Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rahmand08Avatar border
TS
rahmand08
Banyak yang Gak Tau! Fungsi Rahasia Vending Mesin di Jepang
Spoiler for No Repost:


Berdasarkan data Asosiasi Produsen Mesin Penjual Otomatis Jepang (JVMA), terdapat lebih dari 4,2 juta unit vending machineyang tersebar di seluruh Jepang per akhir Desember 2018.

Jadi, jangan heran! Kalo GanSis dapat kesempatan berkunjung ke Negeri Sakura, GanSis akan dengan sangat mudah menemukan vending machine yang berjajar rapi di sekitar area fasilitas umum seperti bandara, stasiun kereta, halte bus, pusat perbelanjaan, taman kota atau bahkan di pinggir-pinggir jalan.



Vending machine yang dalam bahasa Jepang populer disebut JIHANKI (akronim dari kata JIDOUHANBAIKI = Mesin Penjual Otomatis), sesuai dengan namanya, mesin ini umumnya menjual produk-produk konsumsi harian seperti minuman kemasan, es krim, makanan ringan, rokok, bir dan lain sebagainya secara otomatis.

Tapi, tau gak sih GanSis? Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, vending machine yang ada di Jepang saat ini, ternyata tidak hanya berfungsi sebagai mesin penjual produk saja, lho?

Berikut ini adalah beberapa fungsi rahasia dari JIHANKI yang ada di Jepang.

1. Media penyampai informasi ketika terjadi bencana

Kalo selama ini GanSis seringnya melihat informasi berita terjadi gempa bumi atau berita kebakaran melalui teks berjalan yang ditayangkan di layar televisi, di Jepang informasi mengenai bencana juga akan disebarkan via beberapa vending machine yang ada di sekitar area di mana bencana tersebut terjadi.

Informasi lengkap terkait bencana yang terjadi, termasuk anjuran evakuasi akan ditampilkan melalui JIHANKI yang tersebar di seluruh negara Jepang jika suatu saat terjadi bencana alam. Wuih, canggih bener ya GanSis!

2. Bantuan logistik

Masih terkait bencana, fungsi rahasia lain dari mesin-mesin penjual otomatis ini adalah jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam yang dahsyat di Jepang, produk-produk yang ada di dalam vending machine ini akan digratiskan GanSis. Salut deh sama pemerintah di sana dalam hal persiapan penanganan bencana. emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup


(Vending machine untuk penanganan darurat bencana. Foto)

3. Penunjuk alamat lengkap sebuah tempat

Tidak banyak yang tau bahwa pada setiap unit vending machine di Jepang tertempel sticker yang memuat keterangan alamat lengkap di mana mesin tersebut terpasang.

Keterangan pada sticker ini akan berguna ketika seseorang menemukan kejadian darurat seperti kecelakaan lalu lintas, kebakaran atau keadaan darurat lainnya yang harus segera mendapat tindakan penanganan.

Seorang saksi mata dapat dengan mudah mengetahui posisi keberadaannya melalui keterangan sticker yang tertempel di JIHANKI terdekat dengan TKP, lalu dapat segera melaporkan informasi kejadian melalui telepon ke pos polisi terdekat atau ke layanan call center.
Spoiler for Ilustrasi saat kejadian darurat:


4. Pengganti kotak amal untuk berdonasi

Beberapa mesin penjual otomatis juga sudah ada yang disetting sebagai alat/mesin pengumpul sumbangan. Mekanismenya begini GanSis, sebagian keuntungan hasil dari penjualan produk akan otomatis disalurkan sebagai donasi ke lembaga sosial setempat. Wah, keren yah.

Nah, itulah beberapa fungsi tersembunyi dari vending machineyang ada di Jepang yang selama ini jarang diketahui oleh kebanyakan orang, bahkan mungkin oleh mereka orang Jepang. emoticon-Peace


Baca juga thread ane yang lainnya GanSis!

Duh, Jawaban Soal Murid Ini Dianggap Salah oleh Gurunya Hanya karena 'GARIS'?

"Digital Outer Mirror" Teknologi Pengganti Fungsi Kaca Spion Mobil


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Spoiler for Sumber:

Diubah oleh rahmand08 14-05-2019 06:00
mamaproduktif
Siwie
koi7
koi7 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
9.7K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan