Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

EgisaragihAvatar border
TS
Egisaragih
Pemuda Simalungun Bertani Jeruk
HILANG NYA PEMUDA SIMALUNGUN BERTANI
-----------------------------------------------------
Sejak menikah tahun 2015 aku RENCANA punya USAHA kecil menanam jeruk,berternak (babi) terus ber DOA asal sukses tapi selalu GAGAL ber bisnis tapi dengan semangat kuat dan bermimpi pasti BERASIL

Setiap berbisnis banyak rintangan mulai hama,pupuk/ obat mahal tidak sesuai harga pasaran jeruk.banjir buah buah harga jeruk turun dan hama menyerah jeruk.petani muda selalu mengeluh harus berputar otak agar jeruk tidak menyerah lalat buah dan berperang dengan lalat buah dengan cara pompa bersama-sama dengan tetangga jeruk,pakai lem lalat buah jeruk agar lalat buah lengket ke tempat yang sudah di sediakan yaitu botol AQUA.

Botol AQUA bekas di olesekan dengan lem buah jeruk dan di tarukan di pohon jeruk agar hama buah lengket di botol tersebut biar lalat buah tidak serang buah jeruk,semprot buah bersama-sama dengan tetangga jeruk.
Tetapi semua dilakukan dengan harga tinggi obat jeruk mahal sekali pompa harga 400-500x drum sekali pompa sesuai jumlah jeruk.

Pemuda petani harus BERASIL melawan lalat buah dan harus BERASIL melawan harga jeruk??
Kayamana cara nya??
Melawan harga jeruk murah,Petani Muda tidak tahu cara melawan harga jeruk murah,tampulang/oteh jeruk sesuka hati menaikan harga jeruk dan turun jeruk harga jeruk.

Turun Jeruk membuat menangis petani harus membiayai sekolah anak2 nya kehidupan keluarga nya serba mahal kebutuhan hidup.Petani simalungun bukan cari kekayaan tetapi kayamna anak-petani bisa sekolah lebih tinggi dari ayah-ibu mereka.

Harapan petani muda adalah,harga stabil agar terjangkau oleh pembeli dan petani muda bisa beli obat untuk petani
2. Pemerintah daerah simalungun harus membantu pemasaran jeruk raya karena ini peluang besar sebagai UMKM masyarkat raya khusus nya dan harga obat jeruk bisa di bantu oleh pemerintah daerah
3. Mengajak pemuda simalungun untuk bertani agar stabilan harga pangan,buah terjaga.
Sekian dari tulisan saya bisa membantu untuk kebangkan lagi pertanian jeruk dan mengajak pemuda simalungun ayo bertani,tidak perlu gensi,malu ato lain nya.
Jangan pemuda simalungun berlomba ke kota ato kota indrustri,mari gunakan lahan anda untuk meningkatkan kehidupan keluarga.kita sebagia pemuda simalungun harus pakai pertanian secara modern dan pemerintah daerah simalungun tidak boleh tutup mata pertanian simalugun.
Kab simalungun desa Sirpang dalig raya,12-07-2019
Salam dari
PETANI MUDA SIMALUNGUN..
Simarmata Firdaus
janeeta97
febrianaryna
khodijahsiti92
khodijahsiti92 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
1.2K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan