l13skaAvatar border
TS
l13ska
Sejarah Peci Yang Patut Digali

Sumber Gambar: Hello.PET.com

Rasa penasaran akan beberapa ulama yang tampak nyaman mengenakan peci membuat saya menulis thread ini. Salah satunya ketika teringat dengan alm. Ustad Zainudin MZ yang tak pernah melepas peci di setiap tauziah beliau.

Quote:

Peci memang jadi sebuah kebutuhan bagi kaum adam yang notabene muslim. Selain dikenakan beribadah sholat juga seolah sudah jadi syarat saat ijab qobul terucap. Bahkan peci dikenakan dalam acara-acara berbau Islami seperti tahlil serta acara-acara resmi seperti kondangan bahkan rapat dan pertemuan para pejabat.

Hmmm, rupanya penting sekali ya peci buat muslimin.

Ternyata peci sudah ada di Indonesia sejak jaman dahulu, jauh sebelum jaman orde lama. Bahkan presiden pertama Indonesia hingga Jokowi mengenakan peci dalam foto resmi pemimpin negara. Tentu saja, kecuali Presiden ke-5 kita lho Gan Sis.... Seperti kita tahu Megawati Soekarnoputri yang merupakan presiden perempuan pertama di Indonesia.

Spoiler for Peci Sudah Ada Sejak Abad ke-15:


Peci seolah menjadi salah satu kearifan budaya nusantara. Peci pun seperti sudah jadi sebuah paten sebagai warisan leluhur. Jadi ketika saya melihat seorang ulama Indonesia tak mengenakan peci serasa ada yang aneh.

Peci dari masa ke masa sudah tak hanya jadi atribut resmi kaum adam Muslim. Meskipun sekarang banyak ditemui para ustad dan ulama yang mengenakan fashion muslim dari negara Arab seperti sorban. Masih banyak kiai dan ustad yang justru tetap setia dan nyaman mengenakan peci.

Ustad Arifin Ilham merupakan salah satu ustad yang setia mengenakan peci putih hingga akhir hayatnya. Peci merah putih yang sering digunakan oleh Emha Ainun Najib atau yng lebih kita kenal dengan panggilan Cak Nun juga sempat mencuri perhatian saya. Berasa Indonesia banget Gan Sis...
emoticon-I Love Indonesia

Siapa sangka jika orang pertama yang menasionalkan peci adalah bapak proklamator Indonesia yakni Ir. Soekarno. Beliau hingga akhir hayatnya setia mengenakan peci hitam. Seolah peci sudah jadi jati diri beliau. Hmmmm, salut dengan istiqomah beliau. Semoga amal beliau mendapat ganjaran sepantasnya ya...

Spoiler for Kiprah Ir. Soekarno dalam Me-nasional-kan Peci:


Awal masuk peci di Indonesia sendiri seperti dilansir oleh wikipedia bermula ketika Sunan Kalijaga membawa peci yang diperuntukkan bagi Sultan Fattah. Kemungkinan besar, peci masuk di Jawa untuk pertama kali di tahun 1500an. Mengingat Sunan Kalijaga sendiri lahir di tahun 1445. Wallahu alam.

Masih dari wikipedia, kemungkinan peci juga dibawa oleh Laksamana Cheng Ho saat pertama kali memasuki Indonesia. Yakni antara tahun 1405 hingga tahun1433. Wow, berarti peci sudah lama sekali ya ada di Indonesia. Tak salah jika peci begitu punya tempat tersendiri di hati rakyat Indonesia.


Sumber Gambar: wikipedia

Spoiler for Awal Mula Peci Masuk di Indonesia:



Nah, demikian thread saya ya Gan Sis... Semoga mampu memberi manfaat pada kita semua.

emoticon-Kiss

Sumber referensi :
1. wikipedia
2. idn.times: sejarah peci, Soekarno orang pertama yang mempopulerkannya




emoticon-Sundul Up
Diubah oleh l13ska 02-06-2019 13:49
vegamio
RifanX
danQe
danQe dan 4 lainnya memberi reputasi
5
13.3K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan