Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

red1302Avatar border
TS
red1302
Tips Menabung Untuk Sobat Pelajar dan Mahasiswa Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Dari dulu banyak banget pertanyaan dari orang-orang terdekat ane tentang bagaimana cara ane menabung uang yang dikasi ane padahal ane masih seorang mahasiswa.

Padahal, menurut ane menabung itu gampang tapi entah kenapa sulit bagi orang-orang.

Maka dari itu kali ini ane bakalan share gimana caranya kalian sobat pelajar dan mahasiswa bisa menabung uang jajan kalian.

Sebelum kita mulai tips menabungnya ane tekanin ada beberapa hal yang tidak boleh kalian lakukan jika kalian mau melakukan tips ini, yaitu :

1. Beli Barang Karena Lucu
2. Beli Barang Karena Ikut-Ikutan

Dua hal tersebut sama sekali engga boleh kalian lakuin kalau kalian masih mau coba nabung karena kalau kalian masih ngelakuin dua hal diatas maka sia-sia aja kalian nabung karena uang kalian bakalan abis-abis juga.

Kalau kalian udah bisa engga ngelakuin dua hal diatas langsung aja kita masuk ke tips nabung kita.

1. Ketahui Kebutuhan Kalian Selama Sehari

Kalian harus hitung pengeluaran pokok kalian selama sehari. Kebutuhan pokok ini adalah kebutuhan yang wajib kalian keluarkan setiap harinya kaya bensin dan lain-lain.

Contohnya kebutuhan pokok ane adalah bensin 10rb dan 10rb lagi ane simpen sebagai uang buat hiburan. Iya, kalian juga perlu kok uang buat hiburan. Jadi jangan terlalu nyiksa diri kalian sampe ga punya hiburan ya.

Kenapa ane ga masukin uang makan ke kebutuhan pokok? Jawabannya ada di point kedua.

2. Bawa Bekal Makan dan Minum Dari Rumah

Walaupun ane udah jadi seorang mahasiswa ane gapernah malu untuk yang namanya bawa bekal ke kampus. Kenapa? Karena dengan membawa bekal kita udah hemat banyak banget uang kita dalam sehari.

Contohnya rata-rata makan dan minum di kampus ane 20rb dan kalau ane bawa bekal artinya ane udah bisa hemat 20rb hari itu.

"Tapi ortu gw gapernah masak kalau pagi"

Ya masak sendiri, mau hemat ko males.

3. Selalu Tabung Uang Kalian Diawal

Ane punya prinsip yaitu jangan pernah nabung di akhir. Maksudnya gimana? Kalau kalian dikasi uang jajan secara bulanan maka kalian harus menabung di awal bulan dan kalau perhari kalian harus nabung sebelum berangkat ke sekolah atau kampus.

Contohnya kalian dikasi uang perbulan 1 jt dan perhari kalian harus nabung 10rb maka kalian harus langsung nabung 300rb di awal bulan. Angka ini ga pasti ya, kalian harus sesuaiin sama kebutuhan dan uang jajan kalian.

4. Investasiin Tabungan Kalian

Ini nih yang banyak banget orang takut. Kebanyakan orang kalau udah denger yang namanya investasi udah takut duluan dan malah gajadi.

Padahal investasi itu harus dilakukan sedini mungkin dan merupakan salah satu cara biar duit kalian ga kesimpen gitu aja di tabungan dan malah bisa bertambah.

Bahkan sekarang udah banyak investasi yang rendah resiko dan murah. Kalau kalian masih ragu kalian bisa baca-baca artikel ane yang ini atau yang ini.

5. Konsisten

Udah ngerti beberapa tips diatas? Maka kita masuk ke bagian yang paling sulit dari semua tips yaitu.

KONSISTEN

Banyak banget temen ane yang udah ane kasi tau beberapa tips diatas tapi ternyata mereka ngelakuinnya cuma seminggu dua minggu. Dan hasilnya nabung mereka gagal lagi.

Maka dari itu bagi kalian yang mau nabung mendingan kalian komitmen ke diri sendiri dulu biar kalian bisa nabung secara konsisten.

Sekian dari artikel ane kali ini kalau kalian suka dengan artikel ini jangan lupa kasi ane cendol emoticon-Toastdan rate 5emoticon-Rate 5 Star.

Dan jangan lupa share artikel ini ke temen kalian yang ngomongnya mau nabung tapi gagal terus karena ngeliat barang lucu di online shop.
tropikansayur
tropikansayur memberi reputasi
1
1.9K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan