WaktunyaMudikAvatar border
TS
WaktunyaMudik
Nikmatnya Mudik Naik Mobil H-3 Lebaran


Udah pada di kampung halaman semua, kan? Gimana kemarin mudiknya? Asik? Ngeselin? Biasa aja? Kalo ane sih menyenangkan ya, soalnya jalanan lancar jaya tanpa macet lama-lama (nyombong dikit emoticon-Big Grin).

Ya jelas lah, orang ane dan keluarga mudiknya h-3 Lebaran tepatnya Minggu 2 Juni. Di mana pemudik dengan mobil udah tersaring dari gelombang pertamanya di Rabu 29 Mei malam dan gelombang kedua di Jumat 31 Juni malam. Jadi kami adalah gelombang sisaan yang sengaja menunggu jalanan lebih lancar.





Gimana kenyataannya? Bener-bener lancar, Gan!
Eits, emang mudik dari mana ke mana dulu...

Perjalanan kami mulai dari Bekasi dengan tujuan akhir Semarang. Ane sempat buka aplikasi maps sebelum berangkat untuk mengecek waktu tempuh Bekasi - Semarang. Menurut aplikasi, kami akan menempuh perjalanan selama 6 jam dengan hambatan macet di gerbang tol Cikampek kurang lebih 15 menit. Gak jadi masalah lah ya.

Tepat di Minggu pukul tujuh pagi kami memulai perjalanan dari Bekasi. Berhubung jalanan Kalimalang sangat sepi tidak seperti biasanya di hari kerja, kami memutuskan untuk menyusurinya hingga masuk tol Karawang Barat. Itung-itung buat ngurangin ongkos.





Sesuai petunjuk aplikasi, jalan tol lancar sampai menjelang gerbang tol Cikampek. Jalanan mulai terlihat merah dengan estimasi 15 menit menempuh kemacetan. Di luar dugaan, jalan justru hanya ramai lancar sehingga kami bisa melewati gerbang tol Cikampek lebih cepat dari perkiraan. Oh iya, mulai dari tol ini jalanan dibuat full one way.

Setelah dua jam perjalanan, kami sampai di ruas tol Cipali dan memutuskan untuk sarapan di Rest Area tipe A KM 102 karena gak menyiapkan dari rumah. Kami menghabiskan waktu satu jam di sana karena baby on board, jadi harus ada yang bergantian makan dan menjaga anak kecil bermain. Ulasan selengkapnya tentang rest area ini ada DI SINI . Di thread tersebut juga ada highlight rest area ruas Palikanci KM 207.





Pukul 10 pagi kami melanjutkan perjalanan dari rest area Cipali. Kami menemui sedikit hambatan di ruas tol Kanci, jalanan jadi tersendat dengan keramaian. Yang menyebalkan adalah jalanan di seberang justru lancar, sedangkan arah yang benar malah kena macet. Ternyata macet ini disebabkan mobil mogok di bahu jalan setelah kami melewati ujungnya.

Sesekali kami juga melihat jalan di sebrang terkena hambatan macet sedangkan di lajur kami lancar. Ternyata itu disebabkan oleh mobil-mobil yang berpindah ke lajur kami dan gerbangnya sempit sehingga cuma muat dilewati satu mobil.





Ngantuk pun akhirnya menyerang tanpa diundang. Pemandangan yang sama selama perjalanan sedikit menimbulkan rasa bosan yang berujung ngantuk. Kami memutuskan untuk beristirahat sejenak di rest area tol Palikanci KM 207 sambil ngopi-ngopi cantik. Kami tiba di sana kira-kira pukul dua belas siang.

Bisa dibilang kalau sepanjang ruas tol Pejagan sampai Batang jalanan cukup lancar. Oh iya ane juga belum cerita kalau ini adalah pengalaman pertama ane melewati Tol Trans Jawa, khususnya setelah Brexit. Tol baru masih didominasi jalan cor-coran sampai nantinya mulai jalan aspal lagi di tol Semarang. Untungnya, di sepanjang jalan ini pemandangan mulai bervariasi dengan beberapa spot yang menarik.





Menjelang tiba di Semarang kami malah dikejutkan tol dalam kota yang terlihat sangat merah di maps. Kami menduga hal itu disebabkan jalanan yang dikembalikan ke dua arah setelah gerbang tol Kalikangkung. Kami pun memutuskan untuk keluar di Krapyak sebelum mengekor dengan grup macet.

Karena kemacetan yang gak terkira, waktu tempuh kami sedikit molor karena harus lewat jalanan dalam kota yang sepertinya juga dipenuhi pemudik yang menghindari macet di tol. Tapi Alhamdulillah kami sudah mencapai kota tujuan walaupun harus mengikuti kepadatan dalam kota. Akhirnya pada pukul tiga sore lewat tiga puluh menit kami tiba di rumah tujuan.





Secara keseluruhan, mudik 2019 adalah mudik yang menyenangkan bagi ane dan keluarga. Terutama dengan adanya Tol Trans Jawa dan lancarnya jalanan di h-3 Lebaran.

Gimana kalau cerita mudik Gan Sis? Pasti kita punya pengalaman yang berbeda-beda dong. Ceritain aja di THREAD BERIKUT INIsoalnya ada badge khusus menanti bagi Kaskuser yang mau berbagi!

Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir & Batin

emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati
Diubah oleh WaktunyaMudik 04-06-2019 14:53
ngejleb
kingoftki
MorlyaHanada10
MorlyaHanada10 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
7.6K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan