Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

ยฉ 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbakendutAvatar border
TS
mbakendut
Agan Punya Banyak Kutu Rambut? Ini Solusinya!





Assalamu alaikum, Agan dan Sista!

Jumpa lagi di thread ane kali ini yang agak nyeleneh, tapi sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, jadi bagian dari tubuh kita.

Bikin susah tidur, jika serangga yang bernama "kutu" bersarang di rambut kita. Fyi, kutu itu punya anak/telur. Ini malah yang biasanya lebih banyak daripada induknya (kutu). Kalau di daerah saya (Sulsel), itu disebutnya "kulicca" (Bugis-Makassar). Ukuran kulicca(berdasarkan pengalaman) juga bermacam-macam ukuran.

Tapi, yang paling kecil kayak gini tuh gatalnya luar biasa, Sis. Percaya deh.


Sumber : Dokpri


Fyi lagi, berdasarkan survei selama bertahun-tahun, kutu ini ternyata suka banget nangkring di kepala yang rambutnya panjang dan lebat. Jadi, buat Agan dan Sista yang rambutnya nggak ada alias botak, nggak usah khawatir.

Kutu nggak bakal suka. Karena ... kutu yang bikin gatal bukan main ini nggak tau mau nempel di mana๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†.

Juga, sebenarnya kutu bisa banyak tak terkendali bisa didalangi oleh beberapa faktor.
1. Salah pakai merk shampoo tertentu atau nggak cocok pake shampoo.
2. Cuaca yang ekstrim.
3. Jarang keramas.
4. Dapat impor kutu dari orang lain (ini pengalaman).
5. Nasib๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†.

Nah, jika Sista mengalami masalah kutu rambut yang mengganggu dan nggak tau mau ngapain lagi, cara di bawah mungkin bisa jadi solusi yang efektif buat menghilangkan kutu atau setidaknya mengurangi populasi kutu rambut.

1. Rutin Membunuh Kutu




Kedengarannya sadis, tapi ini beneran ampuh untuk mengurangi kutu. Jika Sista nggak kuat matiin sendiri, bisa lah pasti minta tolong sama orangtua, nenek, saudara dan seterusnya. Orang-orang di di daerah saya lumayan pintar "akkutui", istilah masyarakat Bugis-Makassar untuk aktivitas membunuh kutu. Sista bisa kapan-kapan ke sini๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†. Jika nggak mau terlalu ribet, Sista bisa pakai sisir khusus kutu. Ini mantap, terbukti membunuh kutu dalam beberapa menit.


2. Memanfaatkan Minyak Kelapa





Minyak kelapa ini beda dengan minyak goreng yang ada di pasaran ya, Sis. Minyak kelapa ini terbuat dari buah kelapa murni dan bisa diolah sendiri di rumah, tanpa bahan kimia dari pabrik, jadi ... aman.

Ok, jadi minyak kelapa ini mengandung asam lemak jenuh yang mampu menghilangkan kutu. Caranya? Cukup oleskan minyak secara merata pada rambut dan diamkan. Setelah itu, keramas pakai shampoo.

Ingat, jangan shampoo sembarangan ya, Sis. Shampoo yang dipakai harus cocok dengan rambutnya.


3. Memotong rambut

Ini cukup ampuh dan saya sudah buktikan, Sis. Meski nggak menghilangkan secara keseluruhan, rasa gatalnya minimal bisa berkurang. Jangan lupa untuk memperhatikan faktor-faktor yang saya sebutkan di atas, hehe.


Oke. Sekian dulu threadsaya kali ini, semoga bermanfaat. Jika Agan dan Sista punya solusi lain, silakan komentar di bawah ya
:terimakasihemoticon-Cendol Ganemoticon-Big Kiss


Referensi:
Opini Pribadi
Di sini
Diubah oleh mbakendut 29-05-2019 15:35
istijabah
evywahyuni
swiitdebby
swiitdebby dan 12 lainnya memberi reputasi
13
8K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan