Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Can354draAvatar border
TS
Can354dra
Mau Tahu Sinyal Operator Terbaik di Daerah Kalian ? Begini Caranya...
Assalamualaikum gan/sis emoticon-Salam Kenal



Pasti punya handphone semua kan ? Ya iya lah, hari gini gak pegang gadget, rasanya udah gak bisa ngapa-ngapain emoticon-Wow

Nah, supaya handphone bisa berfungsi, harus terhubung dengan jaringan seluler melalui sinyal operator. Supaya kita bisa pakai layanan seluler semisal panggilan telpon, SMS, atau koneksi internet.

Masalahnya, kadang sinyal operator enggak bisa menjangkau daerah-daerah tertentu. Akibatnya, agan & aganwati tak bisa menikmati layanan dari operator tadi.
Nah, mungkin agan/aganwati pingin ganti operator yang sinyalnya udah menjangkau daerah tersebut. Kali ini ane mau kasih cara mengetahui provider yang bagus di daerah kitaatau di tempat kalian. Jadi, agan/sista bisa dapat layanan seluler secara maksimal.
Cek sinyal operator langsung lewat HP
Lihat notifikasi baris sinyal

Caranya gampang banget loh, kalian cukup melihat ikon notifikasi sinyal pada layar ponsel. Jika baris sinyal terlihat penuh atau agak penuh, itu tandanya area yang agan tempati sudah dijangkau oleh sinyal operator selular. Layanan seluler seperti telpon, SMS, atau koneksi internet di sana sudah pasti dapat digunakan.
Sebaliknya jika baris sinyal tidak penuh atau bahkan sering hilang, sebaiknya kalian pindah ke area yang lebih terbuka. Misalnya, teras, halaman, lapangan, dan balkon. Setidaknya kalian tidak berada di area yang banyak objek penghalang sinyal seperti tiang, pohon, bangunan tinggi, atau cuaca buruk.

Cek kekuatan sinyal pada status ponsel
Cara mengecek sinyal operator berikutnya dapat dilakukan dengan melihat status handphone atau smartphone kalian. Cara ini mungkin terdengar agak teknis. Status pada beberapa ponsel juga memuat keadaan sinyal jaringan yang digunakan oleh ponsel tersebut termasuk kekuatan sinyal operator.
Spoiler for Masuk ke Status Handphone:


Kekuatan sinyal operator dalam status ponsel biasanya ditunjukkan melalui nilai angka tertentu dengan satuan dBm (Desibel-miliwatt). Nilai angka ini tentu berbeda-beda, tergantung jenis jaringan, standar pengukuran sinyal, atau ponsel yang digunakan. 
Biasanya, sinyal operator direpresentasikan dengan nilai berkisar -70 dBm sampai -100 dBm untuk semua jenis jaringan (2G/3G/4G). Makin kecil nilainya, makin bagus sinyal yang ditangkap. Sebaliknya, semakin besar nilainya, semakin jelek sinyal yang tersedia.
Jika menggunakan dua operator seluler (dual SIM), kalian juga dapat membandingkan sinyal kedua operator tersebut dalam satu area yang sama.

Gunakan opsi Pilih Jaringan
Pada semua handphone dan smartphone, pasti punya menu pilih jaringan. Menu ini juga dapat kalian gunakan untuk mengecek sinyal semua operator seluler.
Spoiler for Cara pilih jaringan seluler:


Begitu kalian membuka opsi pilih operator, ponsel akan otomatis mencari operator seluler yang sinyalnya ditangkap oleh ponsel tersebut. Ponsel akan menampilkan daftar operator seluler yang sudah menjangkau daerah yang kalian tempati.

Mengecek sinyal operator dengan aplikasi OpenSignal
Kali ini, caranya dengan menggunakan aplikasi mobile yang bernama OpenSignal. Dengan aplikasi ini, agan enggak cuma bisa mengecek sinyal operator saja. Tapi juga dapat mengetahui jangkauan sinyal dan menguji kecepatan koneksi data (internet) dari operator tersebut.
Pertama, tentu agan harus mengunduh aplikasi OpenSignal terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat kalian cari pada layanan Google Play Store atau  layanan Apple App Store.

Dengan aplikasi ini, agan bisa menguji kecepatan koneksi internet yang disediakan oleh operator seluler dan memeriksa jangka waktu koneksi ponsel dengan sinyal jaringan.
Yang paling penting dari aplikasi ini tentu untuk mengetahui daerah-daerah yang terjangkau sinyal semua operator dengan beberapa jenis jaringan. Dalam bagian ini, tersedia peta dengan tanda hijau dan merah untuk yang merepresentasikan area jangkauan sinyal. Kalian mungkin harus mengaktifkan penanda lokasi ponsel bila ingin menunjuk ke area tertentu.
Agan/Sista juga bisa memeriksa sinyal dan posisi tower operator seluler. Pada bagian ini, kalian bisa menemukan tower operator yang terhubung dengan ponsel.

Itulah beberapa cara mengetahui provider yang bagus di daerah kita. Perlu diperhatikan, informasi sinyal operator pada aplikasi OpenSignal mungkin tidak 100% akurat. Mungkin dalam kondisi yang sebenarnya bisa saja berbeda dari aplikasi. Semua operator seluler pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
emoticon-2 Jempol


Perlu diketahui, sinyal operator selular juga sangat berpengaruh pada kinerja ponsel lho. Semakin baik kualitas sinyal, kinerja ponsel juga lebih bagus. Sebaliknya, jika kualitas sinyal buruk, ponsel akan terus bekerja mencari sinyal yang pas.
Hal tersebut mengakibatkan kinerja ponsel semakin berat. Akibatnya, kadang ponsel akan terasa panas. Daya baterai juga akan lebih cepat habis.


Kita semua berharap operator seluler dan pemerintah dapat mewujudkan infrastruktur telekomunikasi yang baik dan merata agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. 
emoticon-Shakehand2

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....

Diubah oleh Can354dra 26-06-2023 00:52
riansantoso4776
aapuu
adelianzw
adelianzw dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan