ElenachizzoAvatar border
TS
Elenachizzo
JANGAN PINJAM KE RENTENIR
Dear semua, izinkan saya berbagi cerita ya. Saya wanita usia 29tahun, setahun lalu saat saya masih bekerja di sebuah perusahaan, saya memberanikan diri meminjam uang ke rentenir sejumlah 15juta. Bukan tanpa alasan, saya meminjam uang tersebut bukan untuk saya gunakan sendiri. Tapi untuk saya kirimkan ke orangtua di kamlung, karena adik kecil saya harus di operasi dan juga untuk modal usaha. Saya sadari memang dari awal itu adalah keputusan yang salah. Selain karena dosa riba dan dosa memberi nafkah keluarga dengan uang uang tidak halal. Tapi saat itu saya tidak punya pilihan selain meminjam ke rentenir karena kondisi adik yang memang sudah harus dioperasi. Saya pun tidak berani bilang ke suami kalau pinjam ke rentenir, karena suami pasti marah besar saya meminjam hanya untuk diberikan kepada keluarga di kampung. Saat itu suami saya tidak bekerja, jadi saya pikir, toh saya yang meminjam saya juga yang akan melunasinya.
Uang 15juta tersebut harus dicicil setiap bulan sebesar 2jt selama setahun. Dan sudah 3 bulan ini saya tidak membayar karena sejak januari saya tidak bekerja. Saya diserang penyakit dibagian rahim, yang menurut dokter mengarah kepada kanker ovarium. Tapi ini semua belum pasti karena 30Agustus nanti baru akan dibiopsi di RSUD.
Belakangan suami dan keluarganya jadi tahu kalau saya meminjam uang ke rentenir, karena tentu tukang tagih si rentenir itu datang berkali-kali menagih pembayaran saya. Suami pun benar-benar marah, karena saya mengirim ke orangtua saya tanpa sepengetahuannya. Saya mengerti ini salah, tp saya adalah tulang punggung keluarga dan anak tertua, tidak mungkin saya mengabaikan kebutuhan orangtua pada saat itu. Sayangnya, uang yang dibuat modal usaha orangtua pun gagal, mungkin karena uang riba jadi tidak berkah dan tidak menghasilkan.
Sekarang saya dalam keadaan sakit, dan tidak tahu harus dengan cara apa membayar sisa tagihan 3kali tersebut. Suami menolak membantu, menurutnya ini adalah urusan yang harus saya selesaikan sendiri. Saya sudah berusaha bekerja, saya termasuk orang yang mudah sekali mencari pekerjaan. Tp setiap baru seminggu bekerja saya selalu ambruk, dan berakhir dengan bedrest berminggu-minggu.
Saya bukan tidak mau bekerja, tapi perusahaan tentu mengharapkan karyawan yang bisa bekerja secara full. Bukan yang sebentar-sebentar izin sakit.
Saya menyesal sekali meminjam ke rentenir, bahkan saya sempat mengalami pelecehan oleh si rentenir karena saya belum bisa membayar, untuk saya bisa melarikan diri.
Jika ada yang bisa memberi saya saran, apa yang bisa saya lakukan untuk mendapat uang agar bisa melunasi hutang saya segera. Saya mohon sarannya.
Saya juga minta doanya, supaya hasil biopsi akhir bulan nanti penyakit yang saya derita bukan kanker, dan bisa disembuhkan. Amiin. Terima kasih
0
1K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan