evywahyuniAvatar border
TS
evywahyuni 
Beberapa Daun dan Tanaman Berkhasiat Ini, Apakah Sering Kita Konsumsi?
Seputar Tanaman Berkhasiat Obat

Sumber : Pinterest

Tak kenal maka tak sayang, itulah ungkapan yang kerap kita temui. Ungkapan ini berlaku pula untuk trit ini gan en sis, bagaimana tidak? Negeri kita kaya akan berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Mungkin agan dan sista sekalian hanya mengenal sayuran atau bumbu dapur yang biasa kita lihat, ternyata sebagian besar khasiatnya banyak untuk kesehatan, lho?


Ayo kita ngulik satu persatu, siapa tahu diantaranya ada yang menjadi kesukaan agan dan sista yang juga menjadi kesukaan ane tentunya, hehehe ...

☆Happy Reading☆


emoticon-nulisahemoticon-nulisahemoticon-nulisahemoticon-nulisah


1. Daun Salam

Sumber: Pinterest

Daun salam adalah salah satu daun yang sering digunakan sebagai penyedap rasa atau bumbu dalam masakan, biasa digunakan ketika memasak rawon, kari atau masakan daging lainnya. Salah satu khasiatnya adalah untuk mengobati diare, diabetes, sakit maag dan darah tinggi.

Hindarilah mengonsumsi daun salam secara utuh. Daun salam tidak dapat dicerna tubuh meski telah dikunyah. Hal ini berpotensi menimbulkan gangguan pada tenggorokan atau saluran pencernaan.

Saat hendak mengonsumsi daun salam, pastikan daun salam yang akan dikonsumsi sudah dicuci dan dimasak hinga benar-benar matang. Alasannya, pada daun salam mentah atau kurang matang, mungkin masih terdapat bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Spoiler for Efek Samping Daun Salam:



2. Daun Seledri

Sumber: Pinterest

Daun seledri dapat ditanam di pekarangan rumah atau dalam pot bunga. Daun seledri memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati sakit mata dan juga untuk obat rematik. Kadang pula daun ini dijadikan sebagai lalapan atau penghias makanan.

Spoiler for Rahasia tanaman seledri:


3. Daun Bawang


Sumber: Pinterest

Aromanya yang khas, menjadikan daun bawang ini sering disertakan dalam berbagai masakan. Sering digunakan untuk aroma penyedap kuah soto, bakso ataupun sup. Tidak hanya sekedar bumbu penyedap, khasiat daun bawang salah satunya dapat merangsang pertumbuhan sel tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Daun bawang juga bermanfaat untuk menghilang kan lendir dalam kerongkongan, memudahkan pencernaan makanan dan akarnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit cacingan. Nah, tunggu apalagi? Ayo konsumsi sekarang juga.


4. Daun Kemangi

Sumber: Pinterest

Nah, agan dan sista pasti pernah makan lalapan, lalapan apa yang kalian suka? Pasti biasa kan nemu daun kemangi diantara makanan lalapan tersebut? Daun kemangi merupakan salah satu daun yang sering dimakan mentah sebagai lalapan dengan aromanya yang khas dan wangi pula.


5. Daun Pandan


Sumber: Pinterest

Daun pandan lebih dikenal sebagai daun penyedap rasa, sering digunakan sebagai penyedap kolak. Selain itu, daun pandan dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau apek beras yang disimpan terlalu lama. Juga dapat digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi.


6. Daun Pepaya


Sumber: Pinterest

Tanaman pepaya menghasilkan buah pepaya yang kalau sudah masak rasanya nikmat, bisa dimakan langsung sebagai buah, atau hidangan di meja saat ada acara makan-makan syukuran dll. Tanaman pepaya mempunyai daun lebar yang berjari lebar. Sudah lama daun pepaya berkhasiat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit tertentu. Rasa daun pepaya yang pahit, bisa di buat jamu, dan sebagai obat penyembuh sakit.

Daun pepaya sering dimakan sebagai lalapan atau dimasak menjadi urap. Urap merupakan makanan khas yang terdiri dari campuran sayuran ditambah bumbu kelapa parut. Tak sepahit rasanya, ternyata daun pepaya memiliki khasiat yang banyak. Diantaranya, untuk mengobati batu ginjal, malaria, sakit keputihan dan malnutrisi.

Spoiler for Cara mengolah daun pepaya:



7. Daun Lidah Buaya

Sumber: Pinterest

Si hijau yang satu ini juga mengandung beberapa zat yang sangat baik untuk perawatan kecantikan dan obat. Memiliki nama latin aloe vera linnsudah dikenal ribuan tahun silam.

Apapun sebutannya, yang pasti lidah buaya memiliki banyak khasiat, diantaranya dapat mengobati bisul, luka bakar akibat tersiram air panas, wasir, penyubur rambut dan penurun kolesterol.


8. Daun Bayam

Sumber: Pinterest

Apakah kamu suka sayur bayam? Bayam enak dimakan, tidak sekedar enak, daun bayam juga memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Daun bayam mengandung asam folat sehingga dapat mencegah kanker terutama kanker mulut rahim. Juga mengandung zat besi yang dapar mencegah anemia. Selain itu, daun bayam juga dapat dijadikan masker lho? Agar kulit wajah tetap segar dan kencang. Caranya?

Spoiler for Masker Bayam:



9. Daun Beluntas


Sumber: Pinterest

Tanaman ini biasanya juga dimanfaatkan orang sebagai sayur. Namun ternyata tanaman ini juga bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit, antara lain pegal linu, rematik, nyeri pinggang, keputihan, perut kembung, serta dapat menurunkan panas. Selain itu daun beluntas juga ampuh untuk mengatasi bau badan. Anda cukup mengkonsumsi daun beluntas secara rutin, maka anda akan terbebas dari bau badan.
 

10. Daun Sirih


Sumber: Pinterest


Orang-orang di Desa sering mempunyai kebiasaan yang turun menurun yaitu mengunyah daun sirih bersama dengan kapur dan pinang. Ternyata kebiasaan tersebut juga sangat baik, untuk mencegah penyakit kanker mulut, atau menangkal sel-sel Carsinoma/keganasan.

Daun sirih mengandung antiseptik untuk membersihkan mata. Caranya? Ambil 20 helai daun sirih, cuci bersih lalu rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Kemudian saring dan dinginkan di wadah terbuka. Lalu ketika sudah dingin, benamkan wajah ke dalam air rebusan daun sirih sambil mata dikedip-kedipkan. Rasakan, mata akan menjadi bersih dan nyaman. Selamat mencoba ya?

Quote:


Mari kenali khasiat tanaman dan rasakan manfaatnya


emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-2 Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L)

Sumber di sini
Sumber di sini
Sumber di sini
Sumber di sini
Diubah oleh evywahyuni 05-05-2019 17:00
anamozaik
Gantengpesekboy
AnisMo
AnisMo dan 28 lainnya memberi reputasi
29
10.5K
288
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan