Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khafidmukriyantAvatar border
TS
khafidmukriyant
memahami dasar fotografi
belajar memahami teknik dasar fotografi untuk pemula atau dadakan tidaklah susah seperti yang dibayangkan, hanya perlu memahami istilah dalam fotografi, tips, cara, komposisi, peralatan, perlengkapan, jenis fotografi dan settingan kamera yang baik pada saat memotret. berikut pengalaman yang akan saya share selama memotret beserta tips bonus, khusunya buat agan dan aganwati yang ingin belajar fotografi dari awal sampai akhir.



1. konsep dasar fotografi


sesuatu yang paling sering diperdebatkan oleh orang yang baru terjun didunia fotografi adalah kamera mana yang paling baik? jangan terpancing dengan keadaan ini, sudah menjadi pertanyaan biasa dari tahun ketahun, kalau diantara jenis merk kamera-kamera yang dikeluarkan oleh produsen ada yang lebih unggul tentunya sudah ketahuan dari dahulu mana kamera yang lebih baik dan canggih. disetiap kamera yang dikeluarkan oleh produsen intinya adalah saling melengkapi diantara kamera-kamera yang lain, ini adalah salah satu ilmu pemasaran bagi produsen kamera. jadi kesimpulannya pakailah kamera yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, dari mulai specialis memotret hingga videografi, karena fitur dikamera saat ini tidak mungkin mengeluarkan kualitas foto dan video yang canggih semua, masing-masing mempunya kekurangan dan kelebihan, jadi pilihlah yang menurutmu paling cocok untuk kebutuhan.

2. memahami mode kamera


umumnya mode yang disediakan pada kamera tidaklah jauh jauh dari mode auto (otomatis), manual (M), program (P), aperture priority (A/AV) , shutter priority (S/TV), landscape, sport, potrait, night mode dll. nah dari mode inilah sang fotografer seharusnya memahami satu persatu fungsinya ketika sedang menggunakan kamera, keuntungan salah satunya ialah ketika melihat momen sekilas bisa langsung jepret tampa salah memilih mode maupun settingan kamera. berikut penjelasan mode yang terdapat didalam kamera
Quote:


3. hubungan shutter speed, aperture dan iso


sebelum membahas hubungan ini adakalanya sedikit mengetahui pengertian dan fungsi-fungsinya, berikut penjelasannya:
Quote:


4. memahami istilah teknik fotografi


beberapa istilah dalam fotografi yang sekarang ini membuat fotografer banyak mencoba dan belomba-lomba untuk menghasilkan foto yang bagus dan unik, berikut beberapa teknik umum dalam fotografi:

Quote:


Quote:


5. memahami exposure compensation
salah satu cara untuk mengatur exposure adalah dengan menggunakan exposure compensation, dimana hasil foto yang lebih terang dan gelap (over dan under) akan dikompensasi oleh fitur kamera yang bernama exposure compensation. cara menggunakan exposure compensation adalah ketika hasil foto terlihat under maupun over exposure, maka naikkanlah exposure compensation ke beberapa stop dan begitu sebaliknya, teknik ini digunakan agar hasil foto semakin enak dilihat dan sesuai dengan yang kita inginkan hasilnya.

6. memahami white balance pada fotografi


fungsi white balance (WB) pada foto adalah untuk menyeimbangkan cahaya dan warna sesuai keadaan yang sebenarnya, teknik ini sering digunakan untuk memotret apapun, namun hal yang paling penting adalah ketika memotret batik maka hasil foto dengan keadaan aslinya akan berbeda, karena apa? kamera tidak mempunyai warna seperti batik, warna yang didominasi batik ialah warna alam dan bisa dibilang warna yang sangat tradisional, oleh karena itu sebelum pulang memotret usahaknlah padankan hasilnya apakah berbeda warnanya atau tidak. jika kegunaan foto tersebut untuk kepentingan komersil, usahakanlah edit terlebih dahulu untuk menyesuaikan keadaan wara sebenarnya sambil melihat warna batik yang asli, hal ini untuk mengatasi perbedaan warna yang melekat pada foto dan batik, sehingga bisa meminimalkan perbedaan warna tersebut

SALAM FOTOGRAFER...!!!!
@khafidmukriyanto(gallery photo on instagram)
@khafidmukriyanto (twitter)
www.melaluilensa.com (travel blog)
augiesiswoyo
augiesiswoyo memberi reputasi
1
2.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan