Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TeresiaEvelinaAvatar border
TS
TeresiaEvelina
Bahaya! Jangan Ajak Anak Becanda Saat Makan
Cegukan atau biasanya ada yang sebut dengan hiccups pasti banyak yang sering mengalaminya. Ini adalah hal wajar kalau orang tua mengalaminya. Mengatasinya juga gampang, tinggal minum air atau menarik nafas dalam-
dalam.

Tapi kalau kejadiannya sama anak-anak usia di bawah tiga tahun, yang masih berpopok dan pake popoknya Merries gimana ya?

Cegukan itu sendiri adalah kontraksi tiba-tiba yang tidak disengaja pada diafragma akibat belum matangnya fungsi saraf yang mengatur diafragma. 
Terus, timbul hisapan udara secara mendadak yang masuk ke dalam paru-paru melewati ruang antara pita suara (glottis), sehingga timbul suara hik yang khas (cegukan). 

Mengenai pemicunya, cegukan bisa dipicu oleh beberapa hal, diantaranya, anak menyusu terlalu cepat atau terlalu banyak, menelan udara terlalu banyak karena tertawa berlebihan, posisi ibu saat memberikan ASI kurang tepat, cuaca dingin dan lainnya.

Ada beberapa cara untuk mencegah anak mengalami cegukan seperti, tidak mengajaknya bercanda saat sedang menyusu atau makan. Kalau sudah cegukan coba untuk kasih minum dengan sendok sedikit-sedikit dan pelan ya.

Kalau ibu-ibu sekalian apa yang dilakukan kalau anak sedang cegukan? 
0
244
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan