nkridamaiAvatar border
TS
nkridamai
Koar - Koar Pecat Menteri, @partaisocmed dan #99Army Palsukan Trending Topic
Spoiler for Tweet Palsu:


Jelang pelantikan presiden terpilih Joko Widodo di periode kedua sekaligus wacana akan diadakannya reshuffle kabinet, beberapa buzzer malah bikin kacau di sosial media dengan narasi - narasi fitnah dan provokatif yang ditujukan pada salah satu tokoh tertentu yang diincar kursi menterinya. Beberapa diantara penggagas gerakan buzzer ini yakni partaisocmed dengan #99Armynya. Bahkan untuk melancarkan aksinya, para buzzer ini bahkan memalsukan trending topic twitter dengan menggunakan ribuan akun palsu (robot) dan akun kloning.

Miris memang, ditengah situasi yang sudah tenteram dan damai ini, ada saja sekelompok buzzer yang ingin mengacaukan suasana dengan menyebarkan fitnah dan hasutan. Caranya yaitu dengan memposting ribuan informasi palsu mengenai keluhan #tiketpesawatmahal, seolah - olah banyak yang menyuarakan aspirasinya. Padahal setelah dicek satu per satu tweet yang dihasilkan sama sekali tidak ada substansinya dan bahkan hanya berisi huruf dan angka saja. Hal ini bisa dilihat dengan menelusuri tagar #tiketpesawatmahal di twitter dan terlihatlah berbagai tweet yang tak bermakna dan dibuat-buat. Banyak terselip di antaranya pesan untuk memecat Menteri Perhubungan.

Kecurigaan warganet memuncak saat memergoki instruksi langsung dari partaisocmed di group telegram #99army yang memerintahkan kepada seluruh anggotanya untuk bertukar-tukar akun dan meluncurkan tiga gelombang "torpedo" untuk bisa mengelabui sistem trending topic, membuat tagar #TiketPesawatMahal naik. Padahal informasi ini jelas hoax dan palsu, karena pemerintah sudah mengumumkan kebijakan menurunkan seluruh harga tiket penerbangan LCC melalui insentif dan kesepakatan bersama berbagai maskapai untuk memberikan diskon/promo. Kesepakatan ini melibatkan semua pihak yang selama ini dianggap mengeluarkan tiket dengan harga mahal. Sehingga sebenarnya sudah ada titik cerah dalam menurunkan harga tiket tanpa harus menggoyang kursi pejabat tertentu sama sekali.

Spoiler for Kemenhub Kawal Harga Tiket:


Spoiler for Kemenhub Kawal Harga Tiket:


Spoiler for Kemenhub Kawal Harga Tiket:


Salah satu bunyi perintah @partaisocmed kepada #99army dalam screenshot tersebut berbunyi "8. Reply akun sesama teman yang memakai tagar yang sama. Lakukan gonta-ganti akun secara cepat!Ingat:Trending tergantung banyaknya akun, bukan banyaknya tweet. Jadi jangan terpaku satu akun saja! Lakukan gonta ganti akun secara cepat!"

Sesuai pengumuman yang tercapture, serangan tagar dilakukan dalam tiga periode "torpedo", yaitu pukul 19:30, 19:45, dan 20:00. dengan harapan trending topic palsu tercipta, seolah-olah pembicaraan mengenai tiiket mahal memang terjadi. Padahal bila ditelusuri, sedikit sekali akun dengan foto dan nama asli yang terlibat di tagar tersebut. Kebanyakan akun anonim dengan profile picture atau nama akun dengan angka 99 atau angka random 4 digit lebih, memperlihatkan akun-akun tersebut sebenarnya palsu dan dikendalikan oleh beberapa gelintir orang saja.



Kejadian ini kemudian memunculkan bahan tertawaan dari banyak influencer akun real yang memiliki ribuan follower, sebab entah kenapa terjadi error dan yang naik malah tagar #TiketPesawatBohir, yang merepotkan akun @partaisocmed sendiri karena seolah memperlihatkan isu tersebut adalah pesan. Bohir berarti orang kaya yang memberikan pendanaan kepada sebuah kampanye. Sementara yang ditarget dalam kampanye ini adalah menggoyang kursi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

"Wah kok tagarnya hilang, tum @partaisocmed?" kata @kirekswasta. Akun @hajilolong mengejek, "ni apaan yak? Gara-gara tiket pesawat mahal, pesawatnya mau ditorpedo?" Banyak respon tertawa dari berbagai user, menertawakan kecerobohan ini. Sehingga #99army pun berusaha melawan dengan makian dan kebohongan.

Spoiler for Tweet Tidak Sesuai Konteks:


Begitu juga akun @alitingting, menertawakan perintah tersebut, "Ya kalau ada sejumlah orang yg mereply dan RT dengan cara gonta ganti akun dg cepat ya wajar tab mention gue jadi penuh. Pantesan bahasanya selalu sama. Wong manusianya itu2 aja. Akunnya aja yg beda,

Sebenarnya warganet bisa mengantisipasi kejadian pemalsuan ini dengan sistem Reporting yang dimiliki twitter, lebih tepatnya Report as Spam kepada akun-akun yang terlihat menciptakan tweet ngawur yang bertujuan menciptakan trending topic palsu. Untuk akun yang berkata-kata kasar di dalam hashtag ini juga bisa dilaportkan dengan menu Report > Abuse > Targeted Harrasment. Tercatat akun @johnnie_muhan dan @marvel_16 sebagai bagian #99Army disuspend akibat kata-kata kasar ini.

Perebutan kursi menteri memang membuat ngiler banyak pihak sehingga menjadi ladang rezeki bagi akun-akun anonim yang tidak bertanggung jawab dalam membuat fitnah-fitnah dibuktikan. Seringkali bahkan isu-isu sensitif ditunggangi dan diolah untuk menciptakan seolah-olah ada pesan dari banyak warga negara untuk meminta Jokowi mencopot kursi menteri.

Padahal yang dibutuhkan saat ini adalah kestabilan, dalam arti pembubaran kabinet harus dilakukan secara soft landing sehingga tidak menciptakan lebih banyak lagi barisan sakit hati kepada Presiden Jokowi.

Spoiler for Jangan Lupa:
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan