luaran 🤭.



Nah kembali lagi ke pasukan elite yang terlatih ini, ternyata bila agan ingin menjadi seperti mereka sertifikasinya tidak main-main loh. Selain sertifikasi dari PLN sendiri harus ada sertifikasi internasional dari Omaka New Zealand dan Terex Ritz Brazil, kemudian disertifikasi lagi oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (DJK) Kementerian ESDM terkait bidang dan level kompetensinya, wuahhh sulit kan ? Namanya juga pasukan elite, masa sertifikasinya ecek-ecek ya ga !!

Kemudian, perlengkapan yang digunakan pun juga khusus selain mempunyai pedoman yaitu kesehatan,keamanan dan keselamatan atau K3 maka alat perlindungan dirinya juga layaknya pakaian pasukan elite pada umumnya, seperti wear pack ( pakaian kerja khas PLN), serta adanya conductive suit complete, conductive shoes, helm, safety shoes, safety gloves, safety glasses, lanyard, harnes, handy talky, serta rompi pengawas pekerjaan, dan juga ada rompi pengawas K3.



Tim ini memang luar biasa, cara kerjanya pun memang tidak sendiri namun seperti tim yang terdiri dari beberapa orang dan juga kepalanya. Nah gimana sekarang agan sudah tahukan ternyata pasukan elite PLN kerjanya bikin jantung deg-deg an, tanpa listrik dimatikan mereka bergantungan di sutet yang tinggi untuk memastikan pasokan listrik ke masyarakat tidak bermasalah.

Yukk ahh kuy srupuutt dolo..

emoticon-coffee



Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

emoticon-Wagelaseh

c4punk@2019

Gambar google
Referensi Disini












Diubah oleh c4punk1950... 14-08-2019 10:33
kudanil.la
kudanil.la memberi reputasi
1
974
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan