Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tukang_ojegAvatar border
TS
tukang_ojeg
Cap Anti-Pancasila seperti Narasi Mussolini
Dian Fatwa Nilai Cap Anti-Pancasila seperti Narasi Mussolini

"Terlalu berlebihan dan tidak relevan bila kita ingin membangun demokrasi yang sehat. I would be very careful menggunakan kata 'anti-Pancasila'. Masak ada orang nggak suka langsung dilabel 'anti-Pancasila'," ujar Politikus PAN Dian Fatwa, saat dihubungi, Minggu, (14/7/2019).

Ia menyebut cara-cara serupa pernah diterapkan diktator fasis Italia, Benito Mussolini, dalam menumpas mereka yang berbeda. Dian menilai jika narasi yang dibangun seolah-olah bagi yang tak sependapat dinyatakan anti-Pancasila, maka tak akan ada ruang dialog dan saling berkompromi.

"Cara seperti ini pernah dilakukan oleh Benito Mussolini dalam strategi menumpas mereka yang berbeda. Musolini menjalankan rezim totalitarian, 'O con noi o contro di noi'-You're either with us or against us (Anda tidak bersama kami sama dengan Anda melawan kami). Sama juga dengan narasi yang sekarang dibangun, nggak suka berarti anti-Pancasila," tutur Dian.

Sebelumnya, kekecewaan atas pertemuan Presiden Jokowi dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dilontarkan sejumlah pihak. Politikus PDIP Charles Honoris menilai mereka yang tak suka dengan pertemuan itu adalah kelompok anti-Pancasia.


Sumber

--------------------------------------------------

Waktu pendukung jkw dicap komunis, pki & antek asing anda kemana saja? Ini orang nglindur siang bolong atau selama ini hidup di goa?
qavir
azirma.ayrus
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan