ymulyanig3Avatar border
TS
ymulyanig3
Permainan Zaman Dulu Yang Bikin Kangen
Permainan Masa kecil Yang Mulai Tergerus zaman


Hallo ... selamat malam agan dan sista baik hati dan tidak sombong. Kali ini ane mau ikut meramaikan event yang ada di forum games dengan judul nostagia masa kecil untuk melestarikan sekaligus memperkenalkan permainan jaman dulu yang mulai tergerus zaman.


Bahagianya masa kecil ane dulu tanpa gedget. Setiap hari ada saja permainan bersama teman-teman. Mulai dari berlarian yang menguras tenaga tapi hati puas dan tentunya membuat tubuh sehat, sampai masak-masakan dengan bahan-bahan yang ada di sekitar.

Jauh berbeda dengan anak jaman sekarang yang lebih senang berdiam diri di rumah dengan gadgetnya.

Untuk yang lahir antara tahun 80 sampai tahun 90 an pasti sudah tidak asing dengan jenis permainan di bawah ini.

1. Lompat tali.

Siapa sih yang belum pernah mencoba permainan yang satu ini. Sebuah permain dengan menggunakan karet gelang yang dirangkai hingga membentuk tali yang panjang. Jangan ditanya asiknya bermain, hingga lupa waktu. Permainan ini selain menyenangkan juga membuat tubuh kita sehat karena setiap gerakannya menyerupai gerakan olah raga.

2. Masak-masakan.

Ini dia permainan kesukaan anak-anak perempuan. Dengan alat seadanya kami bisa menciptakan permainan yang sangat menyenangkan. Kami biasa menggunakan kaleng bekas atau kepingan genteng untuk alas makan dan alat memasak. Tentunya yang dimasak juga berupa daun-daunan dan tanah. Makanannya yang jelas tidak dimakan.

3. Rumah-rumahan.

Jaman dulu, kami juga bermain rumah-rumahan. Berbeda dengan rumah-rumahan anak zaman now yang memakai tenda kecil lucu-lucu bergambar karakter kartun. Dulu, kami bermain rumah-rumahan menggunakan daun pisang atau daun kelapa sebagai atap dan alasnya. Dengan kayu-kayu apa adanya yang kami temukan di kebun sebagai ketangka rumah. Namun tetap menyenangkan. Di sini anak-anak belajar bekerja sama untuk membangun sebuah rumah. Ada yang mengumpulkan batang kayu, daun pisang, dan lain-lain. Semua ikut andil dalam permainan ini. Yang paling seru setelah selesai membuat rumah kami akan membagi peran. Ada yang jadi ibu, ayah dan anak. Seru kan?

4. Ular naga.

Permainan yang memerlukan banyak anak ini dimainkan dengan diiringi nyanyian. Dua anak akan berpegangan tangan membentuk sebuah terowongan sedangkan anak lainnya masuk mengelilingi terowongan itu sambil saling memegang pundak teman yang di depannya.

5. Tembakan bambu.

Permainan ini biasanya dimainkan anak laki-laki. Mereka membuat tembakan dari bambu dengan peluru yang terbuat dari kertas basah yang dibulatkan.

Itulah lima permainan yang pernah ane dan saudara ane mainkan waktu kecil. Sungguh setiap waktu terasa berharga. Kami bergerak tanpa henti setiap harinya hingga waktu sehari kadang tidak cukup untuk kami bermain. Inget ya ... kami main di luar tidak pegang gedget sama sekali.

Bagaimana dengan masa kecil agan dan sista, permainan apa saja yang pernah gansis mainkan?

Ayo perkenalkan kembali permainan-permainan menyenangkan itu ke anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa.

Bergerak itu sehat. Yuk begerak sambil bermain. Simpan smartphone atau game anak-anak kita di laci. Bermain bersama dapat menumbuhkan kedekatan satu sama lain.

Terimakasih sudah mampir di thread ane. Silahkan berbagi pengalamannya dan jangan lupa cendolnyaemoticon-Cendol Ganemoticon-Big Kiss

Sumber : opini pribadi
Pic by :
https://www.google.com/search?q=perm...YqB-8YAMi8UWmM


Diubah oleh ymulyanig3 16-07-2019 00:09
rykenpb
istijabah
tata604
tata604 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
6K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan