Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

taofikkillsAvatar border
TS
taofikkills
Mendorong UKM Pakaian Jadi Tembus Pasar Kanada
Spoiler for catet:


Sinergi antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Global Affairs Canada (GAC) dalam Trade and Private Sector Assistance (TPSA) Project Kanada selama periode 2015-2019, berhasil mencatat hasil positif.

Sepanjang periode tersebut, Kemendag dan TPSA Project mampu melaksanakan 80 aktivitas yang berdampak signifikan terhadap peningkatan kapasitas pelaku usaha Indonesia dan peningkatan ekspor Indonesia ke Kanada dan negara lainnya.

Melalui kerjasama TPSA Project, telah dilakukan pembinaan terhadap 15 usaha kecil menengah (UKM) untuk 3 komoditas, yakni pakaian jadi, alas kaki, dan kopi, untuk bisa ekspor ke pasar Kanada dan Amerika Utara.

Sumber 1

Kemendag melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) memfasilitasi pelaku UKM pakaian jadi di Solo, Jawa Tengah menembus pasar ekspor Kanada. Kesempatan itu diraih setelah pelaku usaha tersebut mengikuti rangkaian program pembinaan ekspor dari Ditjen PEN bekerja sama dengan pemerintah Kanada melalui proyek Indonesia-Canada Trade and Private Sector Assistance (TPSA) sejak 2014 lalu.

Program pembinaan ekspor proyek TPSA dilakukan secara komprehensif kepada calon eksportir pakaian jadi sehingga memberi banyak manfaat dalam peningkatan produksi, manajemen, strategi pemasaran dan promosi, serta motivasi. Hasilnya, pelaku usaha telah mendapatkan kontak dagang dan sedang melakukan negosiasi dengan calon mitra bisnis di Kanada dan negara lainnya.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan bilang, TPSA merupakan proyek kerja sama Indonesia-Kanada untuk meningkatkan perdagangan dan investasi kedua negara yang berlangsung dari 2014—2019.

Dengan akan berakhirnya proyek TPSA pada Agustus 2019, Pemerintah memberikan penghargaan kepada pelaku usaha pakaian jadi sebagai bentuk apresiasi karena telah mengikuti semua program hingga selesai. Penghargaan ini diserahkan kepada pelaku usaha binaan proyek TPSA yaitu CV Tiga Selaras dan Bule-Bule Garment pada Senin (29/7) yang lalu.

Kedua perusahaan telah mendapat berbagai manfaat dari keikutsertaan program proyek TPSA. Seperti, peningkatan kapasitas dan profesionalitas untuk bersaing di pasar internasional. Selain itu pelaku usaha memperoleh pengetahuan untuk mengembangkan manajemen, efisiensi produksi, cara menjalin kemitraan dengan calon buyers, serta strategi melakukan pemasaran produk ke pasar ekspor.

"Kemendag akan terus menjalin kerja sama dengan pemangku kepentingan dan memanfaatkan tenaga ahli di bidangnya agar dapat memberikan manfaat bagi para pelaku usaha Indonesia,” ujarnya.

Kemendag juga mendorong para pelaku usaha yang ingin memperluas pasar ekspor untuk mengikuti kegiatan promosi dan pameran, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu pameran yang dapat diikuti adalah Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang akan berlangsung pada 16—20 Oktober 2019.

Sumber 2

Spoiler for mantul:
0
1.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan