Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

msa0404Avatar border
TS
msa0404
Kedai Kopi Tua yang Ada di Indonesia

Es kopi mantan calon gebetan, es kopi janji suci, atau es kopi-es kopi lainnya. Banyak banget! Belakangan ini kedai kopi kekinian sedang menjamur di berbagai kota di Indonesia. Terlebih bagi anak muda zaman sekarang, nongkrong di kedai kopi bukan lagi menjadi kebutuhan, tapi bisa dianggap sebagai lifestyle.

Meskipun demikian, ternyata keberadaan kedai kopi sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu lho Gan Sis. Di Indonesia, kedai kopi sudah ada sejak sekitar 4 abad lalu, yakni saat India mengirimkan bibit kopi Yamen (Arabica) pada pemerintah Belanda di Batavia pada tahun 1969.

Kemudian pada tahun 1811, biji-biji kopi hasil dari perkebunan kopi pertama di Indonesia dikirim ke Eropa. Hanya kurang dari 10 tahun saja, pengiriman kopi pun meningkat hingga kurang lebih 60 ton per tahunnya. Nama Indonesia pun mulai dikenal menjadi penghasil kopi selain Arab dan Ethiopia.

Kalau sekarang ada berbagai macam varian kopi dengan komposisi campuran yang bermacam-macam, namun pada zaman dahulu sajian di kedai kopi umumnya adalah secangkir kopi hitam yang dituang dari ceret kuno.

Dilansir dari qubicle.id, berikut ini merupakan beberapa kedai kopi di Indonesia yang masih bertahan hingga kini melawan gempuran zaman. Penasaran apa aja? Cekidot Gan Sis!


Koffie Warung Tinggi Tek Sun Ho

Kedai ini berdiri sejak tahun 1878 dan didirikan oleh Liaw Tek Soen. Kedai kopi yang sudah berusia lebih dari 100 tahun ini kepemilikannya sudah turun temurun sebanyak lima generasi Gan Sis. Bahkan mereka telah mengekor kopi hingga ke Jepang dan Amerika Serikat. Menu andalan yang disajikan oleh mereka adalah Kopi Jantan, yaitu kopi yang memiliki rasa yang keras dan konon dapat meningkatkan vitalitas; dan Kopi Betina yang populer di kalangan anak muda dengan rasa yang tidak terlalu keras.


Warung Kopi Ake

Kedai kopi ini merupakan kedai kopi tertua di Belitung dan kini sudah turun ke generasi keempat. Kedai ini pun masih tetap mempertahankan resep turun temurunnya, bahkan peralatan yang zaman dahulu dipergunakan oleh kakek buyutnya seperti gentong air, alat penyuling ari, ketel, dan teko air pun masih ada. Sebelum berbentuk kedai seperti saat ini, mereka berjualan kopi dengan menggunakan gerobak. Gokil! Menu andalan di sini adalah Kopi susu dan teh susu Gan Sis.


Kedai Massa Kok Tong

Awal mula adanya kedai kopi ini dirintis pada tahun 1925 oleh seorang perantau asal Tiongkok yang bernama Lim Tee Kee yang saat itu berusia 17 tahun. Saat itu kedai ini memiliki nama Kedai Kopi Heng Seng. Kedai ini selalu mengutamakan kualitas kopinya dengan memilih biji kopo, meracik, dan menyangrainya hingga menyeduhnya sendiri. Kedai ini bahkan saat ini memiliki pabrik pengolahan kopi sendiri. Menu andalan dari kedai ini adalah es kopi susu.


Kedai Es Kopi Tak Kie

Kedai kopi ini dirintis oleh perantau dari negeri Tiongkok yang bernama Liong Kwie Tiong dan kemudian dilanjutakn oleh Liong Tjen. Kemudian turun pada generasi ketiganya yakni Latif Yunus yang sering dipanggil Ayaw dan Liong Kwang Joe. Menu andalan dari kedai ini adalah kopi yang merupakan perpaduan jenis robusta dan arabika dari Lampung, Toraja, hingga Sidikalang.


Warung Kopi Phoenam

Kedai ini didirikan oleh Liong Thay Hiong, nama Phoenam memilki arti Tempat Singgah di Selatan. Kedai ini menggunakan biji kopi Toraja dan menu andalannya adalah kopi susu, kopi madu telur, roti bakar, dan pisang panggang.

 

Apakah ada kedai kopi lain yang belum tersebut? Hmmm, kira-kira dari beberapa nama kedai kopi di atas, mana nih yang pernah Agan Sista coba kunjungi? Nggak ada salahnya nyobain kopi selain di kedai kopi yang kekinian. Biar lebih kerasa nuansa lainnya Gan Sis!


Siwie
phyu.03
koi7
koi7 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.8K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan