Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Mudik Lebaran: Hati – hati Microsleep Saat Berkendara

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan raya. Entah itu yang melibatkan kendaraan roda dua atau roda empat. Selain karena masalah teknis, salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah microsleep. 


Microsleep merupakan kondisi ketika seseorang tiba – tiba tidur saat berkendara. Kondisi ini biasanya terjadi dalam rentang waktu yang cukup singkat, sekitar 1 – 10 detik. Tapi walaupun singkat, potensi terjadi kecelakaan karena kondisi ini cukup besar GanSis. Dalam waktu singkat tersebut, kendaraan bisa saja berada diluar kendali pengendara.

Ane sendiri beberapa kali pernah ngalamin hal ini GanSis. Ketika mengendarai motor, Ane sempat terlelap beberapa saat, dan benar saja ketika bangun motor sedikit berada diluar kendali.

Microsleep ini bisa menyerang siapa aja GanSis. Entah itu pengendara mobil, motor, berkendara siang, atau berkendara malam hari. Kondisi ini juga bisa terjadi pada pengendara yang menempuh perjalanan dekat. Intinya setiap pengendara bisa mengalami kondisi ini.

Nah, terkhusus buat Agan dan Sista yang pengen mudik dengan kendaraan pribadi, Ane sarankan untuk menghindari kondisi ini terjadi pada kalian. Mengingat ramenya jalanan kala mudik, microsleep bisa saja menjadi faktor terjadinya kecelakaan.

Penyebab utama microsleep adalah kondisi tubuh yang tidak fit atau kurang istirahat. Normalnya durasi waktu berkendara adalah selama empat jam. Oleh karena itu, buat kalian yang mudik sangat disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu jika sudah melakukan perjalanan selama empat jam.

Jangan terlalu memaksakan tubuh untuk terus berkendara GanSis. Kalau gak ada teman yang bisa gantiin, lebih berhenti dulu sejenak. Jika sudah beristirahat, tapi tetap saja mengalami kondisi ini, disarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan, mending berhenti dulu sejenak.

 



0
978
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan